Dengan bertambahnya pengguna Instagram, promosi berbayar menjadi salah satu cara melakukan marketing di sosial media. Promosi berbayar atau paid promote Instagram sendiri merupakan upaya untuk mempromosikan atau mengenalkan bisnis serta produk ke pasaran dengan membayar suatu akun Instagram. Sistem yang digunakan biasanya dengan posting foto atau video yang dibuat khusus supaya dapat menarik followers dan mengenalkan bisnis Anda.
Kelebihan dan Kekurangan Paid Promote Instagram
Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai paid promote Instagram, salah satunya adalah dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan Paid Promote Instagram
- Biaya Lebih Murah
Dibanding dengan membayar Influencer, promosi berbayar menggunakan biaya yang lebih murah. Walaupun memang tiap akun akan memberi harga yang berbeda-beda. Anda dapat memilih beberapa yang sesuai dengan budget yang dimiliki.
- Jangkauan Luas
Dengan biaya yang lebih murah, akun yang menyediakan jasa promosi berbayar biasanya memiliki jumlah followers yang sama atau lebih banyak dari Influencer. Jadi Anda tidak perlu takut iklan Anda tidak banyak yang melihat.
- Konten Niche Tertarget
Akun yang membuka jasa promosi berbayar, biasanya akan fokus membuat konten dengan niche yang sangat spesifik. Jadi, jika followersnya sesuai dengan target pasar Anda, besar kemungkinan hasil promosi akan sangat tinggi.
Baca juga: Tips Meningkatkan Engagement Rate pada Instagram
Kekurangan Paid Promote Instagram
- Terlalu banyak Konten
Akun instagram yang memiliki followers besar biasa nya rajin post tiap hari. Konten aslinya bisa 3-5 kali dengan iklan paid promote kurang lebih 3 kali dari berbagai bisnis. Hal ini pun membuat postingan Anda dapat mudah tenggelam atau dihiraukan.
- Admin Malas
Ada beberapa admin yang memasang jasa paid promote tidak peduli dengan konten yang mereka promosikan. Yang penting tinggal posting lalu mendapat uang. Padahal, bisa saja followers mereka akan tertutupi dengan bisnis bohongan maupun menjual produk yang berbahaya.
Lalu jika hal tersebut membuat followers kecewa, bisnis yang promosi berikutnya pun dapat terkena imbasnya dan tidak dapat dipercaya. Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui tips-tips beriklan dengan Sistem Paid Promote yang benar.
Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Followers Instagram Bisnis Anda
Tips Beriklan dengan Paid Promote Instagram
Beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin melakukan pemasaran produk maupun promosi bisnis melalui paid promote Instagram ini diantaranya,
Menggunakan Gambar yang Catchy
Gunakanlah postingan Gambar yang dapat langsung menarik perhatian audiens. Penggunaan warna yang lebih terang, to the point, resolusi tinggi, dan semacamnya. Konsultasikan dengan jasa desain grafis yang Anda pakai pada agensi digital marketing terpercaya untuk membangun konten instagram.
Menggunakan Copywriting yang baik
Copywriting yang efektif dan sesuai target market untuk closing lancar. Anda dapat menerapkan penulisan dengan formula AIDA supaya menarik minat para Audiens. Jika tidak mengerti, Anda dapat berkonsultasi dengan pemilik akun yang akan melakukan jasa promosi berbayar.
Minta Insight Data
Akun instagram sejarang telah dilengkapi dengan fitur Insight Analytics untuk melihat performa engagement mereka. Dan jika tergolong baik dan tinggi, Anda yang dapat mempromosikan di akun tersebut tanpa ragu-ragu.
Pastikan bukan Akun BOT
Akun rob0t sekarang ini sudah banyak dan mengincar pebisnis awam yang ingin mempromosikan bisnisnya. Akun ini harus di Blacklist dikarenakan dapat membuat biaya iklan terbuang percuma karena tidak ada perkembangan.
Meminta Posting Konten di Waktu yang Optimal
Anda harus mengetahui dahulu kapan audiens membuka instagram sebelum menentukan jadwal promosi yang baik. Hal ini supaya iklan anda dapat terlihat dengan mudah, bahkan dapat muncul langsung saat audiens membuka Instagram.
Baca juga: Bagaimana Membangun Social Media Presence yang Kuat?
Paid promote Instagram akan berhasil jika talent yang Anda pilih memiliki audience yang relevan dengan bisnis Anda. Hal ini tentu perlu menjadi fokus utama saat akan memulai paid promote Instagram agar hasilnya lebih maksimal dan efektif. Namun, jika Anda belum ingin mencoba paid promote Instagram, Anda bisa menggunakan cara lain untuk memperluas jangkauan akun bisnis Anda, seperti memasang dan menjalankan iklan untuk mempromosikan bisnis Anda. Seperti beriklan melalui Google Ads, beriklan di Facebook Ads, dan Instagram Ads. Anda dapat mengetahui tips beriklan anti boncos, agar iklan yang Anda jalankan dapat membuat hasil lebih efektif untuk bisnis Anda.
Pada dasarnya, Anda hanya perlu membuat campaign yang menarik dan relevan dengan apa yang sedang dicari oleh audience Anda lalu memilih cara yang paling mudah untuk Anda lakukan. Entah melalui paid promote, buzz marketing atau influencer marketing, paid ads, atau cara organik sekalipun meskipun membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.