6 Tips Membuat Campaign Iklan yang Lebih Persuasif

campaign iklan di ruang publik

Membuat campaign iklan persuasif adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong pelanggan untuk membeli produk Anda, terlibat dengan brand Anda, dan terlibat dengan konten-konten yang Anda buat. Dengan teknik pembuatan campaign yang tepat, Anda dapat meningkatkan konversi yang lebih tinggi karena Anda dapat memahami psikologi pelanggan dengan baik. Untuk hasil campaign yang sukses diperlukan strategi yang kuat, teknik pemasaran yang tepat, dan pemahaman yang tepat dengan audiens bisnis Anda.

Karakteristik dalam Membuat Campaign Iklan Persuasif

membuat campaign iklan

Iklan yang persuasif harus memiliki satu tujuan yakni membuat pelanggan mereka melakukan sesuatu untuk bisnis Anda, setelah mereka melihat iklan yang Anda buat. Agar iklan benar-benar bersifat persuasif, terdapat beberapa karakteristik penting yang dapat dilakukan agar dapat menghasilkan iklan yang persuasif. 

  • Storytelling. Iklan persuasif harus menceritakan pesan atau sebuah kisah tentang bagaimana produk Anda dapat menjadi solusi, yang menyelamatkan audiens dari masalah yang mereka hadapi. Anda perlu menemukan cara untuk menghubungkan produk Anda ke cerita yang mampu mengusik perhatian audiens dan memberi kesempatan yang lebih besar untuk diingat oleh pelanggan Anda.
  • Pesan yang disesuaikan. Untuk setiap iklan yang berhasil, Anda perlu tahu apa yang membuat bisnis Anda dapat terhubung dengan audiens Anda. Iklan persuasif yang baik bersifat kreatif dan mudah diingat karena benar-benar terhubung dengan audiens dan membuat mereka membeli produk melalui pesan yang dipersonalisasi dan ditargetkan.
  • Call to Action (CTA). Pastikan iklan persuasif Anda menyertakan tindakan jelas yang dapat dilakukan pemirsa seperti CTA. CTA merupakan kalimat ajakan seperti “beli sekarang!”, yang dapat ditempatkan di awal, tengah, atau akhir iklan Anda.
  • Visual dan Efek Suara. Iklan persuasif harus memiliki visual dan efek suara yang menarik agar pemirsa tertarik dengan pesan iklan Anda. Bagaimana iklan Anda menjadi kalimat yang dapat dicerna oleh audiens dengan memanfaatkan visual dan efek suara yang bagus dan menarik.

Tips Untuk Membuat Campaign Iklan yang Persuasif

Berikut ini beberapa tips untuk membuat campaign iklan yang lebih persuasif untuk dapat digunakan agar campaign iklan Anda berhasil.

1. Gunakan copy yang kreatif

Membuat copy iklan memang bukanlah suatu hal yang mudah, tapi Anda dapat mencari tahu strategi mudah membuat copy untuk menghasilkan copy yang kreatif, menarik dan persuasif. Seperti menggunakan rumus 4U copywriting, atau menggunakan rumus PAS copywriting, atau bisa juga menggunakan FAB copywriting.

Copy persuasif adalah kunci untuk meyakinkan pemirsa agar mereka mengambil tindakan yang Anda harapkan seperti pembelian produk atau mendaftarkan email mereka untuk berlangganan dengan Anda. Anda dapat menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, menggunakan cerita dan ide yang relevan dengan audiens Anda, tetapi jangan terlalu memaksa atau hard selling, karena akan terdengar seperti Anda berusaha terlalu keras dan terlihat tidak nyaman.

2. Pahami apa yang diinginkan audiens

Penting bagi Anda untuk fokus pada apa yang paling diinginkan dan dibutuhkan oleh target audiens Anda, saat membuat campaign iklan. Copy yang dibuat dapat berfokus pada manfaat dari produk yang ditawarkan, dan menjelaskan bagaimana produk tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah dan kebutuhan audiens.

3. Menggunakan influencer marketing

Memanfaatkan influencer marketing juga termasuk dalam tips membuat campaign iklan yang persuasif. Influencer memiliki kepercayaan publik, sehingga apa yang mereka katakan dan apa yang mereka promosikan, pasti akan dianggap penting oleh pengikutnya. Sehingga menggunakan pengaruh influencer untuk mempromosikan produk Anda, dapat membuat campaign iklan Anda lebih persuasif.

Baca juga: Kelebihan dan Tips Menjalani Buzz Marketing

4. Menggunakan tenggat waktu

Kata-kata seperti, “penawaran terbatas untuk 100 orang pertama” atau “join sekarang, slot terbatas”, merupakan salah satu kalimat yang mengandung tenggat waktu. Dengan menggunakan kalimat tersebut, audiens yang melihat iklan Anda akan merasa panik dan kemungkinan mereka untuk melakukan pembelian secara segera akan tercipta. Tenggat waktu bersifat persuasif karena memaparkan pesan Anda kepada pelanggan dengan interval waktu tertentu, yang esok hari mungkin saja tidak didapatkan lagi oleh audiens. Sehingga membantu mereka untuk menentukan tindakan selanjutnya.

5. Menawarkan promo khusus

Mempromosikan diskon, kode kupon, atau promo buy 1 get 1 adalah cara yang bagus untuk mendorong pelanggan Anda bertindak cepat untuk membeli produk Anda. Saat menggunakan taktik ini, pastikan untuk menawarkan promosi yang meyakinkan pelanggan Anda. Promosi adalah strategi persuasif yang akan membuat orang membeli lebih cepat.

Anda dapat membuat jenis iklan yang berbeda dengan penawaran promo yang berbeda pula. Seperti menawarkan diskon khusus untuk pembeli pertama yang belum pernah berbelanja di toko Anda, atau memberikan promo buy 1 get 1 untuk pelanggan yang berlangganan dengan Anda (member). Dengan memberi mereka kalimat persuasif, akan memberitahu mereka kenapa mereka harus membeli produk tersebut sekarang juga.

Baca juga: Menggunakan Google Ads untuk Jangkauan Iklan yang Lebih Luas 2021

6. Membuat campaign iklan di banyak saluran

Audiens saat ini dapat berinteraksi dengan bisnis Anda di banyak platform. Karena itu, untuk meningkatkan peluang konversi dan menghasilkan penjualan, Anda dapat mengoptimalkannya dengan membuat campaign iklan di beberapa saluran marketing Anda. Ini memudahkan audiens untuk mengenali bisnis Anda ketika mereka menemukan iklan Anda di berbagai platform. Seperti dengan menggunakan Facebook Ads di platform Facebook, Instagram Ads di Instagram, melalui email marketing, dan lain-lain.

Dalam membuat campaign iklan persuasif, teknik yang paling persuasif seringkali merupakan kombinasi dari berbagai taktik yang persuasif. Ini adalah kesempatan Anda untuk meyakinkan audiens Anda sekarang, dengan membuat campaign iklan yang persuasif. Bagaimana Anda membujuk audiens Anda dengan iklan adalah strategi terpenting untuk membuat campaign iklan yang persuasif.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?