Tips meningkatkan Engagement Rate pada Instagram

Tips Meningkatkan Engagement Rate pada Instagram

Instagram sendiri sudah menarik perhatian banyak pebisnis diseluruh dunia. Apalagi mengingat media sosial satu ini mempunyai pengguna aktif bulanan lebih dari 600 juta dengan tingkat keterlibatannya termasuk tertinggi dibanding platform lain. Dan fakta ini tentu menjadikan instagram sangat menarik dan membantu pebisnis yang sedang berusaha mendapat hubungan dengan audiens. 

Tapi tentu saja hal itu tidak dapat diperoleh begitu saja, melainkan harus terdapat suatu usaha dahulu. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan supaya saat Promosi di Instagram ada banyak audiens yang bisa tertarik dengan apa yang anda miliki pada bisnis tersebut, dan salah satunya adalah dengan melihat dan memperhatikan engagement rate di instagram. Berikut ini penjelasan mengenai engagement rate serta tips meningkatkan engagement rate pada akun Instagram bisnis Anda.

Pengertian Engagement Rate

Pada dari laman resmi Hopperhq.com, engagement rate adalah metrik standar yang digunakan di pemasaran media sosial untuk mengukur suatu performa di suatu konten. Indikator engagement rate ini dikatakan cukup penting dipahami juga dimengerti bagi influence serta digital marketer agar dapat menilai keterlibatan audiens dengan konten yang sudah diposting. 

Jika suatu konten mendapat banyak perhatian audiens, maka pengetahuan orang-orang terhadap suatu brand pun ikut meningkat. Dengan begitu engagement rate juga dapat digunakan untuk alat riset agar bisa memahami keinginan dari audiens berdasarkan jumlah interaksi mereka dengan beberapa konten. Dan bisa langsung anda nilai, mana postingan konten dengan engagement paling banyak serta sedikit.

Tips meningkatkan Engagement Rate

Setelah anda tahu apa pengertian dari engagement rate tersebut, anda harus tahu jika terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perhatian banyak audiens agar ingin melihat lebih jauh bisnis Anda melalui Instagram. Dan berikut ada beberapa tips bagi anda jika ingin menumbuhkan engagement audiens pada instagram, 

  • Menampilkan konten yang unik supaya menarik dan mudah diingat

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan yang tidak banyak orang lakukan. Disaat semua kompetitor bisnis anda bisa saja hanya akan melakukan hal-hal yang sudah dilakukan kebanyakan orang dengan harapan mendapat reaksi baik dari audiens, anda bisa melakukan suatu yang unik dan berbeda supaya bisa menarik perhatian dengan sekejap, seperti pada konten yang dibuat. Bukan hanya menggunakan gambar didominasi satu warna, anda bisa menggunakan berbagai warna tetapi dengan memiliki satu warna kuat yang membantu konten tersebut tidak keluar feeds instagram.

  • Gunakan Call to action di tiap akhir konten

Sama dengan strategi pemasaran online lain, anda memerlukan ajakan bertindak atau call to action jika ingin melihat hasilnya. Ajakan ini bisa diletakan tiap akhir konten postingan untuk membuat audiens mendaftar ke email, follow akun, comment suatu potingan, sampai membeli produk. Karena instagram sendiri beroperasi dengan prinsip, jika anda tidak memberi ajakan bertindak, kemungkinan bertindak mereka adalah sangat kecil. Dalam hal ini, Anda juga bisa menyertakan tautan Anda di profil, karena Instagram tidak membiarkannya mengeposkan tautan secara langsung.

  • Dorong followers untuk berdiskusi

Setelah terdapat call to action yang kuat, pasti nanti akan dapat mendorong beberapa tingkat keterlibatan serta sebuah diskusi. Anda pun dapat mulai menuliskan pendapat kuat dengan sudut pandang kontras daripada followers di media sosial maupun cuma sekedar bertanya kepada followers anda. Hal ini bertujuan supaya membuat mereka berbicara, berdiskusi satu sama lain. Biasanya jika sudah ada dua sampai tiga komentar dengan diskusi yang berlangsung, anda pun bisa bergabung untuk memberi pendapat. Ingat, janganlah memberi pendapat yang terlalu politis maupun kontroversial.

  • Gunakan hashtag yang tepat dan relevan

Bila digunakan dengan benar, hashtag menjadi suatu saluran yang kuat agar dapat mencapai stabilitas yang lebih baik untuk postingan konten yang Anda miliki. Orang-orang biasanya akan menggunakan suatu hashtag agar dapat menemukan gambar yang sesuai dengan tema, jadi hashtag apapun yang digunakan bisa meningkatkan peluang gambar anda ditampilkan pada hasil penelusurannya. Tapi tetap ingat, berhati-hatilah supaya tidak berlebihan memberikan hashtag. Karena jika menggunakannya terlalu banyak serta kurang tepat, anda pun akan mudah kehilangan followers.

  • Sertakan wajah Anda/Influencer

Wajah menjadi pemicu emosi kuat pada dalam diri kita, dan dapat membentuk kesan dari lingkungan sekitar. Termasuk juga pada wajah di gambar yang ada pada konten postingan instagram, karena hal tersebut dikatakan bisa memberi koneksi dengan followers serta membuat kontak yang berkelanjutan

  • Gunakan bahasa yang relevan dengan audience

Teks atau kalimat yang anda gunakan bisa memberi efek kuat pada interaksi follower, walaupun anda juga harus memusatkan fokus pada gambar. Dan anda pun bisa memperhatikan baik-baik bagaimana caption yang anda gunakan, intonasi, pilihan kata juga cukup mempengaruhi likes dan comment yang akan diterima di masing-masing update an anda. Mungkin pada awalnya polanya tidak jelas, tapi seiring waktu anda pun bisa melihat faktor yang jelas karena bisa menarik perhatian audiens.

  • Bagikan konten promosi Anda ke semua Marketing Channel yang Anda miliki

Jika anda mempunyai bisnis online di platform selain instagram, anda bisa membagikan promosi tersebut ke berbagai platform yang dimiliki. Anda bisa membagikan postingan instagram di profil facebook, twitter dan yang lain, karena postingan yang ada disana dapat mewakili demografi berbeda serta akan mempunyai banyak pilihan komentar.Selain itu, anda jika mempunyai jaringan terhadap suatu influencer, anda bisa memanfaatkannya sebagai perluasan jaringan bisnis.

  • Manfaatkan Fitur InstaStory untuk menjangkau lebih banyak audience

Sekarang ini sudah ada sekitar 85% pengguna instagram selalu melihat instastory yang muncul. Dan fitur ini pun cukup ampuh jika digunakan untuk promosi bisnis. Anda juga bisa beriklan bayar dengan menampilkan insta story anda di luar cakupan followers dimiliki.

Melakukan promosi dengan media sosial sangat bisa menjadi sarana paling efektif yang bisa Anda lakukan. Hal ini mengingat jumlah pengguna media sosial sudah telah sangat bertumbuh di tiap daerah ini.  

Dan supaya promosi dapat dilakukan dengan mudah dan engagement rates semakin meningkat, anda bisa Menggunakan jasa digital marketing agency professional yang akan membantu dalam mengatur strategi promosi, mengatur media sosial, sampai membuat konten. Jadi, anda tidak perlu repot untuk hire karyawan, serta juga dapat lebih berhemat dari sebelumnya.