Cara Optimasi Website Anda Agar Ramai Pengunjung

optimasi website

Sudahkah Anda Melakukan Optimasi Website yang Benar?

Saat ini penggunaan website bukan hanya sebagai platform untuk menulis, tetapi juga digunakan untuk berbisnis. Dengan menggunakan website, sebuah brand akan menunjukkan keseriusan mengenai bisnis yang dijalankan. Biasanya, tingkat kepercayaan konsumen akan meningkat jika calon penjual memiliki website resmi untuk melakukan proses transaksi. Meski belum pasti setiap pengguna yang mengunjungi website mereka selalu menjadi pembeli, tapi setidaknya website memberikan banyak informasi penting seputar brand atau produk yang ditawarkan. Ini akan menjadi pertimbangan yang akan membantu pemilik bisnis mendapatkan pelanggannya. Inilah pentingnya melakukan optimasi website milik Anda, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.

Baca juga: Perlukah Membuat Website untuk Bisnis Anda 

Begini 6 Tips Optimasi Website yang Wajib Anda JalankanOptimasi Website

1. Tawarkan Produk yang Menarik dan Berkualitas

Mungkin produk atau jasa yang Anda tawarkan memiliki kesamaan yang serupa dengan pesaing Anda. Namun dengan penawaran yang berbeda, produk atau jasa yang Anda tawarkan akan menjadi lebih unggul daripada pesaing Anda. Anda dapat menawarkan sesuatu yang baru dan menarik dibandingkan dengan yang sudah ada di pasaran. Selain itu, harus memiliki kelebihan juga kualitas yang lebih baik dari produk atau jasa lain yang ditawarkan.

Pasarkan produk atau jasa Anda dengan cara yang unik dan beda dari yang lain agar dapat mendapat perhatian dari calon konsumen. Menawarkan cara unik bisa dengan potongan harga untuk setiap pembeli baru atau bisa juga dengan memberikan cashback bagi pelanggan lama Anda sebagai cara mempertahankan konsumen Anda. Dengan puasnya pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda, maka produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa menjadi rekomendasi bagi pelanggan lain. 

2. Memahami To Do List SEO

to do list seo

SEO merupakan elemen penting dalam penulisan artikel secara daring. SEO juga merupakan bagian utama dalam optimasi website. Teknik SEO yang Anda gunakan di website akan membantu Anda muncul di peringkat atas mesin pencarian di internet. Dengan mengetahui cara kerja SEO yang efektif, dapat membantu Anda ditemukan oleh pengguna ketika mereka mencari topik tertentu. Semakin maksimal cara kerja SEO yang Anda manfaatkan, maka semakin mudah kemungkinan pengguna menemukan artikel Anda. Dengan penggunaan SEO yang optimal, proses optimasi website Anda akan berjalan dengan sangat baik dan akan mudah mendapatkan peringkat di mesin pencari seperti Google. Berikut ini adalah to do list SEO yang harus Anda pahami untuk mempermudah Anda melakukan optimasi website.

  • Penggunaan Kata Kunci

Ketika Anda ingin mencari suatu informasi tertentu di internet, Anda pasti memasukan satu atau beberapa kata di mesin pencari bukan? kata yang Anda ketik di mesin pencari itulah yang disebut sebagai kata kunci (keyword). Agar artikel Anda muncul di mesin pencarian, maka buatlah kata kunci yang tepat dan perhatikan tingkat persaingannya. Maka penting bagi Anda pemilik website (khususnya artikel) untuk memasukkan kata kunci yang sesuai. 

Anda dapat menggunakan Google Adwords Planner untuk melakukan riset kata kunci. Jika Anda memilih kata kunci yang tepat, peluang untuk muncul di halaman teratas mesin pencari sangat besar. Hal ini akan bermanfaat bagi website Anda karena akan mendatangkan traffic pengunjung.

  • Membangun SEO On-page

SEO On-page merupakan aktivitas yang berkaitan dengan website secara langsung dan berlangsung di dalam situs web. Selain menerbitkan konten yang relevan dan berkualitas, SEO On-page mencakup pengoptimalan kode HTML (tag judul, meta data, dll), arsitektur informasi, navigasi situs web, dan struktur URL.

  • Membangun SEO Off Page

SEO Off Page merupakan aktivitas yang terjadi di luar situs web. Selain membuat tautan (link), strategi SEO Off Page dapat mencakup pemasaran melalui media sosial, konten, email, influencer, dan bisa juga pemasaran melalui offline (misalnya, TV, radio, papan iklan). 

3. Menggunakan Desain Website yang User Friendly (Disukai Audience)

Pertama kali seseorang menilai sesuatu dari apa yang mereka lihat. Anda dapat membuat tampilan web yang menarik dan dengan navigasi yang mudah digunakan. Ini akan membuat website Anda disukai oleh pengunjung. Anda dapat memperlihatkan produk atau jasa yang Anda ditawarkan sebagai sorotan utama. Buatlah dengan desain yang responsif, artinya ketika website Anda dibuka melalui PC maupun Handphone, tampilan masih enak untuk dilihat dan tidak membingungkan. Jika website Anda disukai oleh pembaca artinya optimasi website yang Anda lakukan berhasil dengan baik. Jika Anda ingin menghemat waktu dengan proses yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website.

4. Manfaatkan Media Sosial untuk Menjaring Pengunjung

Ketika Anda sudah mendesain website sedemikian rupa, kemudian sudah diisi dengan konten-konten yang bermanfaat dan menarik, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan website Anda melalui media sosial. Ini diperlukan agar Anda dapat menarik pengunjung untuk mendatangi website Anda, sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung ke website. Anda dapat meletakkan alamat web pada bio Instagram, atau membagikannya langsung melalui postingan Facebook. Anda juga dapat mempelajari cara membangun strategi social media marketing untuk meningkatkan visibilitas media social bisnis milik Anda.

5. Memanfaatkan Iklan Berbayar

adwords untuk melakukan kampanye periklanan website

Anda pasti pernah melihat iklan yang menarik suatu brand, entah itu di televisi, atau di media cetak, juga di media sosial. Menggunakan fitur iklan juga dapat menjaring pengunjung datang ke website Anda. Ini merupakan metode yang biasa digunakan oleh pebisnis untuk mengajak konsumennya berkunjung ke website mereka. Menggunakan iklan terlebih dengan menampilkan iklan yang menarik, tentu akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan website Anda. Beberapa platform kampanye beriklan yang dapat Anda coba seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya.

6. Rajin Membuat Konten Website

Setelah semua langkah di atas sudah Anda lakukan, bukan berarti tugas Anda untuk website berakhir sampai di sana. Anda masih harus melakukan kegiatan jangka panjang, yakni membuat konten secara konsisten. Anda perlu untuk selalu memperbaharui informasi yang ada pada website Anda. Sangat disayangkan ketika ada pelanggan yang berkunjung ke website Anda, namun website Anda tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Kepercayaan pelanggan kepada Anda akan sirna saat itu juga. Itu sebabnya, Anda harus selalu membuat konten di website Anda. Tidak harus dibuat setiap hari, tapi setidaknya selalu ada update terkini seputar brand yang Anda tawarkan.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Cara Membuat Website Menjadi SEO Friendly

Perlu ketelatenan untuk merawat dan melakukan optimasi website. Anda tidak dapat sekedar membuat website kemudian memasarkannya begitu saja tanpa melakukan optimasi website, tidak bisa. Anda tetap harus menjaganya agar website Anda selalu muncul di mesin pencarian untuk menghindari website Anda di banned oleh Google.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?