alasan menggunakan facebook ads - unplash.com

Ketahui 7 Alasan Menggunakan Facebook Ads

Social Media sampai saat ini masih menjadi cara yang tepat dalam meningkatkan eksposur serta traffic untuk bisnis Anda. Selain itu, adanya sosial media bagi bisnis bisa menciptakan adanya pelanggan setia dan bisa menghasilkan prospek serta penjualan yang bagus. Terdapat berbagai tips membuat konten marketing yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan bisnis dalam beberapa waktu kedepan. Salah satunya adalah penggunaan Facebook Ads, mengingat Facebook masih merajai peringkat sebagai social media yang populer di dunia.  

Facebook Ads sendiri juga sering menjadi platform pilihan bagi marketer. Mengingat banyaknya manfaat yang akan didapat saat menggunakan Facebook Ads. Anda belum yakin dengan alasan menggunakan Facebook Ads dapat membantu bisnis Anda? Mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk mengetahui alasan menggunakan Facebook Ads yang wajib diketahui.

Alasan Menggunakan Facebook Ads

Bagi pebisnis, Facebook Ads adalah platform marketing yang familiar. Karena Facebook Ads membantu pebisnis mengiklankan produk atau brand yang ditawarkan. Dengan hadirnya Facebok Ads tentu menjadi peluang, karena mampu meningkatkan hasil penjualan. Namun bukan hanya itu saja alasan menggunakan Facebook Ads sebagai media pemasaran, ada beberapa alasan lain yang membuat penggunaan Facebook Ads ini menarik. Berikut adalah 7 alasan menggunakan Facebook Ads:

Banyak orang menghabiskan waktunya di Facebook

alasan menggunakan facebook ads - pexels.com

Berdasarkan data dari Statista, tahun 2021 ini sudah ada pengguna aktif bulanan lebih dari 2,85 miliar dari seluruh dunia. Sebagian besar dari pengguna juga pasti akan membaca feed Facebook mereka beberapa kali perhari. Oleh karenanya, salah satu alasan menggunakan Facebook Ads ini Anda bisa mendapat pelanggan maupun calon pelanggan lebih muda karena ada banyak pengguna menggunakan Facebook tersebut.

Facebook Ads lebih murah

Selain karena ada banyak yang menggunakan Facebook tiap harinya, alasan menggunakan Facebook Ads dikatakan lebih murah. Mengingat jika memasang iklan di koran maupun media online, Anda akan dikenakan biaya yang lebih banyak. Dan Facebook Ads sendiri juga membolehkan Anda beriklan mulai 5 ribuan saja. Semakin banyak jumlah target yang Anda inginkan, akan semakin banyak biaya yang akan dikeluarkan. Jadi hal ini juga tergantung dengan Anda dalam menggunakannya.

Lebih mudah digunakan dan hasil cepat

Kenapa Facebook Ads dikatakan lebih mudah digunakan? Hal ini karena nantinya Anda akan dipandu dengan bahasa yang mudah dipahami. Dengan beberapa klik sana, Anda pun langsung dapat beriklan dibeberapa tempat, dari Facebook, Instagram, messenger, sampai Audience Network juga. Iklan juga bisa diatur sesuai keinginan di tampilan desktop maupun mobile. 

Walaupun memang Membuat konten yang tajam dan menarik cukup membutuhkan waktu, tapi siapa sangka jika beriklan di Facebook Ads bisa menghasilkan ROI atau Return on Investment yang cukup banyak dan bisa terjadi lebih cepat dengan iklan serta produk yang tepat.

Bisa menjangkau audiens yang lebih luas

Facebook Ads sendiri bisa menjangkau dimanapun Audiens Anda berada. Anda bisa dengan mudah menampilkan iklan kapanpun mereka embuka platform satu ini. Selain itu Anda juga bisa memasukkan iklan secara massal ke pesan mereka masing-masing. Jadi Audiens Anda bisa langsung melihat iklan tersebut tanpa harus scroll dahulu di halaman mereka. 

Dengan pengguna yang cukup banyak, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa membayangkan bagaimana luasnya audiens yang dimiliki jika Anda menggunakan Facebook Ads dalam memasarkan produk Anda. Dan kemungkinan juga pengguna Facebook terus meningkat seiring perkembangan zaman.

Facebook Ads bisa disesuaikan dengan keadaan

alasan menggunakan facebook ads - unplash.com

Facebook Ads memang telah dirancang agar dapat menarik pengunjung yang banyak, maka dari itu Facebook mempunyai berbagai format iklan untuk Anda pilih, misalnya,

  • Click to Website

Format satu ini hampir sama dengan Pay per Click atau PPC. Karena nantinya pengunjung akan bisa melihat dan mengklik di iklan tertentu jika konten yang ditunjukan menarik. Jadi sebisa mungkin buatlah iklan yang bisa membuat banyak orang berbondong-bondong mengunjungi iklan yang Anda buat

  • Event Responses

Format iklan satu ini biasanya akan dikhususkan untuk suatu event tertentu. Misalnya saat mengadakan promo, giveaway, dan semacamnya.

  • Website Conversions

Dengan format ini, maka iklan Anda di Facebook bukan hanya akan muncul dengan tombol like saja, tetapi Audiens bisa langsung diarahkan pada website bisnis yang dimiliki serta melihat produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, akan ada semakin banyak peluang Anda untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli.

  • Page Post Engagement

Untuk format iklan yang ini dikatakan bagus untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda. Bagaimana caranya? Yaitu Anda hanya perlu membagikan postingan foro, status, video, link website, dan semacamnya ke pengguna facebook lain. Page Post Engagement ini biasanya akan terdiri dari Like, Comment, dan Share dari pengguna yang mengunjungi iklan Anda nanti.

Jika Anda sering berbagi postingan menarik, kesempatan mendapatkan Engagement semakin besar.

Format-format inilah yang menjadikan Facebook sebagai platform online yang paling bisa menyesuaikan dan memungkinkan Anda dalam membuat iklan dengan lebih spesifik.

Terdapat berbagai format menarik

Selain format iklan yang beragam, berbagai fitur yang ada di Facebook Ads juga menarik sesuai dengan kebutuhan. Misalnya fitur Page Likes, Retargeting, Traffic, Brand Awareness, Custom Audiens, dan yang lain.

Misalnya jika Anda ingin lebih mengutamakan Brand, Anda bisa menggunakan fitur Brand Awareness, atau jika Anda mencoba untuk menaikan jumlah pengunjung, Anda dapat menggunakan fitur Traffic. Selain itu ada juga fitur bernama Insight yang berfungsi untuk mengetahui seberapa Sukses iklan yang Anda buat, apalagi nantinya Anda juga bisa mengetahui ada berapa banyak yang melihat serta menyukai iklan Anda tersebut.

Membantu menerapkan tujuan jelas

Terdapat dua jenis Facebook Ads yang bisa Anda jalankan, masing-masing dari keduanya pun juga mempunyai tujuan berbeda untuk bisnis. Jenis pertama Ada Engagement Ads, nanti anda akan melibatkan Audiens dan mendorong mereka agar bertindak serta berinteraksi dengan postingan yang Anda bagikan. Fokus iklan ini biasanya akan membantu mendapat informasi mengenai bisnis Anda.

Jenis yang kedua adalah direct response ads, bertujuan untuk mengarahkan prospek serta penjualan bisnis Anda. Dalam iklan ini akan mempunyai tawaran dan ajakan bertindak seperti call now, sign up, maupun click here. Penawaran dan bertindak ini menjadi dua komponen penting dalam direct response Ads agar bisa sukses. Jenis iklan satu ini bagus jika Anda ingin mencoba menjual produk tertentu maupun menawarkan produk baru.

Tentunya beberapa alasan menggunakan Facebook di atas dapat membuat Anda kembali memikirkan untuk menggunakannya. Mungkin saat pertama mencoba akan sedikit sulit, tapi lama kelamaan Anda pasti akan terbiasa dan bisa menggunakannya serta mendapat banyak customers baru.  Penting bagi Anda untuk mengetahui alasan menggunakan Facebook Ads, agar Anda terbiasa dan akhirnya merasa mudah untuk menggunakan Facebook Ads. Selamat mencoba!