Strategi Brand Positioning dalam Meningkatkan Keunggulan Produk

Strategi Brand Positioning dalam Meningkatkan Keunggulan Produk

Perusahaan yang sukses seperti Aqua dan Indomie memiliki kesamaan, yakni strategi branding dan strategi brand positioning yang kuat. Produk brand tersebut telah menjadi produk unggul untuk semua produk serupa di ceruk pasar mereka. Strategi penentuan brand positioning yang kuat dapat menghasilkan manfaat seperti peningkatan loyalitas pelanggan, citra yang lebih baik, dan identitas yang dapat membedakan bisnis Anda dari pesaing.

Menurut HubSpot, brand positioning merupakan proses memposisikan brand Anda di hati konsumen untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor. Sehingga konsumen memahami brand Anda dengan persepsi tertentu seperti sejauh mana brand dianggap menguntungkan, menarik, membantu menyelesaikan kebutuhan konsumen, dan terpercaya di mata konsumen.

Manfaat Brand Positioning

Brand positioning berguna untuk menarik perhatian konsumen dan tentu membentuk preferensi konsumen. Sehingga strategi yang digunakan tentu akan berkaitan dengan keloyalan konsumen dan brand equity yang berdasar pada konsumen.

Brand positioning memungkinkan perusahaan untuk membedakannya dari kompetitor. Perbedaan ini yang akan membantu brand meningkatkan brand awareness, mengkomunikasikan pesan brand, meningkatkan loyalitas konsumen, menguatkan branding, dapat menentukan kualitas dan harga produk yang sesuai pasar, serta dapat mengetahui kebutuhan konsumen melalui aspirasi yang disampaikan oleh konsumen. 

Jenis Penggunaan Strategi Brand Positioning

Saat Anda ingin menentukan bagaimana memposisikan brand Anda di pasar, terdapat beberapa pilihan brand positioning yang dapat Anda pilih. Berikut adalah beberapa strategi brand positioning yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keunggulan produk dan membedakan brand Anda dari kompetitor.

  • Strategi Pemosisian Layanan Pelanggan

Pernahkah Anda memilih produk dari brand tertentu karena pelayanan pelanggannya ramah dan membantu Anda menjelaskan produk dengan sabar? Inilah strategi brand positioning yang berbasis pada layanan pelanggan. 

Layanan pelanggan yang menonjol dapat membantu menarik perhatian konsumen meskipun harga  produk yang ditawarkan lebih tinggi dari pesaing, brand Apple misalnya. Dengan mengedepankan pelayanan unggul, pelanggan yang awalnya tidak senang dapat berubah menjadi promotor jika mereka memiliki pengalaman layanan yang memuaskan. 

  • Strategi Pemosisian Berbasis Kenyamanan

Strategi ini akan menekankan pada penggunaan produk atau layanan brand yang lebih nyaman digunakan daripada produk kompetitor. Kenyamanan yang dimaksud seperti kemudahan akses lokasi, kemudahan penggunaan, desain produk, dukungan berbagai platform marketing, dan lainnya.

Memposisikan produk atau layanan Anda sebagai yang paling nyaman, akan otomatis menarik konsumen yang menyukai kemudahan. Untuk menggunakan strategi ini, Anda perlu memastikan apakah produk Anda benar-benar nyaman untuk memenuhi harapan kenyamanan konsumen Anda.

  • Strategi Pemosisian Berbasis Harga

Sebuah brand yang menggunakan strategi ini, mempresentasikan produk atau layanannya sebagai pilihan yang paling terjangkau dibanding kompetitornya. Dengan memposisikan produk sebagai yang paling terjangkau di pasaran, Anda dapat menghasilkan basis konsumen yang besar karena tidak ada yang tidak menyukai harga murah. Menawarkan harga terendah adalah cara mudah untuk mendapatkan hati konsumen.

Tetapi perlu diketahui bahwa strategi ini memiliki risiko seperti, memberikan kesan bahwa kualitas produksi yang lebih rendah dibanding dengan yang lain serta mungkin juga akan mengalami masalah ekonomi yang dapat menghambat brand Anda dari waktu ke waktu. Selain itu, penentuan posisi berdasarkan harga juga dapat memicu perang harga.

  • Strategi Pemosisian Berbasis Kualitas

Brand menggunakan strategi ini ketika ingin menekankan kualitas produk. Kualitas suatu produk dapat ditunjukkan melalui keahlian produksi yang unggul, produksi dalam jumlah terbatas, bahan berkualitas tinggi, dan bahkan bersifat berkelanjutan yang membuat harganya menjadi lebih mahal untuk diproduksi. Kualitas layanan dapat ditunjukkan melalui bukti hasil akhir yang luar biasa, ROI yang tinggi, dan testimoni pelanggan yang memuaskan.

Pembeli yang sadar anggaran mungkin mengabaikannya, tapi disinilah persona pembeli akan berperan. Pendapatan dan kebiasaan belanja konsumen tertarget Anda, akan menentukan apakah mementingkan kualitas adalah pendekatan yang tepat untuk brand Anda.

  • Diferensiasi strategi

Strategi positioning diferensiasi bergantung pada keunikan produk atau kualitas inovatif dibandingkan dengan kompetisi yang sudah umum, Tesla misalnya. Konsumen yang tertarik dengan strategi ini biasanya jenis konsumen yang menghargai inovasi produk. Kelemahan strategi ini hanya pada pengalaman konsumen yang sedikit karena kurangnya riwayat penggunaan. Jika produknya benar-benar baru, pertimbangkan untuk menyediakan penelitian dan pengujian yang dilakukan saat proses pembuatannya. 

  • Strategi Pemosisian Media Sosial

Jenis strategi ini unik karena berfokus pada serangkaian platform daripada taktik marketing produk secara langsung. Saat menggunakan strategi ini, kuncinya adalah memilih platform yang paling sering digunakan target audiens Anda. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih platform media sosial untuk strategi brand Anda adalah di mana audiens menghabiskan waktu luang, di mana audiens menghabiskan uang untuk berbelanja, dan  di mana tempat audiens mencari informasi dan testimoni suatu produk. Setelah Anda mempersempit di mana brand Anda akan muncul, Anda dapat menyusun pemasaran bisnis Anda untuk dapat bertemu dengan audiens di mana mereka berada.

Membangun Brand Positioning yang Kuat

Sebelum Anda membuat strategi penentuan brand positioning yang efektif, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti, tentukan apa yang membedakan brand Anda, mengapa bisnis Anda unik di pasar dan bagaimana Anda berbeda dari kompetitor Anda. Dengan kata lain, tunjukkan kelebihan bisnis Anda dengan lebih menarik dari yang lain dengan mempertimbangkan poin-poin berikut:

  • Menganalisis strategi brand positioning

Tentukan bagaimana Anda saat ini memposisikan merek Anda. Bahkan jika Anda tidak memiliki strategi khusus, brand Anda sudah “diposisikan”. Untuk mengetahuinya, Anda dapat membuat analisis pertanyaan yang dapat Anda jawab seperti:

  • Apakah Anda membedakan brand Anda dengan cara tertentu? Bagaimana?
  • Apakah pemosisian brand Anda saat ini sesuai dengan persepsi konsumen tentang brand Anda?
  • Apakah itu memungkinkan untuk pertumbuhan bisnis Anda?
  • Apa nilai unik brand Anda? Apakah posisi brand Anda saat ini menyampaikan nilai-nilai itu kepada konsumen Anda?
  • Apakah itu menghasilkan gambaran yang jelas tentang perbedaan Anda dan kompetitor Anda?
  • Apakah janji brand Anda dapat dipercaya?
  • Apakah positioning Anda akan membantu membuat keputusan pemasaran dan branding yang lebih efektif?
  • Memilih strategi brand positioning

Analisis bagaimana brand positioning brand Anda jika dibandingkan dengan kompetitor. Tidak masalah untuk menghabiskan waktu dan usaha untuk mengembangkan strategi brand positioning sebelum memilih strategi yang tepat. Pikirkan tentang apa yang dapat membuat bisnis Anda menonjol dan temukan cara untuk membangun brand Anda.

Anda dapat membuat pernyataan brand positioning yang spesifik dan berbasis nilai. Pernyataan ini berupa deskripsi yang jelas tentang target pasar Anda dan menguraikan bagaimana Anda ingin pasar itu melihat dan merasakan brand Anda. Pernyataan ini dapat memberikan struktur dan konsistensi untuk strategi pemasaran Anda, karena semua keputusan mengenai brand Anda harus mendukung pernyataan brand positioning bisnis Anda. 

  • Buat dan jalankan brand positioning bisnis Anda

Setelah Anda memiliki strategi penentuan posisi yang kuat, selanjutnya adalah menerapkannya. Mulailah dengan mencatat semua cara Anda berinteraksi dengan konsumen Anda dan pastikan mengkomunikasikan brand positioning yang telah Anda pilih. Agar efektif, strategi Anda harus konsisten dengan pesan di seluruh platform periklanan dan pemasaran Anda. Gunakan setiap kesempatan untuk mengkomunikasikan nilai Anda kepada calon pelanggan, termasuk nama produk, nama brand, dan logo; iklan marketing; layanan pelanggan dan hubungan pelanggan; email marketing; tim marketing; program marketing; serta sponsor.

Tinjau strategi ini secara teratur dan evaluasi seberapa efektifkah brand Anda mengekspresikan brand positioning Anda. Dengan strategi brand positioning yang tepat dan dikomunikasikan dengan jelas serta konsisten, konsumen Anda akan menganggap brand Anda sebagai opsi terpercaya yang menepati janjinya. Intinya, brand positioning merupakan strategi jitu untuk meraih minat audiens dan calon konsumen. Dengan strategi ini, brand Anda dapat menjadi lebih unggul dari kompetitor sejenis di ceruk pasar bisnis Anda.