8 Langkah Mudah Cara Membuat Website Menjadi SEO Friendly

komponen website SEO friendly

Untuk menghasilkan pencarian organik pada website, penting untuk mengetahui cara membuat website SEO friendly. Search Engine Optimization (SEO) membantu meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil pencarian. Sehingga, dengan Anda berinvestasi dalam pengembangan website yang ramah SEO, peringkat website Anda akan menjadi lebih baik dalam hasil pencarian dan akan mengarahkan banyak traffic ke halaman website Anda. Berikut ini merupakan 8 langkah mudah cara membuat website SEO friendly.

Cara Membuat Website SEO Friendly

Cara membuat website SEO friendly agar mendapatkan ranking

1. Menggunakan Tampilan yang User Friendly

Saat Anda ingin mengetahui cara membuat website SEO friendly, Anda memerlukan beberapa elemen penting untuk membuatnya. Tampilan yang user friendly adalah salah satu elemen penting untuk membuat website SEO friendly. Tampilan yang user friendly adalah tampilan yang memiliki desain responsif. Artinya, dari segi desain, tampilan, maupun navigasi, semuanya mudah untuk digunakan oleh pengunjung website. 

Desain responsif juga membuat tampilan website Anda mampu beradaptasi dengan jenis perangkat apapun yang pengguna gunakan. Seperti mengakses website dari perangkat mobile, tablet maupun dari PC, semuanya harus memiliki tampilan yang disesuaikan. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna untuk membaca dan menavigasikan halaman website yang mereka gunakan. Pengguna akan mendapatkan versi tampilan website yang terbaik untuk perangkat mereka.

Tujuan Anda memang membuat peringkat tertinggi untuk dapat dibaca oleh mesin pencari. Namun website dan konten di dalamnya yang Anda buat, diperuntukkan bagi manusia. Jadi ketika pengguna merasa nyaman membaca informasi dan mengunjungi website Anda, mesin pencari menganggap bahwa website Anda relevan dengan pengguna. Hal inilah yang disebut dengan pengalaman positif pelanggan. Pengalaman positif membuat mesin pencari menyukai website Anda. Akhirnya, website Anda akan memperoleh peringkat teratas di mesin pencari. 

2. Buat Konten dengan Keyword yang Relevan

menggunakan keyword yang relevan

Membuat konten yang relevan adalah bagian integral dari website Anda. Saat Anda membuat konten, Anda membantu mengarahkan traffic ke situs Anda dan mendapatkan prospek untuk terlibat di situs Anda. Dengan begitu, ini akan membantu Anda menargetkan kata kunci yang relevan untuk mengarahkan prospek ke halaman website Anda.

Untuk mulai membuat konten, Anda harus memilih topik yang sesuai dengan audiens Anda. Memilih topik yang tepat dapat memanfaatkan pemilihan kata kunci yang relevan dengan persona audiens bisnis Anda. Kata kunci dapat memicu website Anda untuk muncul di hasil pencarian yang relevan.

Untuk menemukan kata kunci yang tepat, dapat dihasilkan dari melakukan riset kata kunci. Riset ini akan menemukan frasa atau kata penting yang relevan, yang sering dicari oleh audiens untuk memecahkan masalah mereka. Ketika Anda mendapatkan kata kunci, pasti kata kunci tersebut terdiri dari beberapa kata yang panjang bukan? Kata kunci yang panjang dapat mendorong hasil yang lebih baik untuk konten Anda. Ini karena, kata kunci yang panjang mengandung kata kunci yang lebih spesifik. Jadi saat audiens mengetikkan beberapa kata kunci yang relevan dengan website Anda, mereka akan mudah menemukan website Anda.

3. Mengoptimalkan Tag Header 

Mengoptimalkan tag header Anda dengan mengintegrasikan kata kunci yang relevan. Integrasi ini akan membantu mesin pencari memahami konteks halaman yang Anda buat. Jadi penting untuk mengintegrasikan kata kunci terpenting Anda ke dalam judul, untuk memastikan peringkat Anda dalam mesin pencari.

Header memainkan peran penting di halaman Anda. Header memberitahu audiens pembahasan apa yang akan terjadi selanjutnya dan apa yang dapat mereka harapkan untuk dibaca. Tag header terdiri dari beberapa struktur judul bagian heading. Untuk judul yang lebih umum digunakan heading besar, seperti H2 dan H3. Kemudian untuk subjudul yang lebih terperinci dapat menggunakan heading kecil yakni H4 dan H5. 

Baca juga: Hati hati! Ini Dia 9 Black Hat SEO yang Harus Dihindari

4. Menggunakan Tautan Internal

Ketika Anda mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat website SEO friendly, jangan lupa untuk fokus pada tautan internal di website Anda. Anda mungkin memiliki halaman yang sangat bagus dengan konten berharga di website Anda, tetapi Google mungkin tidak dapat menemukannya. Jadi Anda perlu membantu Google menemukannya dengan menyematkan tautan internal pada setiap halaman yang Anda buat. Tautan internal membantu Google menemukan halaman ini dan mengindeksnya di hasil pencarian.

Jika Anda ingin menggunakan tautan internal di halaman yang Anda buat, gunakan dengan benar. Anda tidak bisa menautkan tautan internal secara acak agar halaman tersebut terindeks. Halaman yang akan dijadikan tautan internal harus relevan dengan topik dan teks jangkar atau anchor text yang Anda gunakan di halaman. Teks jangkar memberikan pratinjau sekilas ke konteks tautan internal yang Anda tautkan. Teks jangkar dan tautan internal yang terhubung, akan menciptakan satu keutuhan mudah bagi Google untuk mengindeks halaman itu.

5. Mengoptimalkan Meta Description 

8 cara membuat website SEO friendly yang selanjutnya adalah mengoptimalkan meta description. Saat Anda mencari di Google, hal pertama yang Anda lihat adalah judul halaman. Di bawah judul, Anda melihat deskripsi paragraf kecil yang memberi Anda pratinjau halaman. Paragraf kecil inilah yang disebut dengan meta description.

Meta description dapat memberitahu audiens apa yang akan mereka dapatkan dalam artikel tersebut. Sehingga meta description yang dibuat harus relevan dan mengisi ruang sebanyak mungkin. Meta description dapat berisi sekitar 150 karakter, namun yang muncul pada halaman pencarian hanya sedikit kata saja. Jadi pastikan bahwa informasi dalam meta description tersebut bersifat penting.

Baca juga: Tingkatkan Jumlah Traffic pada Website Menggunakan Meta Description

6. Mengoptimalkan Memuat Halaman Cepat di Website Anda

Waktu buka website dapat mempengaruhi keramahan SEO. Jika Anda memiliki website yang lambat saat memuat halaman, Anda perlu mencari tahu penyebab website lambat saat diakses. Halaman yang lambat saat dimuat akan beresiko kehilangan prospek yang terpental dari situs Anda untuk pergi ke situs pesaing. Cepat dan lambatnya halaman saat dimuat, dapat tergantung dari ukuran gambar, video, dan media lainnya. Oleh sebab itu, pastikan media yang diunggah di halaman website Anda, tidak memiliki ukuran file yang besar. Anda dapat mengkompres ukuran gambar atau video untuk membantu website Anda menjadi lebih ringan sehingga waktu muat halaman website Anda tidak terlalu lama.

7. Memilih Nama Domain yang Efektif

Nama domain juga penting untuk cara membuat website SEO friendly. Ini karena, nama domain sebuah website akan mudah diingat oleh audiens. Terlebih jika kontan dalam website berisi informasi penting yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Sehingga penting untuk membuat nama domain selaras dengan merek bisnis Anda. Dapat berupa domain yang singkat, sederhana, unik dan mudah untuk diingat. Ini untuk memudahkan pengguna saat mengakses website Anda.

8. Tetap Up to Date Tentang Strategi Terkini SEO

Cara membuat website SEO friendly yang terakhir adalah up to date terhadap perkembangan SEO dan strateginya. SEO membutuhkan perhatian yang konstan. Karena SEO bukan pekerjaan yang dapat dilakukan hanya sekali, ketika Anda meluncurkan website. Anda harus rajin mengaudit situs secara teratur, dan sangat penting untuk mengidentifikasi masalah yang muncul dan melakukan perbaikan. Mengetahui cara kerja SEO dan bagaimana cara memenangkan SEO juga perlu untuk Anda dalami. 

Itu dia 8 cara membuat website SEO friendly yang dapat Anda coba untuk mengoptimasi website Anda. SEO termasuk bidang yang luas dan cukup rumit. Saat Anda baru mulai mengenal SEO untuk website baru, hal ini dapat menjadi hal yang cukup menyulitkan. Namun Anda tidak perlu menjadi ahli SEO untuk menerapkan strategi yang dijelaskan di atas. Perluas pengetahuan SEO Anda untuk meningkatkan website Anda, akan membantu Anda mendapatkan pemahaman dasar tentang kiat SEO untuk website baru. Dengan begitu, 8 cara membuat website SEO friendly diatas akan sangat mudah Anda coba nantinya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?