tampilan iklan promosi melalui konten video

Promosi Melalui Konten Video Terbukti Lebih Menarik

tampilan iklan promosi melalui konten video

Kenapa Promosi Melalui Konten Video Penting?

Mengapa konten video menjadi sangat mendukung bisnis Anda? Menurut survei APJII untuk tahun 2019-2020, sebanyak 49,3 persen pengguna internet sering mengunjungi konten video. Ini menunjukkan bahwa menonton video secara daring sudah menjadi kebiasaan pengguna internet di Indonesia. Dengan dukungan berupa gambar dan suara yang menarik tentu hal ini membuat orang lebih senang menonton video daripada membaca banyak tulisan. Sehingga strategi pemasaran menggunakan video bukan hanya sekedar tips untuk Anda memperkenalkan brand akan tetapi dapat meningkatkan penjualan produk Anda. 

Apa Itu Video Marketing?

Video marketing merupakan metode untuk mempromosikan brand atau produk yang memanfaatkan penggunaan video di platform daring sebagai media utamanya. Penggunaan video dapat digunakan untuk membangun hubungan ke pelanggan, hingga mempromosikan brand atau produk Anda. Dengan melakukan promosi melalui konten video, Anda dapat untuk menampilkan suatu cara-cara seperti bagaimana cara membuat website, mempromosikan testimonial pelanggan agar pelanggan yang lainnya percaya, memperlihatkan acara streaming langsung, dan membagikan konten viral yang menginspirasi atau menghibur.

Mempromosikan sebuah brand menggunakan konten video bukanlah suatu hal yang baru. Sebelumnya pun kita sudah mengenal iklan yang muncul di televisi, yang sejatinya memang berbentuk video dan digunakan untuk mempromosikan produk atau brand mereka. Yang membedakannya dengan iklan di televisi adalah platform yang digunakan untuk merilis video. Video tersebut diunggah di akun media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan yang baru-baru ini terkenal yakni TikTok. Selengkapnya mengenai video marketing serta kelebihannya.

Beberapa Jenis Konten Video

Ada berbagai jenis konten video yang dapat Anda pilih, yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis video marketing yang paling sering digunakan.

  • Video branding

Video branding bertujuan untuk membangun brand awareness bisnis Anda. Biasanya berisi pengenalan brand atau produk serta memuat solusi bagaimana produk Anda dapat membantu mengatasi kesulitan seseorang atau menjawab kebutuhan seseorang.

  • Video event

Video jenis ini biasanya menampilkan suatu rekaman ketika bisnis Anda sedang melakukan sebuah acara seperti seminar, diskusi produk, peluncuran produk baru, aksi sosial, dan berbagai macam acara lainnya.

  • Video tutorial

Video tutorial biasanya menampilkan langkah-langkah tertentu untuk membantu pelanggan memahami suatu kegiatan tertentu. Seperti video tutorial menggunakan Google Keyword atau video tutorial membungkus produk Anda, dan lain-lain.

  • Video live

Video ini ditampilkan saat event sedang berlangsung. Berbeda dengan video event yang sudah melalui proses editing dan dirilis ketika acara selesai, video live ditampilkan secara langsung. Video live dapat ditemui di Instagram, Facebook, dan Youtube.

Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Membuat Konten Video Promosi

Setelah mengetahui arti dan jenis-jenisnya, sekarang Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat video marketing yang baik. Membuat konten video tidak bisa sembarangan langsung saja dibuat tanpa proses perencanaan yang matang. Anda harus membuat strategi pemasaran video yang mencakup bagaimana pemasaran dan penjualan dapat menarik pelanggan melalui konten video yang dibuat. Manusia lebih mudah mengingat gambar terutama yang dilengkapi dengan suara. Oleh karena itu konten yang dibuat dalam video bukan hanya memuat produk yang ditawarkan, tetapi juga menampilkan nilai dari sebuah brand ataupun produk.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat konten video yang baik,

  • Menentukan target 

Sebelum membuat konsep video apa yang akan Anda buat, pastikan telah menentukan target apa yang ingin Anda dapat dengan membuat konten video. Setiap target tentu memiliki konsep dan persiapan yang berbeda dalam proses pembuatannya. Apakah Anda membuat konten video hanya untuk memperkenalkan brand atau produknya saja, atau  Anda hanya ingin mengucapkan suatu hal yang berhubungan dengan peristiwa tertentu, dan lain-lain. Target yang jelas akan membuat konten Anda menjadi informatif dan lebih maksimal hasilnya.

  • Membuat konsep

Membuat konsep yang jelas akan memudahkan Anda selama proses pembuatan hingga proses editing. Konsep membantu menentukan bagian-bagian apa saja yang perlu direkam sehingga dapat digabungkan menjadi sebuah cerita.  Anda dapat membuat poin-poin penting yang ingin ditampilkan dalam video dari proses awal hingga akhir, membuat teks audio, dan memilih Bahasa yang mudah dipahami serta jelas dan informatif. Perlu diingat bahwa bahasa yang digunakan dalam tulisan berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam video. Jangan menggunakan bahasa yang rumit dan susah dicerna oleh penonton. 

  • Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan membuat video

Target dan konsep sudah dibuat, maka peralatan dan perlengkapan pengambilan video menjadi penting juga untuk disiapkan. Peralatan dan perlengkapan yang disiapkan seperti kamera yang akan digunakan, alat-alat pendukung kamera, properti dan kostum (jika menggunakan talent). 

  • Menyunting video

Ketika video sudah berhasil direkam, Anda perlu menyunting videonya. Proses editing dapat berupa membuang potongan video yang tidak perlu, penambahan efek tertentu agar lebih menarik, dan memperhatikan ukuran video agar saat diunggah tidak terjadi broken atau gagal terunggah. Saat proses editing biasanya menggunakan pelengkap berupa software video editor.

  • Menentukan platform untuk merilis video

Setelah video Anda selesai dibuat dan disunting, Anda dapat menentukan konten video tersebut diunggah di mana. Ada berbagai pilihan untuk mengunggah konten video promosi Anda, seperti Youtube, Facebook, Instagram, Tiktok, dan Twitter. Untuk langkah awal tidak harus diunggah di semua media sosial, cukup unggah di platform yang memiliki target audience terbanyak. Misal konsumen Anda banyak melakukan interaksi dengan Anda di Facebook, maka Anda cukup mengunggahnya di Facebook. Ketika sudah berjalan lancar, Anda dapat melakukan riset kembali apakah perlu mengunggah konten video di platform lain. Pemilihan platform yang tepat untuk mengunggah konten Anda, dapat membantu Anda mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

  • Menerapkan SEO pada video 

Sama seperti sebuah artikel, konten video promosi dapat Anda optimalkan menggunakan metode SEO. Anda dapat menggunakan kata kunci dalam judul video Anda atau disertakan dalam deskripsi video tersebut. Selain itu Anda juga dapat menggunakan sebuah tagar atau hastag untuk membantu konten video Anda muncul di pencarian popular maupun yang terbaru.

Penggunaan konten video dalam pemasaran bisnis Anda dapat membantu untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Apabila Anda memiliki kesulitan dalam proses pembuatan video marketing, Difitech dapat membantu Anda dalam pembuatan video marketing.