Jasa Digital Marketing DIFITECH

7 Langkah Memulai Bisnis dengan Digital Marketing

 

Memulai Bisnis dengan Digital Marketing

Benarkah Memulai Bisnis dengan Digital Marketing Akan Lebih Mudah?

Kemajuan teknologi yang terus berkembang membuat manusianya pun mau tidak mau harus ikut berkembang. Semuanya terasa serba digital, termasuk soal jual beli. Entah itu jual beli produk ataupun jasa, hari ini sudah merambah ke dunia digital. Era digital membantu membuka jalan bagi siapapun yang jeli melihat peluang. Tentu hal ini dapat dimanfaatkan pula untuk berbisnis menggunakan strategi pemasaran secara digital atau bisa disebut dengan digital marketing.

Digital marketing dapat diartikan sebagai bentuk pemasaran sebuah brand dengan menggunakan media digital. Digital marketing dapat membantu bisnis Anda menjangkau konsumen secara lebih cepat dan lebih luas. DIFITECH selaku Digital Marketing Berpengalaman akan memberikan informasi seputar digital marketing yang bisa Anda pelajari untuk memulai bisnis. 

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Digital Marketing untuk Bisa Berkembang

7 Cara Jitu untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis dengan Digital Marketing

Memulai Bisnis dengan Digital Marketing

Memulai Bisnis dengan Digital Marketing

1. Target Market

Sebelum mendigitalkan bisnis Anda, perlu melakukan riset. Riset yang dilakukan dapat membantu Anda mengetahui kepada siapa bisnis Anda akan ditawarkan, produk atau jasa apa yang akan Anda tawarkan, bagaimana Anda bisa memberikan solusi atas permasalahan konsumen Anda, dimanakah Anda memasarkan produk atau jasa Anda, siapa pesaing Anda, berapa harga pasar produk atau jasa yang akan Anda tawarkan, kualitas yang dibutuhkan konsumen Anda seperti apa, dan lain-lain.

Sebagai contoh, kami DIFITECH. Kami memilih market para pelaku bisnis, produk Kami adalah jasa digital marketing, dan Kami dapat membantu para pelaku bisnis menjalankan bisnisnya secara digital. Intinya terlebih dahulu Anda mencari permasalahannya, produk atau jasa yang Anda tawarkan adalah solusinya. 

2. Mengatur Bisnis Anda

    • Perencanaan finansial

Berbisnis bukan hanya menjual barang, namun juga bisa menawarkan jasa yang Anda miliki. Baik produk maupun jasa, keduanya harus mampu menjawab kebutuhan konsumen. Mengawali dengan bisnis kecil-kecilan juga harus mempertimbangkan soal finansial. Tidak perlu biaya yang besar tapi setidaknya Anda harus paham alur kas keuangan Anda sebelum Anda mendapatkan keuntungan.

    • Brand dan logo

Ketika Anda berencana untuk mendigitalkan bisnis Anda, maka perlu juga untuk membuat brand dan logo dari bisnis Anda. Ini akan memudahkan konsumen untuk mengingat apa yang Anda jual serta bagaimana citra perusahaan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Buat semenarik mungkin agar konsumen tertarik dan mudah untuk mengingatnya.

    • Sendiri atau membuat tim 

Rencana awal dalam mendirikan sebuah bisnis bukan suatu yang terlalu urgent untuk memikirkan apakah Anda harus berjalan sendiri atau bersama dengan tim. Jika dirasa sebagai langkah awal Anda bisa untuk menjalankannya sendiri, tidak apa-apa, pun jika bersama tim juga tidak masalah. Yang cukup Anda pastikan hanyalah, Anda siap untuk berbisnis apapun tantangannya.

3. Membuat Website

website toko online

Setelah sebelumnya semua rangkaian sudah Anda persiapkan, ini saatnya Anda mulai membawa bisnis Anda ke dalam dunia digital. Langkah awalnya adalah dengan membuat website. Dengan membangun website dapat memasarkan produk atau jasa milik Anda sendiri, pun Anda dapat mengisinya sesuai keinginan, membuat konten, hingga mengiklankannya agar website Anda diketahui konsumen.

4. Mengoptimasi Media Sosial

Sebelum memiliki bisnis mungkin Anda sudah memiliki beberapa akun media sosial pribadi. Dengan jalannya bisnis Anda, media sosial ini dapat membantu Anda memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan, selain dari web. Anda bisa mengintegrasikan antara website dan media sosial, ini dapat membantu konsumen percaya bahwa apa yang Anda tawarkan bukanlah hal yang fiktif. Selain itu, media sosial dapat membantu Anda berinteraksi dengan konsumen Anda lebih dekat.

5. Menggunakan Email Marketing

Email marketing dapat Anda manfaatkan saat konsumen mengunjungi halaman website. Anda dapat meminta konsumen untuk berlangganan dengan mendaftarkan alamat email milik konsumen. Dengan email marketing Anda dapat mengirimkan beberapa informasi menarik seputar promo, juga Anda dapat mengirimkan ucapan selamat ulang tahun disertai dengan hadiah berupa potongan harga produk atau jasa Anda. Ini akan membuat konsumen Anda merasa bahwa Anda sedekat itu dengan konsumen dan akhirnya citra brand Anda akan dikenal baik oleh konsumen Anda.

6. Menerapkan Teknik SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan hal penting yang berkaitan dengan website Anda. Ini akan membantu website Anda menang dalam peringkat pencarian di mesin pencari seperti Google. SEO menerapkan sebuah kata kunci yang nantinya ketika konsumen mencari kata kunci tertentu, produk atau jasa yang Anda tawarkan muncul di paling atas. SEO juga bisa diterapkan di konten media sosial dan konten video  Anda. Selengkapnya mengenai SEO dapat dibaca di sini.

7. Memasang Iklan Berbayar

Pada tahap ini, Anda sudah menggunakan modal untuk memasang iklan. Dengan memasang iklan, produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi lebih mudah menjangkau konsumen yang sulit Anda jangkau sebelumnya. Memasang iklan berbayar Anda juga harus memperhatikan platform mana yang akan Anda iklankan, jangan sampai budget Anda habis untuk membayar iklan tetapi traffic bisnis Anda tidak ada kemajuan.

Dengan langkah awal membuat website hingga ke proses memasang iklan berbayar, artinya Anda sudah melakukan proses pemasaran digital terhadap bisnis Anda. Butuh waktu, usaha, tenaga dan kesabaran yang cukup hingga akhirnya Anda akan bisa mendigitalkan bisnis Anda. 

Ingin memasarkan bisnis Anda secara digital tanpa ribet dan dengan biaya yang terjangkau? Jangan khawatir, DIFITECH dapat membantu memasarkan bisnis Anda. Baca artikel lain seputar dunia marketing di website DIFITECH.