6 Rekomendasi Plugin SEO Terbaik Untuk Website Anda

rekomendasi plugin seo terbaik untuk website

Meski tidak ada penilaian pasti mengenai plugin SEO terbaik yang dapat membaca algoritma mesin pencari, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba salah satu plugin SEO. Plugin SEO terbaik juga dapat membantu Anda mempermudah memaksimalkan strategi SEO Anda. Bagi pengguna WordPress, plugin SEO disediakan sangat beragam disana. 

Apa Artinya Plugin SEO?

Plugin SEO merupakan adalah elemen dari program perangkat lunak yang dapat ditambahkan untuk memberikan dukungan bagi fitur atau fungsionalitas SEO di website Anda. Plugin ini biasanya digunakan pada browser internet dan berbagai jenis aplikasi lainnya. Plugin dalam beberapa istilah juga disebut sebagai add-on. Plugin dapat membuat produk lebih fleksibel dan memungkinkan penyesuaian yang transparan untuk mempermudah kolaborasi antar proyek dalam pengembangan website. Itu sebabnya plugin seo terbaik akan mudah digunakan dan dapat memberikan kenyamanan sesuai dengan fitur yang diinginkan pengguna plugin. 

Terdapat beberapa plugin SEO terbaik yang dapat Anda gunakan secara gratis dan tentunya memiliki fungsi yang beragam, seperti pengecekan keyword, pengecekan broken link, pengecekan kecepatan website, dan lain sebagainya. Jadi cukup gunakan plugin terkait tanpa berpindah tools lainnya untuk memaksimalkan SEO website Anda. Namun jika Anda bingung harus menggunakan yang mana untuk membantu mengoptimasi website Anda, simak beberapa rekomendasi plugin SEO terbaik berikut ini menurut Ahrefs.

1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO paling populer digunakan dengan jumlah lebih dari lima juta instalan aktif hingga saat ini. Dengan Yoast SEO, Anda dapat membuat peta situs XML, memverifikasi website Anda di mesin pencari, membuat judul dan meta deskripsi sesuai template yang telah disediakan, mengoptimalkan halaman AMP Anda, serta masih banyak hal lain yang berkaitan dengan SEO.

Yoast SEO juga dapat membantu Anda mengatur meta tag dan kata kunci tertarget Anda. Meski penggunaan Yoast SEO tidak memberikan kepastian mengenai peringkat teratas sebuah website, namun Yoast SEO memberikan informasi seputar aspek-aspek penting yang mendukung nilai SEO dalam sebuah website. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba. Yoast SEO pun sering digunakan sebagian besar pemilik website WordPress terutama bagi mereka yang pemula.

2. Rank Math

Pilihan lain selain Yoast SEO untuk kategori plugin SEO adalah Rank Math. Rank Math mungkin adalah plugin SEO WordPress paling kuat di pasaran. Kenapa begitu? Ini menarik, karena Rank Math memiliki banyak fitur yang tampilannya user friendly. 

Bahkan terdapat pengaturan yang akan memandu Anda melalui proses instalasi yang mudah, serta memiliki UI terbaik dari kelompok plugin SEO. Lantas apa bedanya Yoast SEO dan Rank Math? Yang paling jelas terlihat perbedaan dari Yoast dan Rank Math adalah tidak terdapatnya integrasi Google Search Console, rich snippets markup, serta redirection (301, 302, 307, 410, 451)

Baca juga: 8 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Website Bisnis

3. Easy Table of Contents

Table of content ini membantu Anda untuk memecah konten yang panjang menjadi beberapa bagian terstruktur di halaman artikel Anda. Table of content ini direkomendasikan Google untuk digunakan dalam penulisan artikel di website. Ini karena, dengan penggunaan plugin ini pembaca yang berkunjung ke website dan membaca konten semakin nyaman untuk membaca informasi yang ada. Tidak membuat mata pembaca sakit akibat dari isi konten yang terlalu panjang. Dengan begitu, konten Anda akan mudah dinavigasikan oleh pengunjung dan mesin pencari. 

4. Broken Link Checker

Broken link checker merupakan plugin yang akan mencari tautan rusak di website Anda, baik untuk tautan internal maupun eksternal. Dengan plugin ini, Anda akan mudah menemukan link yang rusak dengan pemberitahuan kode status HTTP seperti 404, 400, 410, dan lainnya. Dengan begitu mudah ditemukannya link yang rusak, maka perbaikannya pun akan lebih cepat teratasi.

Selain membantu Anda menemukan tautan yang rusak, plugin ini juga dapat menyarankan tautan pengganti. Jadi Anda dapat menukar tautan rusak dengan tautan yang berfungsi dalam satu klik. Namun yang 

5. Shortpixel

Shortpixel merupakan plugin yang akan sangat membantu Anda untuk mengkompres dan mengoptimalkan gambar di website Anda. Biasanya gambar memiliki ukuran file yang besar, sehingga jika dimasukkan dalam website, akan memperlambat kinerja website dalam memuat halaman. Shortpixel ini juga cukup mudah digunakan. Hanya dengan menginstal kemudian menyesuaikan pengaturannya, secara otomatis akan mengoptimalkan gambar apapun yang Anda unggah ke website setelahnya.

Shortpixel ini dapat berbentuk JPG, PNG, GIF, PDF serta dokumen. Opsi kompresi yang tersedia juga beragam, mulai dari lossy, glossy, dan lossless. Namun yang perlu diingat adalah shortpixel ini hanya memberi Anda 100 kali percobaan gratis per bulan. Jika dalam sebulan Anda telah memenuhi batas, Anda harus berlangganan untuk dapat menikmati fitur-fiturnya.

6. WP Super Cache

Cache memiliki peranan sangat penting dalam menentukan waktu muat suatu halaman. Dengan cache, website atau halaman Anda dapat terbuka dengan secepat mungkin. WP Super Cache inilah plugin SEO terbaik untuk melakukan itu semua. 

WP Super Cache membuat versi HTML statis dari semua konten dinamis, yang ada di website Anda. Kemudian menyajikan halaman-halaman tersebut kepada pengunjung. Jadi pengunjung akan merasakan waktu muat halaman yang lebih cepat dan akhirnya akan berdampak pada nilai SEO yang lebih baik.

Baca juga: Mengenal Konten Otoritatif Agar Mendapat Peringkat Google

Jadi, Tertarik Menggunakan Plugin SEO Terbaik Ini?

SEO yang ada pada WordPress tidaklah berbeda dengan jenis SEO lainnya. Begitu pula dengan plugin SEO di dalamnya. Karena alasan itulah, plugin hanya akan membantu Anda mempermudah pengetahuan Anda seputar SEO. Plugin SEO terbaik dapat membantu Anda memahami teknik SEO dengan lebih mudah, namun itu bukanlah akhir dari strategi SEO website. 

Dari 6 plugin seo terbaik di atas, mana yang akan Anda gunakan untuk menunjang strategi SEO Anda dan membantu mencapai tujuan SEO di website Anda? 

Apapun pilihan plugin SEO terbaik Anda, sesuaikan dengan kebutuhan website Anda. Manfaatkan plugin SEO terbaik dengan sebaik mungkin agar strategi SEO Anda menjadi maksimal dan efektif untuk website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?