Mengenal Perbedaan Internal Link dan Eksternal Link

perbedaan internal link dan eksternal link

Pasti Anda sudah mengetahui bahwa penggunaan internal link dan eksternal link sangat penting dalam rencana strategi SEO. Setiap jenis tautan ini memiliki tempatnya masing-masing dalam rencana SEO strategis yang bertujuan untuk meningkatkan posisi website Anda di halaman teratas hasil mesin pencari seperti Google. Sama-sama memegang peranan penting dalam SEO, apakah Anda mengetahui perbedaan internal link dan eksternal link? 

Apa Perbedaan Internal Link dan Eksternal Link

Jika dilihat dari pengertian, tentu perbedaan internal link dan eksternal link akan jelas terlihat. Internal link berfokus di dalam website, sedangkan internal link berfokus di luar website. Namun selain dari pengertian, terdapat beberapa perbedaan internal link dan eksternal link yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Apa saja?

1. Perbedaan internal link dan eksternal link dari pengertian

Internal Link

Eksternal Link

Internal link adalah tautan yang mengarah ke halaman atau beberapa halaman di dalam situs web atau domain milik Anda sendiri. Eksternal link merupakan tautan yang disematkan untuk mengarahkan pembaca ke suatu halaman di luar website atau domain Anda.
Internal link dapat membantu mendistribusikan beberapa isi konten dalam website Anda. Sehingga pembaca mengetahui informasi lain yang bermanfaat dalam website Anda. Eksternal link yang menyematkan website lain yang terpercaya di dalam konten Anda, dapat bermanfaat sebagai referensi bacaan lain bagi pembaca Anda.

Contoh penerapan internal dan eksternal link dengan mengarahkan 1 halaman atau konten lain di dalam artikel, terkait pembahasan artikel Anda. Saat menautkan link, biasanya menggunakan beberapa kata yang berfungsi sebagai anchor text. Jadi ketika pembaca mengklik kata tersebut, otomatis akan diarahkan ke halaman lain dalam website yang sama untuk internal, serta ke halaman website lain untuk eksternal link. Jadi pastikan kata yang dijadikan anchor text relevan dengan konten yang dituju dengan internal maupun eksternal link. 

Baca juga: Internal Link Untuk Meningkatkan SEO Situs Web Anda

2. Tujuan internal link dan eksternal link

Internal Link

Eksternal Link

Untuk membuat pengunjung betah di dalam website dengan menautkan internal link yang relevan dengan topik yang sedang dibahas dan topik yang dituju dengan link tersebut Untuk menambah wawasan pembaca mengenai topik yang sedang dibaca di website Anda, dengan memberikan referensi website terpercaya untuk bacaan lebih lanjut.
Internal link dapat menambah nilai SEO di website. Dapat menambah jumlah traffic website Anda dengan cara melakukan guest blogging.
Dengan internal link, mesin pencari dapat mengindeks dan memahami seluruh konten website Anda. Menautkan website Anda di website lain, dapat membantu Anda mendapatkan peringkat di mesin pencari.

3. Penggunaan internal link dan eksternal link

Internal Link

Eksternal Link

Digunakan untuk menautkan link halaman lain dalam website yang sama. Digunakan untuk menautkan link yang mengarah ke website lain atau untuk menautkan halaman web Anda dari luar website Anda sendiri.

Baca juga: Mengenal Teknik White Hat SEO yang Disukai Google

Diantara Perbedaan Internal Link dan Eksternal Link, Mana yang Terbaik?

Dari penggunaan internal link dan eksternal link, bukanlah suatu pilihan yang harus Anda pilih. Keduanya harus memiliki tempat yang sama, berjalan beriringan dalam rencana SEO Anda. Inilah kesempatan Anda untuk dapat menggunakannya secara strategis agar bukan hanya meningkatkan nilai SEO Anda, tetapi juga peringkat website Anda.

Internal dan eksternal link dapat membantu Anda membangun visibilitas merek Anda, dengan perencanaan kualitas dan kuantitas tautan serta konten yang telah diperhitungkan relevansinya terhadap niche Anda. Membuat konten yang berkualitas dan relevan dapat menjangkau audiens untuk datang sendiri ke website Anda.

Internal link juga dapat membentuk struktur di website Anda. Struktur ini menjadi penghubung antar halaman di dalam website Anda secara visual dan efektif. Ini membantu mengatur konten di situs Anda dan membantu pengunjung menemukan informasi lainnya dengan cepat. Sehingga tautan halaman alami yang tersebar di konten dalam website Anda, akan membantu pembaca dan mesin pencari menemukan konten Anda yang relevan dengan keinginan pembaca.

Baca juga: 8 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Website Bisnis

Namun perlu diingat untuk penggunaan eksternal link bahwa, penggunaan eksternal link yang berlebih juga tidak baik bagi kesehatan website Anda. Jadi gunakanlah secara bijak bagi kebutuhan website Anda. Karena eksternal link yang Anda buat dalam konten Anda bukan hanya Anda yang memperoleh manfaat SEO-nya, tapi juga untuk website lain yang Anda gunakan sebagai eksternal link. 

Itu dia perbedaan internal link dan eksternal link. Meski keduanya memiliki perbedaan, namun keduanya penting dalam membantu meningkatkan traffic di website Anda. Sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan internal dan eksternal link dengan baik.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?