9 Cara Membuat Digital Marketing Plan Agar Bisnis Lebih Fokus

marketing plan

Saat ini terdapat berbagai macam saluran dan platform digital marketing yang dapat dipilih pebisnis untuk membantu mengembangkan bisnisnya. Namun dengan banyaknya pilihan membuat pebisnis bingung, haruskah fokus terlebih dulu pada SEO atau konten marketing atau bahkan kampanye iklan? Berapa banyak usaha yang harus Anda keluarkan dan kapan Anda dapat merasakan hasilnya? Mencoba memilih opsi terbaik untuk bisnis Anda, terasa sangat membingungkan. Anda perlu mengetahui cara membuat digital marketing plan untuk mengetahui opsi mana yang lebih dahulu dapat diterapkan.

Tujuan Marketing Plan Perlu Dibuat

Digital marketing plan adalah rencana marketing di mana Anda secara strategis memetakan tujuan pemasaran bisnis Anda, serta tindakan yang akan Anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana yang jelas dapat membantu Anda menentukan strategi digital marketing yang paling efektif untuk bisnis Anda dan kemudian menerapkan strategi tersebut. Sehingga dengan mengetahui cara membuat digital marketing plan juga, dapat membantu Anda mengatur inisiatif yang dapat menghubungkan Anda dan audiens. 

Untuk mengetahui cara membuat digital marketing plan, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang mencakup tujuan bisnis, strategi digital yang akan digunakan untuk memenuhi tujuan tersebut, analisis kompetitif dalam bisnis yang Anda jalankan, anggaran, saluran digital, dan lainnya. Jadi digital marketing plan sama seperti peta, karena dapat memberikan Anda rute khusus untuk diikuti agar sampai di tempat tujuan. Inilah pentingnya mengetahui cara membuat digital marketing plan bagi bisnis Anda.

Baca juga: Mengapa Bisnis Perlu Digital Marketing untuk Berkembang?

Cara Membuat Digital Marketing Plan

membuat digital marketing plan untuk bisnis Anda

Tanpa membuat digital marketing plan yang terdefinisi dengan baik, upaya pemasaran digital Anda akan menjadi tidak efisien dan tidak efektif. Kemungkinan besar, Anda akan membuang-buang uang dan tidak merasakan dampak yang Anda inginkan. Lantas bagaimana cara membuat digital marketing plan untuk bisnis Anda? Berikut ini adalah 9 cara membuat digital marketing plan yang harus dicoba saat Anda mengembangkan strategi marketing Anda.

1. Tentukan tujuan bisnis Anda

Tujuan digital marketing plan yang jelas, terukur, dan efektif, dapat membantu Anda menentukan dengan tepat apa yang ingin Anda capai dan ukur untuk kemajuan bisnis Anda. Saat menetapkan tujuan ini, buatlah sekonkret mungkin. Anda dapat menyertakan beberapa tujuan dalam kerangka waktu tertentu, yang dapat menjadi tolok ukur kemajuan bisnis Anda.

Misalnya, dalam bulan ini Anda ingin memulai untuk meningkatkan traffic website Anda dalam jangka waktu 12 bulan ke depan dengan cara mengoptimalkan situs web, membuat konten yang lebih relevan, dan melakukan strategi SEO yang lainnya. Ini akan memberi Anda waktu bekerja untuk menetapkan strategi pencapaian serta tindakan spesifik yang dapat diambil. 

2. Menentukan segmentasi audiens melalui buyer persona

Agar kampanye marketing Anda berhasil, Anda perlu mengetahui siapa yang akan menjadi target kampanye Anda. Itulah pentingnya membuat segmen audiens dengan menggunakan buyer persona yang telah disesuaikan dengan niche bisnis Anda. Buatlah segmen yang berbeda untuk setiap target audiens yang berbeda juga. Misalnya, buat segmen giveaway untuk menjaring audiens baru atau buat segmen yang berisi promo setiap tanggal gajian untuk ditujukan bagi audiens yang telah memiliki penghasilan.

Perbedaan segmen audiens dapat ditentukan melalui buyer persona dengan melihat beberapa informasi demografis audiens Anda seperti pendapatan, lokasi, jenis kelamin, minat, pain point, dan lain-lain. Tujuan mengetahui buyer persona adalah untuk memahami target audiens Anda dan melihat sesuatu dari sudut pandang mereka. Ketika Anda memahami apa yang mereka inginkan dan mereka butuhkan, Anda akan mendapatkan cara membuat digital marketing plan yang sesuai dengan keinginan dan masalah mereka.

Baca juga: 7 Langkah Memulai Bisnis dengan Digital Marketing

3. Melakukan analisis pangsa pasar

Jika Anda ingin upaya pemasaran bisnis Anda efektif, Anda perlu tahu siapa yang menjadi pesaing dalam ceruk bisnis Anda. Anda dapat membuat analisis secara kompetitif untuk membantu Anda mengidentifikasi siapa pesaing Anda, menghitung pangsa pasar Anda, dan melihat strategi pemasaran yang mereka gunakan untuk kemudian dapat Anda analisis lebih lanjut. Analisis yang kompetitif secara menyeluruh akan memberi Anda wawasan tentang bagaimana Anda dapat menggunakan pemasaran digital untuk melampaui pesaing Anda. 

4. Lakukan analisis SWOT

Analisis SWOT terdiri dari analisis kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman. Ini membantu Anda untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan tidak, melihat potensi peluang bisnis Anda di pasar, dan bersiap menghadapi ancaman yang mungkin akan Anda hadapi. Digital marketing plan dapat membantu Anda untuk membuat daftar SWOT pada bisnis Anda. Seperti, rencana untuk memenuhi kekuatan bisnis Anda, mengurangi kelemahan bisnis Anda, menuju peluang bisnis Anda, dan menghindari potensi ancaman pada bisnis Anda.

Baca juga: 7 Tips Branding Untuk Perkuat Merek Bisnis Anda

5. Menghitung Anggaran

Langkah selanjutnya dalam cara membuat digital marketing plan yang terbaik untuk bisnis Anda adalah menghitung anggaran bisnis. Anggaran akan menentukan berapa banyak rencana yang Anda miliki untuk membelanjakan anggaran tersebut pada aktivitas pemasaran digital. Namun, tetaplah fleksibel. Sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang yang ada seperti untuk ROI SEO yang lebih besar. Jika Anda memiliki keuntungan atas pengeluaran anggaran untuk strategi marketing tertentu, maka Anda dapat terus meningkatkan anggaran selama Anda menjaga dan memastikan anggaran keseluruhan pada bisnis Anda. Dengan cara ini, anggaran bisnis Anda dapat menjadi mekanisme pendukung yang dinamis dan berkembang sesuai dengan pemasaran digital bisnis Anda.

6. Tentukan saluran digital Anda

Sebelum Anda mengembangkan strategi digital marketing, Anda harus menentukan saluran digital mana yang akan Anda gunakan. Apakah melalui social media marketing seperti Instagram dan Facebook, atau melalui website, atau bisa juga melalui email marketing. Pilihan saluran Anda perlu mempertimbangkan audiens, sasaran, dan anggaran Anda. Setelah menentukan saluran digital utama, selanjutnya adalah membuat konten yang menarik dan relevan. 

7. Mengembangkan strategi dan teknik digital marketing Anda

Setelah menentukan saluran, Anda perlu membuat rencana untuk teknik dan strategi digital marketing yang akan Anda gunakan dalam saluran tersebut. Saat Anda merencanakan strategi dan taktik digital marketing Anda, gunakan cara untuk membedakan bisnis Anda dengan pesaing. Jika Anda melakukan apa yang dilakukan pesaing, Anda akan kesulitan untuk menonjol dan menjadi unik. Semakin ramai pasar, usaha Anda untuk menarik perhatian audiens semakin besar. Apapun yang Anda lakukan untuk merencanakan strategi dan taktik pemasaran digital, jujurlah mengenai bisnis Anda. 

8. Buat kalender marketing Anda

Kalender marketing akan membantu Anda untuk memetakan dengan tepat kapan Anda akan menerapkan kampanye dan strategi pemasaran yang lainnya. Ini akan memastikan bahwa Anda telah mencapai tenggat waktu atau tidak, dan berjalan sesuai rencana atau tidak. Bersikaplah realistis saat membuat kalender editorial Anda. Beri waktu yang cukup untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan cara yang berkualitas, dan pastikan bahwa setiap hasil kerja ditetapkan dengan jelas kepada individu tertentu.

9. Ukur hasil dan KPI

Mengukur hasil strategi marketing Anda melalui metrik dan indikator kinerja utama KPI termasuk dari upaya cara membuat digital marketing plan. Jika hasilnya kurang memuaskan, sesuaikan dan optimalkan, lalu ukur lagi, dan begitu seterusnya. Anda dapat mengukur setiap saluran digital, sehingga Anda dapat mengidentifikasi apa yang paling berhasil untuk bisnis Anda, dan apa yang mungkin perlu dikurangi karena tidak efektif untuk bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?