Efektifkah Promosi Bisnis Menggunakan Jasa Paid Promote di Instagram?

paid promote instagram

Dengan bertambahnya pengguna instagram, terdapat paid promote yang juga sebagai salah satu cara Digital Marketing di sosial media yang semakin populer. Paid Promote sendiri merupakan upaya untuk mempromosikan atau mengenalkan bisnis serta produk ke pasaran dengan membayar suatu akun instagram. Sistem yang digunakan biasanya dengan posting foto atau video yang dibuat khusus supaya dapat menarik followers dan mengenalkan bisnis Anda. 

Kelebihan dan Kekurangan Paid Promote Melalui Instagram

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai paid promote, salah satunya adalah dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Paid Promote Instagram

    • Biaya Lebih Murah

Dibanding dengan membayar Influencer atau cara lain, paid promote dapat anda gunakan dengan biaya yang lebih murah. Walaupun memang tiap akun akan memberi harga yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

    • Jangkauan Luas

Dengan biaya yang lebih murah, akun dengan jasa paid promote biasanya memiliki jumlah followers yang sama atau lebih banyak dari Influencer. Jadi Anda tidak perlu takut iklan Anda tidak banyak yang melihat.

    • Konten Niche Tertarget

Akun yang membuka paid promote biasanya akan fokus membuat konten dengan niche yang sangat spesifik. Jadi, jika followersnya sesuai dengan target pasar Anda, besar kemungkinan hasil promosi akan sangat tinggi.

Kekurangan Paid Promote Instagram

    • Terlalu banyak Konten

Akun instagram yang memiliki followers besar biasa nya rajin post tiap hari. Konten aslinya bisa 3-5 kali dengan iklan paid promote kurang lebih 3 kali dari berbagai bisnis. Hal ini pun membuat postingan Anda dapat mudah tenggelam atau dihiraukan.

    • Admin Malas

Ada beberapa admin yang memasang jasa paid promote tidak peduli dengan konten yang mereka promosikan. Yang penting tinggal posting lalu mendapat uang. Padahal, bisa saja followers mereka akan tertutupi dengan bisnis bohongan maupun menjual produk yang berbahaya.

Lalu jika hal tersebut membuat followers kecewa, bisnis yang promosi berikutnya pun dapat terkena imbasnya dan tidak dapat dipercaya.

Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui tips-tips beriklan dengan Sistem Paid Promote yang benar.

Tips Beriklan dengan Paid Promote

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin melakukan Digital Marketing melalui Paid Promote ini diantaranya,

    • Menggunakan Gambar yang Catchy

Gunakanlah postingan Gambar yang dapat langsung menarik perhatian audiens. Penggunaan warna yang lebih terang, to the point, resolusi tinggi, dan semacamnya.

    • Menggunakan Copywriting yang baik

Copywriting yang efektif dan sesuai target market. Anda dapat menerapkan penulisan dengan formula AIDA supaya menarik minat para Audiens. Jika tidak mengerti, Anda dapat berkonsultasi dengan pemilik akun yang akan melakukan Paid Promote tersebut.

    • Minta Insight Data

Akun instagram sejarang telah dilengkapi dengan fitur Insight Analytics untuk melihat performa engagement mereka. Dan jika tergolong baik dan tinggi, Anda yang dapat mempromosikan di akun tersebut tanpa ragu-ragu.

    • Pastikan bukan Akun BOT

Akun rob0t sekarang ini sudah banyak dan mengincar pebisnis awam yang ingin mempromosikan bisnisnya. Akun ini harus di Blacklist dikarenakan dapat membuat biaya iklan terbuang percuma karena tidak ada perkembangan.

    • Minta Posting di Jam Optimal

Anda harus mengetahui dahulu kapan audiens membuka instagram sebelum menentukan jadwal promosi yang baik. Hal ini supaya iklan anda dapat terlihat dengan mudah, bahkan dapat muncul langsung saat audiens membuka Instagram.

Paid promote akan berhasil jika talent yang Anda pilih memiliki audience yang relevan dengan bisnis Anda. Hal ini tentu perlu menjadi fokus utama saat akan memulai paid promote agar hasilnya lebih maksimal dan efektif.

Jika Anda belum ingin mencoba paid promote, Anda bisa menggunakan cara lain untuk memperluas jangkauan akun bisnis Anda, seperti menjalankan Iklan Berbayar yang Tertarget.

Pada dasarnya, Anda hanya perlu membuat campaign yang menarik dan relevan dengan apa yang sedang dicari oleh audience Anda lalu memilih cara yang paling mudah untuk Anda lakukan. Entah melalui Paid Promote, Endorse, Paid Ads, atau cara organik sekalipun meskipun membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.