Membuat Strategi Facebook Ads yang Efektif di Tahun 2022

strategi facebook ads

Hari ini, terdapat banyak sekali bisnis yang aktif beriklan di Facebook. Dengan menggunakan Facebook Ads, Anda dapat menjangkau audiens yang Anda ingin, untuk membuat mereka membeli produk Anda. Sekarang, yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana membuat strategi Facebook Ads yang efektif, yang akan berhasil membantu produk Anda diketahui audiens banyak dan mereka membeli produk Anda. Karena banyak juga yang beriklan di Facebook namun tidak mengetahui strateginya, sehingga banyak yang gagal memahami siapa konsumen potensial mereka dan gagal menargetkan apa yang ingin mereka jual. Jadi, yang dipusingkan bukan apakah Anda harus beriklan di Facebook, melainkan bagaimana strategi Facebook Ads yang efektif sehingga ROI akan sepadan dengan waktu, usaha, dan biaya yang Anda keluarkan untuk beriklan.

Hal Penting Sebelum Menjalankan Facebook Ads

Beberapa perencanaan dan strategi Facebook Ads akan membantu Anda membuat kampanye periklanan yang sukses. Yang harus Anda ketahui sebelum mengatur Facebook Ads Anda dan menjalankannya adalah:

Pertama, Anda perlu memahami siapa konsumen Anda. Seperti, siapa mereka, dimana mereka tinggal, berapa penghasilan mereka, seperti apa interest mereka, dan lainnya.  Kemudian Anda juga harus memahami siapa mereka dan memahami cara berpikir mereka, seperti bagaimana emosi mereka, kebutuhan apa yang sedang mereka cari, kenali masalah mereka, identifikasi masalah mereka, temukan solusi potensial, dan lainnya. Terakhir, Anda perlu memecah audiens menjadi beberapa segmen berdasarkan lokasi mereka. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat penawaran yang tepat kepada audiens yang tepat, dan pada waktu yang tepat pula.

Ketika Anda mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda sendiri, Anda akan menemukan segmen yang berbeda yang memerlukan pesan marketing yang berbeda pula. Sehingga, penting untuk Anda mempertimbangkan bagaimana strategi Facebook Ads Anda akan berbeda berdasarkan pada siapa Anda beriklan dan di mana lokasi mereka.

Baca juga: 9 Cara Membuat Digital Marketing Plan Agar Bisnis Lebih Fokus

Strategi Facebook Ads

Setelah Anda menyiapkan pondasi kuat untuk Facebook Ads yang sukses, sekarang waktunya Anda melihat berbagai strategi Facebook Ads yang dapat Anda terapkan dengan iklan Facebook Anda. Pastikan untuk mengingat semua riset calon konsumen yang Anda lakukan sebelumnya (pada pembahasan hal penting sebelum menjalankan Facebook Ads), saat Anda melihat beberapa strategi Facebook Ads ini.

1. Menggabungkan Facebook Ads dengan konten marketing

Sebelum memberikan penawaran penjualan langsung melalui iklan, Anda dapat memberikan audiens beberapa konten bermanfaat yang mengedukasi mereka serta menumbuhkan kesadaran mereka akan produk Anda, yang dapat menjawab pertanyaan mereka, dan memecahkan masalah mereka. Buat konten yang singkat, jelas, menarik, bermanfaat, dan unik. 

Sehingga jika dirangkum, kegiatan Anda sebelum beriklan adalah membuat konten, membagikan konten tersebut di Facebook Anda, meminta anggota tim Anda untuk menyukai dan membagikan postingan tersebut untuk memancing audiens lain, serta meningkatkan konten Anda dengan boost post di Facebook untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Setelah Anda memiliki beberapa konten marketing yang diketahui audiens, Anda dapat menggunakan konten-konten tersebut untuk digunakan sebagai konten Facebook Ads atau iklan. 

Baca juga: Membangun Strategi Social Media Marketing untuk 2022

2. Gunakan konten giveaway untuk Facebook Ads

Selain konten edukasi, konten produk, konten promosi, Anda juga dapat menggunakan konten giveaway untuk beriklan di Facebook. Tawarkan kepada audiens beberapa potensi hadiah yang akan mereka dapatkan jika ikut serta dengan giveaway yang Anda buat. Konten giveaway ini akan menciptakan peningkatan kesadaran merek dengan membawa prospek baru ke dalam konversi iklan Anda. Pastikan konten giveaway yang Anda buat tidak melanggar aturan dan kebijakan dari Facebook.

3. Menggunakan konten lead magnet untuk mendapatkan prospek

Mendapatkan magnet leads dari sebuah konten Facebook Ads yang Anda buat, tentu akan membantu Anda membangun daftar pemasaran Anda. Konten berprospek leads ini seperti membagikan buku digital atau kursus gratis kepada audiens secara cuma-cuma hanya dengan mendaftarkan nomor telepon atau alamat email audiens. Leads ini nantinya dapat Anda gunakan ke daftar pemasaran bisnis Anda, seperti WA marketing dan email marketing

4. Manfaatkan penggunaan konten video

Jika Anda telah menggunakan konten marketing berupa konten bergambar, Anda juga dapat menggunakan konten video untuk variasi Anda dalam beriklan di Facebook. Menggunakan konten video dalam strategi Facebook Ads ini dapat memberikan kesan baru kepada audiens selain konten bergambar. Konten video juga lebih menarik untuk dinikmati daripada konten bergambar dan pesannya lebih mudah tersampaikan melalui konten video. 

Baca juga: Promosi Melalui Konten Video Terbukti Lebih Menarik

5. Mengkolaborasikan Facebook Ads dan Google

Facebook Ads yang Anda jalankan tergantung pada target kampanye iklan Anda dan segmen audiens yang ingin Anda targetkan. Misal, seseorang ingin membeli sebuah motor bekas merek tertentu dan mereka memasukan kata kunci “jual motor bekas merk Zuma tahun 2017”, maka Anda dapat menggunakan kata kunci yang sama dengan kata kunci audiens, agar saat audiens memasukan kata kunci di pencarian Google, mereka dapat menemukan produk yang Anda jual. Membuat kata kunci yang tepat pada iklan Facebook Anda, Google dapat membantu Anda mempertemukan Anda dengan calon pembeli yang potensial.

6. Optimalkan konten iklan untuk perangkat seluler

Apapun perangkat yang audiens gunakan untuk membuka platform digital, perangkat seluler lah yang sering digunakan oleh audiens. Jika konten Facebook Ads Anda tidak disiapkan untuk jenis perangkat seluler, Anda belum siap menjalankan Facebook Ads. Kenyataannya, banyak pengguna Facebook yang membuka laman mereka menggunakan perangkat seluler. Sehingga Facebook Ads banyak mendapatkan hasil dari perangkat seluler yang digunakan para audie

7. Uji, analisis, dan ulangi

Setelah Anda menentukan audiens Anda, konten marketing yang Anda gunakan, tujuan kampanye iklan Anda, memilih jenis iklan, menjalankan Facebook Ads, dan menargetkan audiens yang tepat, inilah saatnya untuk menganalisis hasil kampanye iklan Anda. Strategi Facebook Ads Anda akan sia-sia jika Anda tidak menguji, menganalisis, dan mengoptimalkan kampanye iklan Anda dari waktu ke waktu. Pastikan Anda melakukan langkah terakhir ini dalam strategi Facebook Ads Anda.

Saat menggunakan Facebook untuk memperkenalkan bisnis dan produk Anda, pertimbangkan juga untuk menyusun strategi Facebook Ads Anda. Hal paling penting dalam menjalankan ini adalah memahami audiens Anda dengan lebih baik. Semua strategi terencana dan strategi mahal tidak akan membantu jika Anda tidak mengenali tentang audiens Anda. Luangkan waktu untuk mengenal audiens Anda dan pelajari mereka. Setelah Anda memahaminya, Anda akan mendapatkan penjualan produk Anda terus meningkat setiap saat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?