penyebab & cara mengatasi Instagram Shadowban

Penyebab Utama Instagram Shadowban & Cara Mengatasi Shadowban

Jika Anda bergerak di bidang sosial media marketing, pastinya pernah mendengar mengenai Instagram shadowban. Hal ini biasanya bisa Anda rasakan ketika post yang diupload, maupun aktivitas lain yang dilakukan tidak bisa dilihat oleh audiens. Dan tentunya, siapapun yang menggunakan platform media sosial ini bisa saja mengalaminya, dan bahkan bisa sampai dirugikan

Maka dari itu, mari ketahui tentang maksud dari Instagram shadowban, dan apa penyebab serta cara mengatasi dibawah ini.

Mengenal Instagram Shadowban

Shadowban bukanlah istilah resmi dari Instagram, tetapi kita tahu bahwa Instagram memiliki kekuatan untuk menyembunyikan maupun membatasi suatu postingan tanpa sepengetahuan pengguna. Hal ini dapat membuat konten Anda (atau akun) tidak bisa ditemukan melalui hashtag dan halaman Explore. Dan dalam beberapa kasus – konten dapat dihapus sepenuhnya. 

Terkena shadowbanned sendiri biasanya juga dapat mengurangi Reach, membatasi siapa yang dapat melihat posting Anda, dan serius mempengaruhi keterlibatan. Dan dengan begitu banyak ketidakpastian seputar Instagram shadowban tersebut,  Ini bisa mengerikan bagi pembuat konten dan pemilik bisnis yang mencoba meningkatkan komunitas mereka dan menjangkau khalayak baru.

Lantas, apa tanggapan Instagram mengenai Instagram shadowban ini? Pada 2018, tim Instagram mengklaim: “Shadowbanning bukanlah hal yang nyata,” dan menyatakan bahwa mereka tidak menyembunyikan konten orang karena memposting terlalu banyak hashtag atau mengambil tindakan lain. 

Namun, setahun kemudian, Instagram mengakui bahwa posting yang dikategorikan sebagai “tidak pantas untuk komunitas internasional kami” tidak akan ditampilkan di Halaman Explore Instagram. Singkatnya, shadowbanning mungkin bukan istilah resmi di Instagram, tetapi ada tindakan untuk membatasi konten yang dapat dianggap “tidak pantas.”

Pada tahun 2020, Adam Mosseri dari Instagram membahas shadowbanning sebagai tanggapan atas kekhawatiran bahwa Black Voice dibungkam di platform. Dan pada tahun 2021, Mosseri mengatakan tim Instagram sedang mengembangkan pemberitahuan dalam aplikasi yang lebih baik, Jadi pengguna tahu mengapa postingannya diturunkan atau tahu jika postingannya bertentangan dengan Pedoman Rekomendasi mereka.

Singkatnya? Instagram shadowban tetap akan ada. Dan pihak Instagram juga akan terus memperbaiki suatu masalah yang terjadi di aplikasi mereka.

Penyebab Terjadinya Instagram Shadowban

Ada beberapa alasan akun Anda bisa Shadowban. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi, Mari kita ketahui beberapa tindakan yang mungkin Telah Anda ambil yang membuat Shadowban,

 1. Anda Menggunakan Bot Yang Bisa Meningkatkan Akun Anda Secara Otomatis

Jika Anda tidak melakukan kerja keras sendiri, Anda akan sulit meningkatkan followers. Tapi ada beberapa orang yang lebih memilih menggunakan bot, menggunakan aplikasi untuk meningkatkan followers serta likes, dan bahkan sampai membelinya. Hal ini mereka gunakan agar beberapa orang yang melihat akunnya akan tertarik dan mempercayai mereka karena followers instagram yang meningkat 

Tapi sayangnya, hal ini termasuk kegiatan menipu. Menggunakan bot juga termasuk taktik spam, dan bisa membuat Anda terkena shadowban.

2. Menggunakan Hasgtag yang Melanggar

Terkadang, hashtag populer akan dibanjiri dengan konten yang tidak pantas. Dan Ketika ini terjadi, Instagram dapat menghapus hashtag atau membatasi penggunaannya. Jadi Jika Anda menggunakan hashtag yang dilanggar dengan beberapa hashtag lain, konten Anda tetap tidak muncul di peringkat hashtag manapun, dan juga dapat mengakibatkan akun yang diblokir.

3. Akun Anda sering dilaporkan

Ketika pengguna berulang kali melaporkan akun, Instagram akan menganggap akun Anda memposting konten yang tidak pantas atau melanggar persyaratan layanan mereka. Mereka mungkin menonaktifkan akun Anda, atau mereka bisa men-shadowban Anda.

4. Anda telah memposting, comment, maupun follow orang terlalu cepat

Instagram menempatkan batasan waktu pada seberapa sering Anda dapat follow, unfollow, like, comment, maupun post dalam waktu satu jam atau satu hari. Ini masuk akal – karena jika Anda mengikuti 80 orang dalam waktu satu jam, kemungkinan bot melakukan pekerjaan itu, bukan Anda.

Tindakan ini dapat membantu Anda menumbuhkan pengikut dengan cepat, , tetapi mereka tidak dapat membantu Anda terhubung dengan orang yang tepat. Selain itu, perilaku ini kemungkinan mengakibatkan shadowban, yang sangat membatasi eksposur Anda ke audiens baru.

Cara Mengatasi Instagram yang Terkena Shadowban

Jika Anda ingin akun Instagram dapat kembali seperti semua, selain melaporkannya ke pihak Instagram, tentu Anda harus melakukan sesuatu. Dan dibawah ini terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan,

  • Jika Anda menggunakan bot atau layanan otomatis lainnya, hentikan dan hapus segera

Untuk memastikan akun tidak masih melekat pada Anda, masuk ke Instagram Desktop dan klik “Edit Profile”, lalu klik “Apps and Websites”. Dan Jika Anda melihat salah satu akun bot Anda di tab Aktif, klik “Remove” untuk menghapusnya dari akun Anda sepenuhnya. Klik Remove button di samping bot atau layanan otomatis lainnya untuk mendapatkan bantuan agar tidak shadowbanned kembali.

Ingat, lebih baik memiliki 100 followers yang menyukai brand Anda dan membeli produk Anda, daripada mendapat dari 1.000 followers tapi yang tidak pernah membeli dari Anda atau berinteraksi dengan konten Anda.

  • Jangan Menggunakan Hashtag yang Melanggar

Lihatlah salah satu daftar tagar terlarang Markitor untuk tahun 2021, dan pastikan untuk menghapus semua hashtag yang dilanggar dari konten Anda. 

Jangan lupa selalu Selektif dan berhati-hati dengan hashtag yang Anda pilih, dan jika ragu- ragu, lihatlah hashtag page – Instagram kemungkinan akan memposting pesan seperti, “Recent posts from #summer2020 are currently hidden … “, yang akan menunjukkan kepada Anda bahwa hashtag tidak lagi digunakan.

  • Istirahat Menggunakan Instagram sekitar 2 Hari

Orang-orang telah melaporkan istirahat 48 jam penuh dari menggunakan akun Instagram mereka  dapat mengatur ulang sistem dan membuat akun Anda kembali. dan Tentunya Anda juga layak untuk beristirahat dari media sosial sementara pula, bukan?

  • Ikuti Peraturan Instagram

Baca dan ikuti Ketentuan Penggunaan Instagram, Pedoman Komunitas, dan Pedoman Rekomendasi. Beberapa hal penting yang harus Anda ingat adalah,

  • Hanya berbagi konten yang Anda buat atau memiliki izin untuk berbagi.
  • Jangan memposting konten yang salah atau menyesatkan.
  • Bagikan konten yang sesuai untuk dilihat siapa saja

Tentunya dengan menggunakan media sosial, bukan hanya Instagram, Anda haruslah menaati peraturan yang ada serta lakukan apapun tanpa menggunakan bot. Walaupun algoritma instagram anda akan naik turun, tapi dijamin kedepannya tidak akan terjadi hal buruk di akun yang Anda miliki lagi.