Pentingnya Riset Keyword SEO dan Tips Menggunakannya

keyword seo

Meski algoritma mesin pencari seperti Google terus mengalami perubahan dan pembaharuan, namun satu hal yang tetap konsisten mengenai SEO adalah keyword SEO. Keyword SEO dapat membantu pemilik website mengoptimalkan penggunaan website yang tetap ramah pengunjung (SEO friendly). Penelitian kata kunci atau riset keyword SEO penting dalam strategi SEO Anda. Terutama pemilihan keyword SEO yang tepat bagi website Anda.

Pentingnya Keyword SEO

Keyword SEO atau kata kunci SEO merupakan istilah yang digunakan untuk kata tertentu yang digunakan dalam sebuah konten, untuk membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari. Keyword SEO ditemukan dengan cara riset dan memilih keyword SEO juga berdasarkan kombinasi pencarian, persaingan, dan tujuan komersial tertentu. 

Dengan penggunaan keyword, sebuah konten akan mudah ditemukan oleh audiens yang tertarget. Keyword juga seringkali diketik oleh audiens di mesin pencari untuk memudahkan mereka menemukan jawaban atas masalah atau kebutuhan yang mereka hadapi. Oleh karena itu, pentingnya keyword SEO yang relevan dengan masalah audiens akan membuat konten Anda mudah ditemukan oleh audiens Anda.

Baca juga: Cara Kerja SEO dan Cara Memenangkan SEO Terbaru 2022!

Riset Keyword SEO

Riset keyword SEO merupakan proses menemukan dan menganalisis istilah pencarian yang dimasukan pengguna di mesin pencari dengan tujuan memperoleh informasi tertentu. Riset keyword SEO ini memberikan wawasan berharga karena Anda akan memperoleh informasi tentang kueri yang dicari target audiens Anda di mesin pencari. Kueri ini yang nantinya akan membantu Anda menentukan strategi pembuatan konten serta strategi marketing yang lebih efektif bagi bisnis Anda.

Ketika riset keyword SEO Anda sesuai dengan apa yang audiens cari, maka konten yang Anda buat pun akan mudah tampil di pencarian audiens saat mereka melakukan pencarian. Dengan begitu, traffic Anda juga menjadi meningkat karena audiens datang kepada Anda. Selain itu, jika keyword yang Anda punya relevan dan konten yang Anda buat menarik, maka Anda mampu memenuhi kebutuhan audiens dan membantu audiens bertindak ke titik pembelian. 

Elemen Riset Keyword SEO

Terdapat tiga elemen penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin melakukan riset keyword SEO. Berikut elemennya:

  1. Relevansi

Mesin pencari memberikan peringkat untuk konten yang relevan dengan apa yang audiens cari dan butuhkan. Halaman website Anda hanya akan memiliki peringkat teratas jika konten dan keyword yang Anda gunakan relevan dengan target audiens, serta dapat memenuhi kebutuhan pencari. Terlebih jika konten yang Anda buat menjadi sumber terbaik bagi pengguna lain dan website lain.  

  1. Otoritatif

Otoritatif yang dimaksud dalam riset keyword merupakan halaman website yang memiliki pengaruh bagi pengguna. Inilah yang membuat mesin pencari memberikan peringkat yang bagus, kepada website yang otoritatif. Website otoritatif biasanya tidak berorientasi pada keuntungan. Artinya, website ini benar-benar memberikan konten yang berkualitas, yang memberikan tujuan dan pengaruh yang jelas bagi pembacanya. Anda dapat melakukan segala upaya yang terbaik, untuk dapat membuat website Anda menjadi otoritatif. 

  1. Volume pencarian keyword

Tujuan penggunaan keyword SEO mungkin ingin mendapatkan peringkat halaman teratas di mesin pencari, namun yang perlu Anda ingat adalah volume pencarian keyword. Jika Anda menggunakan keyword SEO yang memiliki volume pencarian yang rendah, kemungkinan audiens untuk mencari keyword itu sangat sedikit. Sehingga dengan volume pencarian yang rendah, itu tidak akan menghasilkan traffic ke website Anda. Anda dapat mengetahui volume pencarian yang dicari audiens secara perbulan.

Baca juga: Mengenal Teknik White Hat SEO yang Disukai Google

Tips Riset Keyword untuk Strategi SEO Anda

Proses riset keyword akan membantu Anda menemukan beberapa ide yang dapat ditargetkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat menentukan strategi keyword yang kuat, yang dapat membantu Anda ditemukan oleh audiens untuk beberapa keyword tertentu. Berikut tips riset keyword yang dapat Anda lakukan untuk menentukan strategi SEO Anda.

  1. Membuat daftar topik yang relevan tentang bisnis Anda 

Anda dapat memikirkan tentang beberapa topik yang masih relevan dengan keyword SEO yang akan Anda gunakan. Buatlah 5-7 topik untuk 1 keyword utama yang masih relevan dengan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan menemukan keyword turunan dari beberapa topik yang telah Anda hasilkan. Keyword SEO yang utama dapat dimulai dari service utama dari bisnis Anda atau produk unggulan dari bisnis Anda. 

Saat membuat topik artikel, tempatkan diri Anda pada buyer persona audiens Anda, seperti memikirkan topik jenis apa yang akan dicari target audiens Anda agar bisnis Anda dapat ditemukan oleh mereka. Topik-topik ini nantinya dapat Anda hubungkan dengan penggunaan tautan antar halaman dalam website Anda. Sehingga dari 1 konten ke konten lainnya memiliki keterkaitan dan terhubung. Kemudian audiens Anda dapat membaca topik lain dalam website Anda.

  1. Menyesuaikan dan menganalisis penggunaan keyword yang diriset 

Kebutuhan dan keinginan yang ingin audiens cari di mesin pencari menjadi salah satu faktor terpenting dalam penggunaan keyword SEO Anda untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Halaman website yang dapat memecahkan permasalahan audiens dengan memberikan informasi yang relevan dan informatif, dapat dipengaruhi dari penggunaan keyword yang telah disesuaikan dan dianalisis.

Sangat mudah untuk mengambil kata kunci untuk nilai nominal, dan sayangnya, kata kunci dapat memiliki banyak arti berbeda di bawah permukaan. Karena maksud di balik pencarian sangat penting untuk potensi peringkat Anda, Anda harus ekstra hati-hati tentang bagaimana Anda menafsirkan kata kunci yang Anda targetkan.

  1. Riset keyword dari sugesti mesin pencari

Ketika Anda sedang melakukan riset keyword melalui mesin pencari, Anda dapat memperoleh saran dari mesin pencari seperti kalimat yang muncul di kolom pencarian saat Anda memasukkan keyword tertentu di mesin pencari. Saat Anda mengetik kata atau beberapa kata di mesin pencari, Anda dapat menggulir ke bagian bawah hasil pencarian mesin pencari. Kemudian Anda akan melihat beberapa saran atau sugesti untuk penelusuran keyword terkait. Keyword ini dapat memicu ide untuk keyword lain atau topik yang akan Anda buat sebagai konten di website Anda.

  1. Menggunakan alat riset keyword

Alat riset keyword yang tersedia di berbagai platform dapat membantu Anda menemukan lebih banyak ide keyword berdasarkan keyword audiens yang sering dicari. 

Baca juga: Hati hati! Ini Dia 9 Black Hat SEO yang Harus Dihindari

Keyword SEO yang Tepat Untuk Website Anda

Anda sekarang memiliki daftar keyword SEO yang dapat membantu Anda fokus pada topik terkait untuk bisnis Anda. Dalam jangka panjang, ini akan membawa keuntungan bagi bisnis Anda. Anda dapat menemukan keyword yang sangat dicari dengan memperhatikan tingkat persaingan keyword dan kemampuan Anda untuk menghasilkan konten yang berkualitas, agar menghasilkan peringkat terbaik di mesin pencari.

Tidak ada keyword SEO yang terbaik, yang ada hanyalah keyword SEO yang paling banyak dicari oleh audiens Anda. Dengan pemikiran seperti ini, Anda dapat fokus menyusun strategi keyword yang dapat membantu Anda memberi peringkat pada halaman website Anda dan mengarahkan traffic lebih banyak ke website Anda. Pastikan untuk mengevaluasi kembali keyword Anda setiap beberapa bulan sekali sebagai tolak ukur yang baik bagi kemajuan konten dan website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?