Mengenal Teknik White Hat SEO yang Disukai Google

strategi teknik white hat seo

Mengoptimasi website dengan memiliki strategi SEO yang efektif, penting untuk membantu rencana pemasaran bisnis Anda secara digital. Dalam SEO dikenal teknik SEO Black Hat dan teknik White Hat SEO. Meskipun kedua teknik tersebut memiliki perbedaan dalam praktiknya, namun tujuan yang ingin dicapai sama yakni meningkatkan ranking situs web di mesin pencari. Pada artikel ini akan dibahas mengenai apa itu teknik White Hat SEO dan bagaimana teknik penggunaan White Hat yang efektif dan sesuai aturan mesin pencari, agar dapat meningkatkan peringkat situs web.

Apa itu Teknik White Hat SEO?

White Hat SEO adalah teknik SEO yang menerapkan beberapa teknik tertentu, untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari tanpa menggunakan teknik yang melanggar algoritma mesin pencari. Seperti penggunaan teknik dan strategi yang telah disetujui oleh mesin pencari Google. Teknik White Hat SEO ini fokus untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dengan memprioritaskan kenyamanan pengguna saat mereka membuka website. Website yang mempraktikkan White Hat akan berusaha mengikuti pedoman dasar mesin pencari yang sudah pasti sesuai aturan hukum internet. 

Pentingnya Menggunakan Teknik White Hat SEO

Menggunakan teknik White Hat SEO penting karena tanpa menggunakannya, situs web menjadi tidak kokoh. Sehingga peringkat website akan mudah tergeser seiring dengan update algoritma mesin pencari yang mengedepankan kualitas website dari pengalaman pengguna dan konten yang dibuat untuk audiens. Dengan lambatnya query peringkat di halaman awal mesin pencari saat menggunakan White Hat SEO, pengguna akan menelusuri banyak situs web yang tidak relevan dan akhirnya menjadi sulit menemukan apa yang pengguna butuhkan. Namun, penggunaan White Hat meski prosesnya lebih lambat dari Black Hat, hasil yang diperoleh website akan lebih kuat bertahan daripada menggunakan Black Hat SEO.

Dengan menggunakan White Hat juga, mesin pencari akan memberikan peringkat pada konten-konten yang dianggap relevan dengan apa yang penggunanya cari untuk setiap kata kunci. Ini karena mesin pencari memastikan algoritmanya hanya memberikan peringkat pada konten yang berkualitas tinggi dan bersifat relevan dengan kata kunci yang mereka cari.

Selain itu, pemilik website juga akan diuntungkan karena mendapat peringkat tanpa menggunakan teknik yang salah dan merugikannya, serta akan menghasilkan pencarian organik untuk konten-konten lain yang saling terhubung dari satu konten ke konten lain. Sehingga pengguna akan menjelajah website Anda dan menghasilkan traffic yang bagus untuk website.

Baca juga: Tingkatkan Jumlah Traffic pada Website Menggunakan Meta Description

Teknik White Hat SEO

Membangun reputasi website yang kuat terlebih dengan cara yang benar seperti menggunakan teknik White hat ini memang memerlukan waktu yang lama. Namun dengan jangka waktu yang panjang ini, hasil yang akan didapat juga akan menguntungkan untuk website Anda. Berikut adalah beberapa teknik White Hat SEO yang dapat Anda terapkan untuk website Anda.

Menyajikan konten yang berkualitas

Penghasil prospek bagus pada website adalah isi konten. Jadi jangan membuat konten untuk mesin pencari, tetapi buatlah konten untuk dinikmati pengguna yang mencari informasi. Karena konten yang disukai pengguna pasti disukai juga oleh mesin pencari. Dengan menyajikan konten yang berkualitas dan relevan, pengguna akan menjadikan konten di website Anda sebagai referensi atas tindakan selanjutnya dalam proses pembelian produk yang Anda tawarkan.

Penting bagi pemilik website untuk memikirkan bagaimana menyajikan konten marketing yang tajam dan relevan bagi audiens. Perhatikan kualitas konten seperti konten unik dan original, kata kunci yang efektif dan relevan, penggunaan internal link dan eksternal link, serta desain visual yang tidak mengganggu kenyamanan pengguna. Konten yang seperti ini akan jauh lebih mudah membuat tautan alami, karena sesuai dengan apa yang audiens cari.

Memuaskan pengalaman pengguna

Mempunyai pengalaman pengguna yang menyenangkan adalah tujuan mesin pencari memberikan peringkat pada situs web. Niat pengguna saat mencari suatu kata kunci tertentu adalah ingin mengetahui informasi tentang kata kunci tersebut, dan ketika pengguna mendapatkan informasi yang dicari maka mereka akan menandai website Anda sebagai situs yang membantunya memecahkan masalah pengguna. Dengan begitu, website Anda juga akan mendapatkan nilai plus dari mesin pencari karena telah memberikan apa yang pengguna cari dan pengguna memiliki pengalaman yang menyenangkan terhadap website Anda. 

Untuk dapat menghasilkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, terdapat beberapa strategi yang dapat dicoba untuk memuaskan hati pengguna, seperti:

  • Mengetahui tentang audiens Anda dan apa yang dicari audiens
  • Mengoptimalkan konten agar relevan dengan kata kunci tertentu
  • Menggunakan video dan gambar yang sesuai 
  • Menggunakan tampilan yang user-friendly

Jadikan situs web Anda user-friendly dan mobile-friendly

Dengan berkembangnya teknologi perangkat mobile saat ini, tidak memungkinkan bahwa banyak pengguna yang menggunakan ponsel untuk mengakses internet dan mencari informasi tertentu di mesin pencari. Ini berarti penting bagi pemilik website untuk mengoptimalkan tampilan websitenya untuk dapat dilihat dari perangkat mobile seperti ponsel cerdas atau smartphone. Buat tampilan website Anda menjadi mobile-friendly dan tentu saja user-friendly. Pengguna tidak menyukai tampilan website yang navigasi websitenya tidak ramah dan sulit untuk digunakan.  

Pembuatan tautan yang murni jangan membeli

Halaman website yang mendapat peringkat teratas di mesin pencari akan memiliki jumlah backlink yang layak sehingga halamannya dapat sampai di posisi tersebut. Pembuatan tautan ini sangat penting jika Anda ingin memiliki halaman website yang berperingkat untuk kata kunci tertentu. Namun diperlukan kesabaran saat membangun tautan karena dibutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar. Inilah sebabnya banyak sekali orang yang beralih dari pembuatan tautan ke pembelian tautan. 

Anda tidak perlu membeli tautan, karena hal tersebut termasuk pelanggaran dan merupakan teknik Black Hat yang seharusnya dihindari. Jadi alternatifnya adalah membangun tautan secara bertahap, bukan dengan membelinya. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun tautan yang berhasil:

  • Dapatkan postingan tamu dengan benar
  • Telusuri tautan yang rusak
  • Membuat infografis yang menarik
  • Menyematkan link halaman web Anda di kolom komentar blog 

Baca juga: Cara Optimasi Website Anda Agar Ramai Pengunjung

Namun, saat Anda menggunakan cara di atas, perlu diperhatikan bahkan dihindari beberapa hal berikut:

  • Memasang tautan aneh ke pos tamu seperti ditempatkan secara tidak wajar, menyematkan halaman produk yang tidak masuk akal, dan lain-lain 
  • Meninggalkan komentar blog dengan link halaman web Anda disertai kata-kata yang dapat menyinggung atau menyakiti pihak lain
  • Tautan PBN (Private Blog Networks)

Dengan mencoba cara tersebut dengan memperhatikan hal-hal yang harus dihindari, Anda akan merasakan manfaat dari tautan yang telah Anda bangun secara alami. Akhirnya Anda akan mendapatkan profil tautan balik atau backlink yang sangat alami.

Menghindari spam 

Saat Anda mencoba untuk membangun tautan dengan menggunakan teknik penjangkauan, pastikan bahwa link yang Anda gunakan dan yang dibagikan bukan merupakan spam. Lantas, bagaimana agar tidak terlihat seperti spam? Inilah pentingnya menggunakan teknik White Hat SEO yang benar agar terhindar dari spam, yakni:

  1. Bagikan kepada audiens yang tertarget. Jika menggunakan email marketing, kirimkan penawaran Anda kepada audiens yang kemungkinan besar akan merasakan manfaat dari penawaran yang Anda kirim. Anda dapat mengirimkan berbagai jenis penawaran yang berbeda kepada jenis audiens yang berbeda pula, seperti audiens baru, konsumen loyal, konsumen penyuka diskon, dan lain-lain.
  2. Sesuaikan tautan yang Anda jangkau dengan mempersonalisasikan setiap penjangkauan untuk setiap penerima yang berbeda.
  3. Bangun hubungan, terlibat dengan audiens dengan meluangkan waktu Anda. Hubungan yang berkelanjutan dapat membangun banyak manfaat seperti jaringan bisnis, kemitraan, dan lain-lain.

Mesin pencari akan paham bahwa website Anda ingin mendapatkan peringkat di halaman awal mesin pencari. Itu sebabnya Anda membuat konten fresh yang relevan dengan audiens bisnis Anda. Menggunakan cara yang benar dengan memanfaatkan teknik White Hat akan mengutamakan kenyamanan pengguna saat mencari sebuah informasi. Meski memerlukan waktu dengan jangka panjang, namun hasilnya akan bermanfaat bagi website Anda. Terlalu banyak resiko saat Anda mencoba cara pintas seperti Black Hat. Saat Anda menggunakan White Hat, Anda sedang maraton, bukan sprint.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?