menggunakan google ads - pexels.com

Menggunakan Google Ads untuk Jangkauan Iklan yang Lebih Luas

Jika Anda ingin mengeluarkan anggaran untuk beriklan, pastikan Anda beriklan di tempat dan dengan tujuan yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan Google Ads. Google Ads awalnya bernama Google Adwords, namun setelah rebranding pada 2018, namanya berubah menjadi Google Ads. Jumlah pengguna Google yang cukup banyak serta tersebar luas, maka dengan beriklan menggunakan Google Ads pasti dapat menguntungkan bagi bisnis Anda. Semakin kuat dan fokus iklan Anda, semakin banyak jumlah klik yang akan Anda hasilkan. Inilah kenapa Google Ads populer digunakan untuk menjangkau iklan yang lebih luas.

Apa itu Google Ads?

menggunakan google ads - unplash.com

Google Ads merupakan platform iklan berbayar yang membantu strategi pemasaran bisnis Anda, untuk menjangkau target pasar Anda melalui iklan. Dengan menggunakan Google Ads membantu mengarahkan traffic yang cocok ke bisnis atau produk atau layanan sesuai dengan apa yang Anda tawarkan. Dengan menggunakan iklan berbayar ini, laman Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencari saat pengguna mencari produk atau layanan di industri bisnis seperti Anda. 

Selain itu, Google Ads juga membantu menganalisis dan memperbaiki kekurangan iklan yang sebelumnya, untuk kembali diperbaiki dan ditarget agar lebih banyak jangkauan yang dapat dicapai bisnis Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa layanan Google Ads ini berbayar, jadi apabila teknik iklan yang Anda gunakan salah dan tidak tertarget, anggaran Anda akan menjadi boncos dan merugikan bisnis Anda.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Ketika Anda beriklan menggunakan Google Ads, bisnis Anda akan mengalami kemajuan. Dengan catatan, iklan yang dijalankan tepat sasaran. Ditambah dengan keadaan yang sedang pandemi, dimana hampir setengah hari kegiatan orang-orang beralih menjadi daring. Bisnis pun beralih ke bisnis digital. Dengan begitu, mengiklankan produk atau layanan di Google Ads akan membantu Anda meraih audiens bukan hanya di satu kota tapi seluruh kota di Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa hal penting yang lainnya seperti:

  • Pengguna Google yang menguasai pasar daring. Mesin pencari Google dapat menjawab semua pertanyaan Anda bukan? Mulai dari hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sampai yang berkaitan dengan jual beli produk atau layanan. Dengan banyaknya pengguna Google, sudah tentu besar juga skala pasar yang terbentuk. Melihat besarnya peluang bisnis yang dapat dicoba, tentu Anda akan semakin mendapatkan keuntungan jika beriklan di Google Ads.
  • Target audiens yang lebih spesifik. Saat beriklan, Anda dapat menentukan sendiri target audiens yang seperti apa yang ingin Anda cari dan yang sedang Anda butuhkan. Anda dapat memperluas target pasar Anda dari satu kota ke kota lain dan dapat juga dipersempit hanya di satu kota saja. Semuanya bebas Anda lakukan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Selain mengatur target audiens, Anda juga dapat mengatur keyword yang relevan, lokasi iklan akan tayang, perangkat yang akan menampilkan iklan Anda, dan mengatur kapan iklan akan tayang.
  • Mengontrol biaya. Dengan teknik dan strategi periklanan yang tepat, membuat iklan di Google Ads tidak menghabiskan banyak biaya. Anda dapat memilih berbagai layanan yang disediakan seperti PPC atau CPM, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Google Ads memberikan kebebasan terhadap cara Anda menggunakan biaya iklan dan tidak terdapat batas minimum. 
  • Mengukur dan mengelola iklan Anda sendiri. Untuk mengetahui apakah iklan yang Anda jalankan berhasil mendapatkan calon konsumen yang Anda inginkan atau tidak, Anda dapat mengukur dan mengelola iklan Anda. Anda dapat mencoba layanan dengan persyaratan atau pilihan tujuan tertentu, waktu yang singkat dan harga yang terjangkau terlebih dulu untuk mengukur kesuksesan iklan tersebut. Anda akan mendapatkan data dari iklan yang telah dijalankan berupa iklan mana yang menarik perhatian audiens.

Tips Menjangkau Iklan Agar Jangkauan Lebih Luas

Setelah mengetahui apa itu Google Ads dan keuntungan menggunakan Google Ads, langkah selanjutnya adalah bagaimana menjangkau iklan agar jangkauannya lebih luas. Berikut ini merupakan tips menjangkau iklan agar jangkauan iklan Anda lebih luas:

  • Sebelum memasang iklan

Sebelum membuat dan memasang iklan, pastikan Anda telah menargetkan audiens yang berbeda untuk pembuatan iklan yang berbeda juga. Misalnya, Anda perlu membedakan mana iklan untuk mendapatkan konsumen dan mana iklan untuk mendapatkan pengikut di platform marketing Anda. Audiens ditujukan untuk mencapai sasaran tertentu dari iklan yang Anda buat. Sehingga penting untuk membuat iklan terpisah sesuai tujuan dan kebutuhan bisnis Anda.

  • Hindari istilah kata kunci yang luas

Anda harus memperhatikan penggunaan kata kunci Anda. Inilah kenapa penting bagi Anda untuk melakukan pengujian dan penyesuaian strategi Anda pada iklan yang ingin dijalankan. Jika kata kunci Anda terlalu luas, Google akan menempatkan iklan Anda jauh dari target audiens Anda. Akibatnya Anda akan mendapatkan klik yang sedikit namun anggaran iklan yang dikeluarkan lebih banyak. Tinjau kembali kata kunci mana yang menghasilkan klik dan paling cocok dengan target audiens target Anda.

  • Jangan menjalankan iklan yang tidak relevan

Jika iklan yang Anda jalankan tidak sesuai dengan target audiens, Anda tidak akan mendapatkan perhatian mereka dan Anda kehilangan calon konsumen. Antara keyword, copy iklan dan produk yang Anda tawarkan harus cocok dengan solusi yang Anda berikan untuk permasalahan audiens. 

  • Tingkatkan Skor Kualitas Anda 

Skor kualitas Anda adalah cara Google menentukan iklan Anda berada di peringkat ke berapa. Semakin unggul peringkat Anda, semakin tinggi iklan Anda ditempatkan di halaman pencarian. Karena audiens dan calon konsumen akan lebih mudah menemukan produk atau layanan Anda. Jika skor kualitas Anda rendah, Anda akan memiliki lebih sedikit perhatian audiens pada iklan Anda. Selain itu, iklan Anda juga memiliki lebih sedikit peluang untuk berkonversi. Jadi penting bagi Anda untuk meningkatkan skor kualitas.

  • Optimalkan halaman arahan pada iklan Anda

Saat audiens melihat iklan Anda, kemudian mereka mengklik iklan tersebut, ke halaman manakan mereka dituju, ini penting untuk Anda pertimbangkan. Apakah halaman arahan dioptimalkan untuk konversi? Apakah halaman menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan audiens? Pengguna Anda harus mempunyai pengalaman transisi yang mulus, sehingga menghasilkan konversi bagi Anda.

  • Berinteraksi kembali dengan pengunjung

Manfaatkan pelanggan yang pernah berhubungan dengan bisnis Anda, untuk membuat iklan pemasaran ulang. Hal ini bertujuan untuk menunjukan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda tetap loyal kepada mereka dan mengingat mereka, karena telah berbelanja di bisnis Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi membuat iklan dengan tampilan baru untuk menjangkau dan berinteraksi kembali dengan pelanggan. Misal saat Anda telah mendapatkan konsumen pada transaksi sebelumnya, Anda dapat menghubungi mereka kembali untuk mengucapkan terima kasih telah berbelanja di toko Anda dan tidak lupa menyertakan penawaran khusus lainnya yang mungkin saja disukai oleh konsumen tersebut. 

Terakhir, Anda dapat langsung memulai iklan Anda segera mungkin jika semua aspek dalam iklan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengingat jangkauan dan kemudahannya, menggunakan Google Ads harus menjadi bagian dari strategi advertising berbayar bisnis Anda. Gunakan tips yang telah kami bahas untuk memulai dan ingat untuk menyempurnakan serta mengulanginya setiap saat. Dengan menggunakan strategi dan informasi yang tepat, Anda akan memiliki iklan yang sukses, yang akan mendorong klik dan mengonversi prospek keuntungan bisnis Anda.