Mengenal Konten Otoritatif Agar Mendapat Peringkat Google

komponen konten otoritatif

Mesin pencari terus mengalami perkembangan untuk membuat kenyamanan pengguna tetap terjaga. Oleh karena itu, sasaran mesin pencari adalah membantu pengguna menemukan informasi berharga dan bermanfaat dari apa yang mereka tanyakan dan mereka cari di mesin pencari seperti Google. Jika website Anda ingin mudah ditemukan oleh pengguna, maka website Anda harus masuk dalam peringkat teratas di Google. Untuk itu, perencanaan strategi SEO dengan membuat konten otoritatif harus dioptimalkan agar konten yang Anda buat dapat ditemukan oleh pengguna. Anda perlu menemukan keseimbangan antara membuat konten dan keyword yang relevan dengan maksud pencarian pengguna, yang mereka cari.

Apa itu Konten Otoritatif?

Authoritative content atau konten otoritatif merupakan konten unik yang dapat memberikan informasi kepada pembaca dan memberikan tingkat ketepatan (relevan) untuk target audiens. Jadi konten otoritatif ini akan membantu pembaca menjawab pertanyaan mereka dan menemukan informasi yang mereka cari. Dengan konten otoritatif juga, website Anda dapat menjadi sumber dalam sebuah subjek terpercaya bagi pengguna dan website lain.

Konten otoritatif dapat dibuat sesuai dengan minat target audiens dan menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang. Berbagai jenis konten otoritatif yang paling populer digunakan untuk membuat audiens mengunjungi sebuah website dan terlibat dengan website tersebut, seperti:

– Konten tutorial. Konten jenis ini dapat membantu pengguna menyelesaikan permasalahan mereka. 

– Konten edukasi. Konten ini biasanya bersifat mendidik pembaca tentang suatu topik tertentu. 

– Konten Review. Konten ini biasanya akan memberikan panduan kepada pengguna, sehingga arah mereka dapat berubah ke arah pembelian. Konten ini dapat membantu orang membuat keputusan pembelian.

– Konten video. Jika pada sebelumnya konten yang Anda buat berupa tulisan, konten video membuat konten tulisan tadi dalam bentuk video. Konten video akan lebih memudahkan pengguna untuk mempelajari suatu produk dan dapat melihat wujudnya secara lebih nyata.

– Dan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Tajam dan Relevan

Tips Membuat Konten Otoritatif

Membuat konten otoritatif tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan konten lain pada umumnya. Hanya saja konten otoritatif perlu mempertimbangkan beberapa hal yang akan membuat Google memberi peringkat pada konten tersebut. Oleh karena itu, saat membuat konten otoritatif, Anda harus mempertimbangkan faktor berikut ini sebagai tips mudah membuat konten otoritatif.

1. Menunjukkan Keahlian

Menunjukkan keahlian disini maksudnya adalah memastikan website Anda terhindar dari kesalahan apapun secara teknis, termasuk isi konten, penggunaan judul yang menarik dan meta deskripsi yang deskriptif. Dengan memastikan website Anda terhindar dari kesalahan, akan menunjukkan bahwa website dan konten Anda sedang dibuat atau dioptimasi oleh ahlinya, sehingga website Anda dapat tampil secara baik dan menarik bagi pengguna.

2. Melakukan Analisis

Melakukan analisis mendetail mengenai topik yang diminati oleh audiens juga akan membantu Anda menghasilkan konten yang otoritatif. Anda dapat meneliti minat dan perilaku target audiens Anda sebagai langkah pertama untuk menentukan topik konten. Riset dan analisis merupakan langkah awal yang dapat Anda ambil untuk menentukan strategi selanjutnya dalam proses pembuatan konten yang otoritatif maupun strategi SEO Anda, dalam rangka memperoleh peringkat di mesin pencari.

Baca juga: Mengenal Teknik White Hat SEO yang Disukai Google

3. Menjadi Original

Menghasil konten orisinal adalah point utamanya. Jika Anda membuat konten yang original, informatif, menarik, dan relevan bagi audiens Anda, Anda menunjukkan bahwa konten Anda akurat dan berharga bagi audiens atau pengguna yang membaca konten Anda baik sebagai sumber utama maupun sebagai referensi. Konten yang original juga akan menghasilkan backlink bagi website Anda nantinya. 

4. Memberikan Pengalaman Pengguna yang Baik

Pernahkah mengunjungi halaman website yang berisi iklan clickbait dan konten yang tidak relevan dengan tata letak yang berantakan? Apakah Anda menyukai halaman website yang seperti itu? Pasti hampir seluruh pengguna akan menjawab tidak. 

Jika Anda ingin website Anda menjadi otoritas dan memposisikan website Anda sebagai ahlinya yang terpercaya, Anda perlu membangun kepercayaan audiens dengan memberikan pengalaman pengguna yang baik bagi audiens Anda. 

Halaman website yang memberikan pengalaman pengguna yang baik akan membuat pengguna merasa nyaman untuk berada di website Anda dan nyaman pula membaca konten yang Anda buat. Dengan tampilan yang user-friendly, pengunjung akan mempercayai Anda sebagai sebuah brand terpercaya yang akan memberikan kebermanfaatan untuk mereka. 

Baca juga: Boost Post Social Media Bantu Promosikan Konten Anda 

Dengan mempelajari dan memahami maksud pencarian pengguna, terutama dengan mengenal konten otoritatif, Anda dapat meningkatkan upaya konten marketing Anda dan meningkatkan peringkat website Anda. Membuat konten yang membuat audiens Anda tetap terlibat merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh marketer. Tetapi dengan sedikit waktu dan usaha yang dimaksimalkan, Anda akan mampu membuat konten yang dicari oleh target audiens Anda.

Difitech merupakan agency digital marketing yang dapat membantu bisnis Anda menarik keterlibatan audiens dan menghasilkan traffic website yang organik. Kami memiliki beberapa tim ahli di bidangnya yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda yakni meningkatkan peringkat website Anda. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?