Teknik PAS Copywriting Membuat Closing Lebih Mudah

mengenal teknik PAS Copywriting

Rumus copywriting terdiri dari beberapa strategi yang berbeda, yang dapat digunakan untuk menulis caption, headline, maupun copy konten secara efisien. Salah satunya adalah teknik PAS copywriting atau problem-agitate-solution. Teknik PAS copywriting ini merupakan salah satu formula copywriting yang paling umum digunakan dengan pendekatan masalah pada audiens atau konsumen. Ini karena, teknik PAS copywriting berfungsi untuk semua jenis pemasaran mulai dari pemasaran digital maupun pemasaran langsung. Itu sebabnya teknik copywriting ini patut untuk dicoba selain teknik copywriting lain seperti menggunakan teknik FAB copywriting atau menggunakan teknik 4U copywriting

Lantas, apa sebenarnya teknik PAS copywriting ini dan apa saja komponennya?

Apa Itu Teknik PAS Copywriting?

Formula dalam copywriting salah satunya adalah PAS. PAS dapat digunakan untuk menghemat waktu dan energi, dibandingkan dengan melakukan brainstorming marketing yang memerlukan banyak usaha. Meski menggunakan teknik PAS sudah sangat familiar, namun hasil yang didapat tetap akan berbeda. Jadi tidak perlu khawatir akan terlihat sama dengan penulis lain, karena meski menggunakan teknik PAS copywriting yang sama tetapi jenis audiens, produk, dan niche bisnis antara satu dengan yang lain berbeda.

PAS adalah singkatan yang terdiri dari problem (masalah), agitate (agitasi), dan solution (solusi). PAS menggunakan permasalahan sebagai formula copywritingnya. Beberapa audiens lebih tertarik dengan sebuah permasalahan daripada sebuah manfaat produk. Seperti, konsumen tidak ingin merasa rugi, merasa tertipu, merasa tak adil, dan permasalahan konsumen lainnya. Permasalahan inilah yang menarik perhatian mereka, karena mereka menghindari itu semua. Oleh karena itu, teknik PAS copywriting ini berawal dari permasalahan dan akhirnya penjual yang menawarkan solusi atas permasalahan-permasalahan audiens dan konsumen. 

Baca juga: Membangun Strategi Social Media Marketing untuk 2022

Komponen dalam Teknik PAS Copywriting

Teknik PAS copywriting adalah salah satu formula copywriting, yang dapat digunakan secara sederhana dan efektif, dan dapat diadaptasi untuk hampir semua produk atau layanan marketing. Komponen sederhana dari teknik PAS yaitu:

Problem

Problem atau masalah merupakan poin yang ingin dicari tahu. Karena dengan mengetahui masalahnya, sebuah brand mampu memberikan solusinya kepada audiens dan konsumen. Seperti masalah apa yang dapat dibantu oleh produk atau layanan brand tertentu sehingga menjadi solusi? Gali jawaban yang tepat, agar dapat menjadi solusi karena jawabannya tidak selalu jelas. Riset pelanggan Anda untuk menentukan poin masalah yang sebenarnya mereka hadapi agar mendapatkan jawabannya.

Agitate

Agitate adalah kecemasan. Jadi pada agitate, gunakan bahasa yang emosional untuk menyampaikan gambaran yang jelas tentang kekecewaan, kerepotan, dan penyesalan yang ditimbulkan oleh masalah ini. Jelaskan bagaimana ini terjadi tidak seperti yang seharusnya, seperti apa akibatnya jika masalah ini tidak diselesaikan. Identifikasi kebutuhan audiens, cari tahu masalahnya, berempati dengan kekhawatirannya, dan validasi permasalahan audiens dan konsumen melalui konten yang solutif.

Kenyataannya adalah, orang-orang selalu memikirkan masalah yang mereka punya. Itu sebabnya mereka membaca dan mencari tahu tulisan atau informasi yang dapat membantu permasalahannya. Jadi tugas seorang pembuat konten marketing hanya memvalidasinya dan menusuknya tepat di permasalahan yang mereka punya, agar produk atau layanan bisnis yang ditawarkan dapat memikat hati audiens dan konsumen.

Solution

Saat berada di poin solution atau solusi, Anda dapat memperkenalkan produk atau layanan yang akan membantu audiens memecahkan masalah dan mengakhiri kekhawatiran mereka. Masalah ini kemudian dicari solusinya. Melalui sebuah brand, pebisnis harus dapat memecahkan masalah agar konsumen tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan. 

Membuat Copywriting dengan Teknik PAS

membuat copywriting

Problem

Problem merupakan poin yang di highlight dalam membuat copywriting dengan menggunakan teknik PAS. Penulis atau pembuat konten dapat memaparkan permasalahan yang dialami oleh audiens atas suatu produk, layanan, atau aplikasi tertentu secara singkat dan jelas. Contoh problem yang dapat dibuat adalah,

“Pusing mikirin konten media sosial buat bisnis kamu?”

atau

“Kesel liat jilbab selalu mleyot padahal udah disetrika?”

Agitate

Pada bagian agitate inilah, coba untuk mendramatisir masalah agar kecemasan dan kekhawatiran audiens menjadi semakin nyata. Buat kata-kata yang membuat masalah audiens terbagi menjadi dua layer. Contoh:

“Pusing mikirin konten media sosial sambil jalanin bisnis?” (Problem)

“Konten gatot, bisnis ikut mandek karena ga bisa fokus!” (Agitate)

atau

“Kesel liat jilbab selalu mleyot padahal udah disetrika?” (Problem)

“Bikin ga rapi dan jadi kepikiran” (Agitate)

Jadi pada agitate ini menampilkan seakan-akan audiens memiliki dua masalah akibat satu hal yang dilakukan tidak tepat dan menjadi masalah. Inilah yang dimaksud dengan masalah audiens terbagi menjadi dua layer. Sehingga pada poin solution, pebisnis dapat menawarkan satu solusi untuk mengatasi dua masalah yang dimiliki audiens.

Solution

Pada solution atau solusi ini, konten wajib memuat solusi atas produk atau layanan yang akan ditawarkan. Contoh,

“Pusing mikirin konten media sosial sambil jalanin bisnis?” (Problem)

“Konten gatot, bisnis ikut mandek karena ga bisa fokus!” (Agitate)

“Pakai jasa digital marketing agency aja!” (Solution)

atau

“Kesel liat jilbab selalu mleyot padahal udah disetrika?” (Problem)

“Bikin ga rapi dan jadi kepikiran” (Agitate)

“Pakai jilbab Kameera aja! Anti mleyot seharian!” (Solution)

Copy pada solution, harus memuat penawaran yang akan bisnis Anda berikan pada audiens. Penawaran ini yang akan menjadi solusi dari sebuah masalah yang dirasakan para audiens.

Baca juga: 8 Strategi yang Dilakukan Digital Marketing Agency untuk Membuat Bisnis Anda Berkembang

Nah, itulah yang dimaksud dengan teknik PAS copywriting. PAS dapat diterapkan untuk semua jenis marketing bisnis. Memberikan solusi yang tepat merupakan CTA yang pas untuk membuat closing penjualan menjadi lebih mudah. Konten yang persuasif akan mengena langsung ke hati audiens dan konsumen meski hanya membaca sebuah kalimat. Dan saat mereka sudah terpikat, penjualan bisnis Anda menjadi meningkat dan bisnis Anda akan semakin laris manis.

Jika Anda masih merasa bingung dengan pembuatan copy untuk konten media sosial bisnis Anda, Anda dapat menggunakan jasa digital marketing dari DIFITECH. Kami membantu bisnis Anda berkembang dengan teknik digital marketing yang tepat dan dengan biaya yang terjangkau. DIFITECH memiliki tim digital marketing yang berpengalaman dalam proses pembuatan konten marketing yang handal. Konsultasikan rencana digital marketing bisnis Anda bersama kami, sekarang.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?