hati-hati dengan teknik SEO black hat ini!

Hati hati! Ini Dia 9 Black Hat SEO yang Harus Dihindari

Banyak pemilik website yang masih menggunakan teknik SEO black hat hari ini. Teknik black hat digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web dan visibilitas website Anda di mesin pencari namun dengan melalui jalan pintas yang salah. Ya benar, black hat ini salah satu cara yang salah dan melanggar aturan algoritma dan pedoman, namun masih banyak yang menggunakan tekniknya. Jadi pikirkan dua kali sebelum Anda terlibat dalam teknik ini. Teknik black hat dapat menjatuhkan nilai SEO yang sebelumnya telah Anda usahakan dan optimasi secara maksimal.

Apa itu Teknik SEO Black Hat?

Teknik SEO black hat merupakan teknik yang digunakan untuk membantu meningkatkan peringkat situs web dengan cara yang melanggar aturan dan pedoman mesin pencari. Ini karena, teknik black hat memanipulasi algoritma mesin pencari agar dapat memberikan peringkat di situs web Anda pada mesin pencari. Sehingga, jika ketahuan situs Anda menggunakan teknik black hat, situs web Anda akan dihukum yang berakibat pada posisi peringkat web Anda menjadi lebih rendah dan penurunan angka traffic website organik.

Beberapa orang memilih menggunakan teknik SEO black hat daripada white hat karena black hat dapat meningkatkan visibilitas pencarian lebih cepat, lebih terjangkau dan tentunya lebih mudah, sehingga teknik tidak bermoral ini masih digunakan hingga hari ini. Padahal dalam jangka panjang, black hat lebih merugikan SEO Anda daripada menguntungkan. Hindari menggunakan black hat, lebih baik mencari cara yang lebih tepat untuk mengoptimasi situs web Anda.

Resiko & Alasan Menghindari Black Hat

Penggunaan teknik SEO yang salah, akan menimbulkan resiko bagi website Anda. Meski kenyataannya masih ada dan selalu ada yang menggunakan teknik tidak etis ini, diharapkan Anda tidak akan pernah tertarik untuk mencoba teknik ini. Teknik black hat faktanya tidak membantu pengguna dan pemilik website.

Resiko yang dapat dirasakan saat menggunakan black hat adalah mesin pencari seperti Google akan menghapus situs web Anda dari indeks Google karena dianggap sebuah tindakan spam oleh algoritma mesin pencari. Sehingga tidak akan mungkin lagi situs web Anda akan muncul di hasil pencarian Google serta seluruh mitra Google manapun. 

Teknik SEO black hat dapat membahayakan situs web dan brand Anda dalam berbagai cara, berikut ini alasan mengapa Anda harus menghindari menggunakan black hat,

  1. Black hat dapat menyebabkan peringkat pencarian yang lebih rendah dan bahkan dapat menyebabkan situs web dihapus dari seluruh hasil pencarian. 
  2. Black hat hanya menciptakan keuntungan jangka pendek, namun sudah dipastikan bahwa teknik ini sangat merugikan website Anda. 
  3. Black hat menciptakan pengalaman yang buruk bagi pengunjung website. 

9 Teknik Black Hat SEO yang Harus Dihindari

Bagi pemula, SEO seringkali sulit untuk mengetahui teknik mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan. Sehingga penting untuk Anda mengetahui dasar-dasar SEO yang baik dan benar sesuai pedoman yang berlaku yang telah ditetapkan oleh mesin pencari. Ada banyak sekali teknik SEO yang lebih baik dan lebih menguntungkan website Anda, daripada menggunakan teknik black hat. Berikut ini adalah 9 teknik yang dianggap melanggar pedoman Google, yang tidak boleh Anda gunakan untuk SEO website Anda.

1. Membuat konten berkualitas rendah

Pengguna dan mesin pencari lebih memilih situs web yang memiliki banyak konten berkualitas tinggi. Konten yang berkualitas tinggi tidak mudah untuk untuk dibuat, perlu riset yang serius dan mungkin perlu anggaran yang tidak murah untuk dibuat. Banyak pengguna black hat mencoba mengalahkan sistem dengan menerbitkan banyak konten berkualitas rendah, bernilai rendah, dan murahan. Jadi untuk memenangkan peringkat di mesin pencari, buatlah konten SEO yang relevan dan berkualitas untuk pembaca yang membutuhkan konten yang mereka cari.

2. Keyword yang spam dan konten yang duplikat

Tindakan menggunakan keyword secara berlebihan dalam konten Anda untuk membuat mesin pencari memberi peringkat halaman untuk target kata kunci tertentu juga dapat dianggap sebagai teknik black hat. Selain keyword yang spam, konten yang duplikat di beberapa halaman situs web dalam upaya untuk menarik mesin pencari juga termasuk black hat. Kedua teknik ini umumnya bertentangan dengan pedoman mesin pencari. Gunakanlah teknik pengoptimalan keyword yang terukur dan periksa konten Anda, pastikan Anda tidak menduplikat konten Anda untuk memastikan halaman Anda mengirimkan sinyal yang sesuai ke mesin pencari.

3. Penyelubungan

Cloaking atau penyelubungan adalah teknik SEO yang digunakan untuk mengelabui mesin pencari agar dapat memberikan peringkat untuk istilah penelusuran tertentu, padahal isi konten yang ditampilkan tidak terkait dengan konteks laman web yang dimasukan di mesin pencari. Penyelubungan menunjukkan satu bagian konten kepada pengguna sambil menunjukkan bagian konten yang berbeda ke mesin telusur.

4. Menggunakan redirect (pengalihan) yang menyesatkan

Pengalihan palsu merupakan trik black hat untuk menyesatkan pengguna dan mesin pencari. Pengalihan ini mengarahkan pengguna dan mesin pencari ke halaman yang berbeda atau dapat juga halaman berkualitas tinggi dialihkan ke halaman berkualitas rendah untuk dapat meningkatkan peringkat halaman berkualitas rendah di mesin pencari.

5. Membeli backlink

Mendapatkan tautan dari situs berkualitas tinggi yang mengarah ke situs Anda adalah teknik SEO yang dapat meningkatkan peringkat pencarian. Hal ini bisa didapat dengan cara yang organik tetapi lebih seringnya orang menjadi tidak sabar dan mereka membayar sebuah situs web untuk menautkan situs web mereka di situs web yang telah mereka bayar.

6. Menggunakan link farm & jaringan blog pribadi

Link farm dan jaringan blog pribadi adalah dua cara lain yang termasuk dalam teknik black hat untuk membangun tautan secara cepat dan anorganik. Cara ini dapat berupa, pemilik website menggunakan atau membayar jaringan situs web yang dibuat semata-mata untuk menautkan ke situs atau halaman yang ingin ditingkatkan peringkatnya di mesin pencari.

7. Spamming komentar blog

Selain membeli dan membayar tautan link agar situs atau halaman mereka dapat meningkat peringkatnya, mengomentari posting blog orang lain dengan tautan ke situs web mereka secara berlebihan atau spam juga dapat dianggap kegiatan black hat.

8. Menyalahgunakan data terstruktur

Data terstruktur atau markup skema adalah kode yang ditambahkan ke halaman web untuk memberitahu mesin pencari informasi apa yang akan ditampilkan di halaman hasil penelusuran. Teknik black hat dapat memanipulasi data terstruktur tersebut untuk membuat mesin pencari menampilkan informasi palsu dalam hasil pencarian.

9. SEO negatif atau pelaporan palsu

SEO negatif adalah teknik yang digunakan para pengguna nakal untuk membuatnya terlihat seperti situs yang terlibat black hat. Tujuan dari teknik ini adalah untuk membuat pesaing dihukum oleh mesin pencari dan membuatnya seolah-olah situs lain terlibat black hat. Jadi intinya tindakan ini salah, karena mereka melaporkan sebuah situs web pesaing ke mesin pencari atas tuduhan black hat, padahal belum tentu situs web tersebut benar-benar menggunakan teknik black hat.

Kapan & Cara Melaporkan Website yang Menggunakan Teknik SEO Black Hat

Ada kalanya Anda melaporkan situs web yang bertentangan dengan pedoman mesin pencari. Namun, agar tidak menjadi laporan palsu dan membuat Anda menjadi orang jahat, ketahui kapan Anda harus melapor. Anda mungkin ingin mengajukan laporan saat Anda melihat:

– Situs yang terlibat dalam teknik SEO black hat, seperti 9 teknik yang telah dijelaskan di atas

– Hasil halaman web peringkat teratas berisi keyword yang spam 

– Situs web lain yang terlibat dalam teknik SEO negatif terhadap situs web Anda

– Situs web lain telah salah melaporkan Anda

Jika Anda menemui teknik SEO black hat atau mendapat pelaporan palsu bahwa situs web Anda black hat, Anda dapat mengajukan keluhan melalui laporan webspam Google, atau tolak tautan balik dengan alat yang tersedia di Google untuk memberitahu mesin pencari bahwa situs Anda telah dilaporkan oleh situs jahat yang ingin menjatuhkan Anda dengan memastikan bahwa Anda benar-benar tidak menggunakan teknik black hat. Anda juga dapat melaporkan teknik SEO black hat ini melalui fitur penghapusan konten di Bing.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan SEO jangka panjang dan dapat membangun kepercayaan pengguna, hindari penggunaan teknik SEO black hat. Berpegang teguhlah pada teknik SEO terbaik yang etis, berkelanjutan untuk SEO, serta sesuai dengan kaidah dan pedoman yang berlaku di mesin pencari.