Meta Description Untuk Tingkatkan Jumlah Traffic Pada Website

Tingkatkan Jumlah Traffic pada Website Menggunakan Meta Description

Mengapa Meta Description dapat Tingkatkan Jumlah Traffic pada Website ?

Menurut Search Engine Land, Google sendiri telah mengubah algoritma sebanyak 500 sampai 600 kali pertahun. Dan hal tersebut pun menjadi tantangan tersendiri bagi para SEO Manager supaya dapat memahami serta mempelajari dengan cepat agar konten yang sedang dikerjakan bisa mendapat peringkat tinggi di Google. Namun, Ada salah satu elemen yang tidak berubah supaya bisa mencapai peringkat tinggi tersebut, yaitu elemen meta description. Mengingat meta description tersebut menjadi suatu hal penting pada search engine yang tidak berubah sampai sekarang, menggunakannya adalah cara yang tepat supaya konten anda bisa menarik banyak audiens dan bahkan bisa membuatnya muncul di halaman pertama search engine.

Tapi, bagi yang belum mengenalnya, apa itu meta description dan apa manfaat serta tips menggunakannya?

Apa itu Meta Description?

Meta description adalah sebuah Tag HTML yang dapat diatur untuk halaman situs website Anda. Biasanya untuk isinya adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang isi halaman Anda. Jika Anda beruntung, Google akan menampilkannya di bawah judul halaman Anda di hasil pencarian. Dan hal ini pun bisa memberi Anda kesempatan untuk meyakinkan audiens bahwa halaman Anda akan menawarkan apa yang dicari oleh mereka.

Mengapa Meta Description itu Penting?

Setelah anda mengetahui apa itu Meta Description, anda juga harus mengetahui apa manfaat dan mengapa meta description itu penting. Berikut ulasannya,

  • Menarik Lebih banyak Pengunjung

Ketika mencari suatu topik pada Google pasti anda akan langsung membaca judul kontennya dahulu. Tapi, dengan mengandalkan judul saja masih tidak cukup, mengingat ada kalanya audiens juga harus mengetahui tentang apa yang anda tawarkan pada halaman tersebut. Ditambah dengan tambahan meta description tersebut pun bisa membuat orang-orang akan lebih terdorong untuk mengunjungi konten yang anda miliki.

  • Meningkatkan Relevansi Konten

Jika anda perhatikan, ada beberapa kata yang dicetak tebal pada Meta description. Dan kata-kata bercetak tebal itulah Keyword yang dicari oleh audiens. Dengan begitu, anda mungkin saja harus memperhatikan dan memastikan jika deskripsi yang dibuat sesuai dengan isi konten serta bisa memberikan informasi dengan jelas dan benar.

  • Dapat membantu mempromosikan Konten di Media Sosial

Anda saat ini pasti hanya mengetahui jika meta description hanya untuk postingan blog serta tampil di hasil pencarian saja. Tapi sebenarnya tidak. Karena Meta description tersebut pun juga bisa muncul di media sosial. Dan deskripsinya akan muncul ketika audiens membagikan konten dengan link. Jadinya, meta description tersebut bukan hanya membantu anda untuk mengejar traffic di pencarian Google, tapi juga di media sosial. 

Tips Jitu Membuat Meta Description Menarik

Lalu, setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, bagaimana cara anda membuat meta description yang menarik supaya audiens yang ingin mengambil action lebih jauh setelah membaca meta description yang dibuat? Berikut ini ulasannya,

  • Berhenti terlalu fokus pada jumlah karakter

Beberapa tahun terakhir, Google memberi batasan  160 karakter menjadi ke 230 karakter. Walaupun terkadang fokus pada jumlah karakter bisa membantu anda mendapat peringkat teratas search engine, hal tersebut juga bisa menjadi tidak cukup jika anda ingin tampil pada peringkat search engine. Seperti hasil uji dari SEMRush, mereka menggunakan lebih dari 320 karakter pada meta description tapi hasilnya tetap mendapatkan peringkat tinggi pada search engine.

Namun, beberapa website yang akan membuat meta description lebih pendek atau lebih panjang dari yang lain tidak perlu khawatir. Asal meta description tersebut secara akurat serta jelas dalam menggambarkan konten pada website Anda. Serta tetaplah fokus pada isi kualitas konten yang Anda sajikan.

  • Membuat konten yang unik dan menarik

Jika Anda membuat deskripsi biasa-biasa saja, tentunya hal tersebut tidak dapat membantu untuk naik peringkat maupun mendapat klik dari audiens. Jadinya, anda harus mulai berinovasi, misalnya dengan membuat konten yang tidak begitu monoton dengan yang lain. Seperti konten baru dengan kalimat yang bisa memancing pembaca supaya melakukan action pada website anda tersebut. 

  • Gunakan Keyword yang telah Anda tentukan

Jika Anda menggunakan keyword untuk blog, website, serta halaman produk, Anda juga dapat menambahkan keywords tersebut di Meta description yang dibuat. Mengingat Keyword bisa membantu anda supaya dapat terus mendapat peringkat pada search engine. Dan selama anda melakukan riset dahulu mengenai keyword yang ingin digunakan, bisa jadi konten anda tersebut akan berada di halaman depan search engine. Jadi Seperti yang telah disebutkan di atas, saat sedang membuat meta description berhentilah untuk terlalu fokus pada batasan karakter, tetapi tetaplah untuk fokus pada kualitas konten yang Anda sajikan.

Jadi, Meta Description merupakan hal yang bisa dikatakan cukup penting dan menjadi Tips website ramai dikunjungi, mengingat hal tersebut sangat membantu dalam mendeskripsikan secara singkat isi konten yang anda buat. Dan jika anda ingin membuat website baru serta menjadi landing page yang menarik, Jasa custom website terbaik dari Difitech adalah pilihan yang tepat serta bisa memberi banyak kelebihan yang bisa anda dapat nanti.