Internal Link Untuk Meningkatkan SEO Situs Web Anda

internal link yang menghubungkan beberapa halaman terkait

Website yang memiliki kualitas SEO baik, pasti memiliki konten yang menarik dan internal link yang ter strategi dengan baik. Pembuatan konten yang menarik, akan mengarahkan traffic sebanyak mungkin ke konten lain dan membuatnya menjadi terhubung, antara konten yang satu dengan konten yang lainnya. 

Tentang Internal Link

Internal link merupakan cara ketika Anda menggunakan hyperlink pada beberapa kata dalam tulisan Anda, untuk menautkan satu halaman di website ke halaman lain di website Anda. Internal link atau tautan internal yang relevan dapat membuat pengunjung di website Anda lebih lama. Ini karena, mereka akan mengunjungi tautan internal yang Anda sematkan, dimana menurut mereka link tersebut masih relevan dengan yang sedang mereka baca. Inilah sebabnya menautkan internal link yang relevan dalam tulisan akan membantu Anda meningkatkan otoritas SEO website Anda.

Dengan tautan internal yang kuat dan relevan, peringkat kata kunci Anda akan meningkat di mesin pencari. Sehingga ketika pengguna memasukan kata kunci tertentu, website Anda akan muncul di peringkat teratas mesin pencari.

Baca juga: Cara Optimasi Website Anda Agar Ramai Pengunjung 

Pentingnya Internal Link dalam Sebuah Website

Tujuan akhir dari strategi SEO adalah memunculkan beberapa halaman terbaik tentang suatu kata kunci tertentu di peringkat teratas mesin pencari. Salah satu fokus terpenting dalam tujuan tersebut adalah pembuatan internal link yang kuat dan relevan. 

Setiap kali Anda membuat tautan internal pada suatu halaman, tautan tersebut akan memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa halaman website Anda memiliki halaman lain yang masih relevan dengan halaman tersebut. Tautan internal yang dapat memberi sinyal langsung kepada mesin pencari untuk setiap halaman yang ditautkan, nilai konten dan halaman yang tertaut lainnya akan semakin jelas bagi mesin pencari. Sehingga dapat membantu website Anda meningkatkan otoritas mesin pencari dan meningkatkan peringkat website Anda. 

Akhirnya, halaman-halaman dalam website Anda akan membawa traffic dan memiliki peringkat yang baik. tautan internal ini akan bermanfaat bagi strategi SEO website Anda, jika dilakukan dengan benar dan tepat.

Membangun Struktur Internal Link

struktur internal link

Jika pada suatu halaman di website Anda dirasa memiliki nilai penting dan relevan bagi audiens, Anda harus memikirkan cara bagaimana Anda dapat menjelaskan nilai tersebut kepada audiens dan mesin pencari. Agar ketika audiens memasukan kata kunci tertentu di mesin pencari, halaman website Anda akan muncul di peringkat teratas mesin pencari. Salah satu cara cepat untuk melakukannya adalah dengan membuat strategi internal link yang tepat. 

Anda dapat membangun struktur internal link dengan mulai mempertimbangkan bagaimana mesin pencari memahami nilai pada halaman di website Anda. Berapa banyak halaman di website Anda yang tertaut ke halaman tertentu, dan bagaimana Anda menautkannya, seperti sebuah halaman ditautkan ke halaman service Anda atau halaman produk Anda. Semakin banyak Anda menautkan halaman tersebut, maka semakin penting nilai halaman yang ditautkan itu, dan semakin mudah terbaca oleh mesin pencari bahwa halaman tersebut sangat penting bagi audiens untuk dibaca, karena merupakan konten yang relevan dengan kebutuhan audiens. Jadi dengan beberapa halaman yang diberikan tautan internal suatu halaman tertentu, akan membuktikan kepada mesin pencari bahwa halaman tersebut berharga bagi pembaca Anda.

Kemudian setelah membangun struktur tautan internal, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan audit terhadap halaman-halaman utama website Anda, dimana Anda dapat saling menghubungkan antar halaman di website Anda. Membuat tautan internal yang alami, yang tidak dipaksakan, akan membuat pembaca tetap nyaman menikmati setiap konten yang Anda tampilkan tanpa merasa bahwa mereka sedang dipaksa membaca halaman lain di website Anda. 

Baca juga: 8 Langkah Mudah Cara Membuat Website Menjadi SEO Friendly

3 Cara Efektif Meningkatkan Internal Link di Website Anda

1. Membuat daftar penggunaan tautan internal pada setiap halaman di website Anda

Membuat daftar penggunaan tautan internal pada setiap halaman di website Anda akan membantu Anda mengetahui halaman mana yang belum memiliki tautan internal yang relevan dengan halaman tujuan yang akan ditautkan. Daftar ini juga akan membantu Anda menata seluruh halaman website agar tercipta traffic yang teratur dan saling terindex dengan relevan satu sama lain. Sehingga Anda dapat mengetahui apa yang yang belum berhasil dan mana yang telah berhasil. 

2. Melihat topik yang sering Anda buat

Jika Anda membuat konten secara teratur tentang suatu topik tertentu, Anda harus memiliki halaman khusus lain yang secara khusus membahas topik tersebut. Sehingga pembahasan dalam setiap topik dapat dikelompokkan sesuai dengan jenis topik pembahasan yang dibuat. Dengan pembagian halaman yang sesuai dengan topik pembahasannya, akan membangun traffic yang lebih terstruktur juga. Sehingga penggunaan tautan internal menjadi lebih efektif dan dapat mendorong lebih banyak prospek baru melalui halaman-halaman yang saling terhubung.

3. Merencanakan setiap halaman yang ditautkan

Saat membuat konten baru atau halaman baru yang di dalamnya akan disematkan tautan internal, rencanakanlah terlebih dahulu. Pastikan setiap halaman baru yang diberikan tautan internal, kata dalam hyperlinknya memiliki topik yang relevan dengan halaman yang dituju. 

Baca juga: Mengenal Teknik White Hat SEO yang Disukai Google

Dengan penggunaan internal link atau tautan internal yang sering digunakan untuk suatu halaman tertentu secara fokus, Anda akan memiliki banyak tautan yang sangat kuat nantinya. Tapi perlu diingat bahwa, penggunaan tautan internal dalam suatu halaman juga jangan terlalu banyak dan sering. Hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pembaca. Gunakanlah tautan internal sewajarnya. Internal link yang kuat akan membangun otoritas besar website Anda sendiri dan akan membangun nilai berharga bagi peringkat website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?