cara memenangkan SEO - pexels.com

Cara Kerja SEO dan Cara Memenangkan SEO Terbaru 2022!

Optimisasi mesin pencari atau SEO mengacu pada proses meningkatkan traffic organik situs web Anda dan membuat peringkat di mesin pencari seperti Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. Sehingga penting untuk diketahui bagaimana cara kerja SEO dan cara memenangkan SEO khususnya di tahun 2022 ini.

Pentingnya SEO Bagi Suatu Website

memenangkan SEO - unsplash.com

SEO adalah strategi mengoptimasi situs web agar mesin pencari seperti Google, merekomendasikan konten atau website Anda kepada pengguna sebagai solusi terbaik untuk masalah mereka. Ini berarti, menjaga konten Anda tetap up to date, membuat keyword tertarget yang relevan, mendapat backlink yang relevan ke situs Anda, dan lainnya penting dilakukan sebagai strategi dari pengoptimalan situs web atau SEO.

Optimasi website yang berhasil akan membawa traffic gratis ke situs Anda. Karena laman web Anda akan muncul di bagian atas SERP sebagai jawaban untuk pengguna saat saat mereka mencari pertanyaan. Selain itu Anda tidak perlu membayar kepada mesin pencari untuk setiap laman yang mereka klik karena itu bersifat organik tanpa iklan. Meskipun traffic berbayar dan organik dapat sama-sama menjadi efektif, tapi akan lebih menguntungkan untuk tetap memenangkan SEO dari traffic yang organik. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk mengiklankan konten dan website Anda. Cukup dengan membuat konten berkualitas tinggi dan secara konsisten, SEO yang berhasil akan membuat website Anda tetap berada di halaman pertama.

Cara Kerja Mesin Pencari

Untuk mengumpulkan informasi di halaman web, bot mesin pencari menjelajah dan menyortir dari halaman ke halaman melalui tautan di berbagai macam situs untuk membuat indeks. Algoritma mesin pencari kemudian meninjau indeks berdasarkan ratusan faktor peringkat, untuk menentukan halaman mana yang akan muncul di halaman pertama hasil mesin pencari (SERP), ketika pengguna mengetikkan kata  tertentu. Ini bertujuan untuk memberi solusi atau jawaban yang yang paling bermanfaat, relevan, dan kredibel bagi penggunanya ketika mencari sesuatu.

Jadi faktor penting strategi SEO agar terlihat oleh mesin pencari adalah dengan memperhatikan keyword atau kata kunci; perhatikan apa yang dicari oleh audiens potensial Anda; serta membuat konten yang relevan, akurat, dan konsumable bagi pengguna. Dan inilah yang dimaksud dengan strategi SEO. SEO adalah sarana Anda untuk mempresentasikan konten Anda ke mesin pencari sedemikian rupa, sehingga yakin bahwa solusi Anda adalah solusi yang paling membantu, paling dapat dipercaya, dan paling tepat bagi penggunanya. Singkatnya, yakinkan mesin pencari untuk merekomendasikan konten atau website Anda sebagai jawaban atau solusi. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara memenangkan SEO agar mesin pencari membuat laman website Anda berada di halaman pertama pencarian.

Cara Memenangkan SEO Agar Halaman Ranking di Mesin Pencari

Bagian ini sebenarnya telah dijelaskan secara singkat pada poin sebelumnya. Dan pada bagian ini akan dijelaskan cara memenangkan SEO atau meningkatkan peluang, agar laman Anda direkomendasikan oleh mesin pencari sebagai jawaban yang sesuai, relevan, dan bermanfaat untuk pertanyaan yang diajukan oleh pengguna.

Cara memenangkan SEO secara teknis

  • Crawling: mesin pencari harus mendapatkan akses menuju halaman Anda dan mudah mencerna konten Anda. Istilah menjelajah dan menyortir pada dasarnya berarti mengakses dan membaca setiap halaman web melalui URL yang mereka dapatkan. Jika mesin pencari tidak dapat mengakses konten Anda, mesin pencari tidak dapat menampilkan laman Anda dalam hasil penelusuran. Proses mesin pencari menjelajah, mencari, mencocokan ini lah yang disebut dengan crawling.
  • Indexing: indexing adalah proses ketika mesin pencari mengatur penyimpanan konten yang ditemukan saat proses crawling berlangsung. Sehingga saat pengguna mencari keyword tertentu, mesin pencari akan mudah memunculkan situs yang relevan dengan apa yang pengguna cari. Setelah mesin pencari melihat dan menemukan halaman Anda, pastikan Anda ingin menampilkan halaman yang relevan, akurat dan sesuai dengan judul konten, kepada pengguna. 
  • Site architecture: pengaturan situs seperti membuat kategori konten dan memasukkan tautan internal yang mengarah ke halaman lain, perlu untuk Anda pertimbangkan. Ini agar memudahkan mesin pencari menavigasi setiap halaman di situs Anda. Dengan begitu, mesin pencari akan mudah menghubungkan laman-laman terkait, yang ada di situs web Anda. Situs yang saling terhubung dengan mudah akan memberikan pengalaman yang bagus bagi pengguna. Dengan sukanya pengguna dengan situs web Anda, otomatis situs web Anda menjadi disukai oleh mesin pencari juga.
  • Markup skema: faktor ini pada dasarnya adalah sebuah kode. Markup skema menjelaskan konten Anda ke mesin pencari dengan cara yang dipahaminya, sehingga mudah dicerna dan dipahami. Kode ini digunakan agar situs web Anda dapat menampilkan informasi singkat yang informatif di SERP. Dengan begitu, hasil pencarian dapat menampilkan laman yang memang sedang dicari dan dibutuhkan oleh pengguna. Jadi, prosesnya dapat lebih akurat dan cepat. Anda dapat menguji markup skema di schema.org.
  • Kecepatan: website yang memuat suatu halaman begitu lama, akan membuat pengguna menjadi menunggu, dan mereka membenci hal itu termasuk mesin pencari. Jadi, pastikan setiap halaman harus cepat. Mesin pencari ingin merekomendasikan halaman yang lebih cepat kepada penggunanya, karena ingin memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. 
  • Mobile-friendly: setiap halaman di situs Anda harus ramah seluler. Pengguna harus dapat mengkonsumsi konten Anda dengan mudah saat mereka membukanya di perangkat seluler. Mesin pencari mengevaluasi konten Anda sesuai dengan kinerjanya di berbagai macam perangkat, jadi Anda harus memastikan dengan benar bahwa konten Anda dapat dimuat di perangkat manapun termasuk perangkat seluler. 
  • User interface: mesin pencari ingin merekomendasikan situs yang menarik bagi pengguna, baik dalam desain maupun kenyamanan saat penggunaannya. Permudah navigasi situs Anda dengan menyediakan kolom pencarian langsung, membedakan konten berdasarkan kategori tertentu, dan tentunya dengan tampilan yang menarik.

Cara memenangkan SEO secara isi konten

  • Utamakan untuk pembaca daripada mesin pencari. Apapun yang pembaca atau pengguna sukai, maka mesin pencari juga akan menyukainya. Anda dapat memberikan konten yang relevan, akurat, dan bermanfaat bagi pembaca agar mereka merasa bahwa masalahnya terjawab saat mereka membuka laman web Anda. Buat mereka betah berada di situs web Anda.
  • Masukan link ke situs terpercaya lainnya. Selain link internal yang dapat Anda masukkan dalam konten Anda, Anda juga dapat memasukkan link eksternal terpercaya milik situs web lain. Namun, Anda perlu memperhatikan eksternal link ini karena memuat eksternal link yang terlalu banyak juga tidak baik. Mesin pencari akan membacanya sebagai spam dan web Anda dianggap menjual banyak link. Jadi gunakan seperlunya dan tidak terlalu sering. 
  • Menulis meta description yang unik dan relevan untuk setiap halaman. Selain mengandalkan judul, Anda juga dapat memanfaatkan meta description untuk membantu web Anda mendapatkan traffic. Ini karena, meta description membantu Anda menuliskan deskripsi singkat tentang konten yang akan Anda bahas. Sehingga, ini akan memudahkan pengguna untuk mengetahui apakah konten Anda adalah konten yang mereka cari.
  • Gunakan URL yang sederhana. Buat URL yang sederhana untuk konten Anda, karena akan memudahkan tampilan URL saat laman Anda dibagikan oleh pengguna. Bayangkan jika Anda menggunakan URL yang panjang, banyak memuat angka dan huruf yang tidak beraturan, pengguna akan kesal melihatnya dan mengurungkan niatnya untuk membagikan konten Anda karena URL yang Anda buat terlalu panjang dan tidak jelas. Anda dapat membuat URL yang sesuai dengan judul konten Anda dan memisahkan setiap kata menggunakan tanda pemisah garis (-).
  • Gunakan alt text yang tepat di gambar. Saat membuat konten, tentu Anda menggunakan gambar tertentu yang berkaitan dengan konten Anda. Untuk memperkuat nilai SEO pada laman, Anda dapat menggunakan kata yang sama pada keyword di konten Anda untuk digunakan di alt text pada gambar. Alt text ini membantu mendeskripsikan gambar yang dimuat di suatu halaman.
  • Publikasikan konten secara konsisten. Memproduksi konten yang unik dan menarik merupakan tantangan bagi sebagian besar konten marketing. Namun, Anda harus disiplin dalam hal pembuatan konten. Konten unik adalah salah satu faktor yang mempengaruhi skor peringkat mesin pencari untuk web Anda. Cara termudah untuk mengoptimalkannya adalah dengan membuat konten secara konsisten. Jika Anda telah memilih untuk memasarkan bisnis Anda secara daring, maka membuat posting blog yang unik dan bermanfaat adalah suatu keharusan.  
  • Terus berlatih tentang bagaimana cara kerja SEO dan bagaimana cara memenangkan SEO

Semoga pembahasan tentang cara kerja dan cara memenangkan SEO ini bermanfaat. Jika Anda memahami dan mempelajari pembahasan di atas, Anda akan menuju peringkat yang lebih tinggi dan mendapat banyak traffic. Belajarlah untuk fokus dan membuat konten yang relevan, akurat dan bermanfaat bagi pengguna. Saat membuat konten, pikirkan tentang kualitas, bukan kuantitas dan jangan lupa untuk membuat halaman web Anda mobile-friendly. Terus update pengetahuan Anda mengenai cara memenangkan SEO, karena mesin pencari memiliki algoritma penilaian tersendiri.