Pengertian Content Marketing dan Strategi Menjalankannya

Pengertian Content Marketing dan Strategi Menjalankannya

Pengertian Content Marketing. Pernahkah Anda mendengar ungkapan “content is king”? Ungkapan yang merepresentasikan pentingnya content marketing itu tersebut pertama kali diucapkan oleh Bill Gates pada tahun 1996 dan telah melanglang lama di dunia marketing.

Anggapan bahwa konten merupakan salah satu aspek paling penting dalam menjalankan suatu campaign memang sudah populer sejak lama. Secara umum, konten memiliki berperan untuk memberi pembeda antara brand Anda dengan brand kompetitor.

Namun, saat ini konten telah menjadi suatu keharusan bagi setiap brand yang menginginkan campaign yang dilakukannya sukses. Di balik semua brand ternama pasti akan ditemukan konten yang relevan dengan audiens dari brand tersebut.

Menimbang betapa pentingnya konten dalam usaha marketing, maka artikel ini akan berusaha untuk menghadirkan panduan lengkap dalam menjalankan content marketing.

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah sebuah rangkaian proses yang dimulai dari perencanaan, pembuatan, pendistribusian, dan publikasi konten untuk mencapai target audience yang tepat. Usaha tersebut memiliki tujuan untuk menghasilkan customer action yang menguntungkan, bisa dalam bentuk brand awareness, reach, engagement, maupun loyalitas konsumen.

Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis?

Pentingnya content marketing telah disinggung beberapa kali di atas. Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, apa yang membuat content marketing begitu penting?

Untuk membantu Anda mengerti seberapa pentingnya content marketing, kami akan memaparkan beberapa alasan keuntungan yang bisa bisnis Anda dapatkan dengan menjalankan content marketing:

1# Meningkatkan Reputasi Brand

Salah satu keuntungan yang dapat menunjukan pentingnya content marketing yaitu kualitas reputasi brand yang dihasilkan dari konten yang baik. Dengan kondisi digital marketplace yang telah kelewat ramai seperti saat ini, membangun kepercayaan dari leads dan customers adalah sesuatu yang sangat vital.

Baca Juga :   Mengenal Social Media Engagement dan Tips Meningkatkannya Dengan Efisien

Keberhasilan dalam meraih kepercayaan customers tentunya akan berdampak langsung pada reputasi brand yang positif.

Konten yang relevan akan membantu Anda membangun kepercayaan dari leads dan customers. Konsumen yang membaca konten Anda akan beropini mengenai brand Anda.

Jika mereka menganggap konten tersebut menarik, edukatif, dan original, maka mereka akan memiliki anggapan yang sama terhadap brand Anda.

2# Meningkatkan Konversi

Memproduksi konten yang baik secara tidak langsung akan berdampak baik bagi angka konversi bisnis Anda. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan beberapa statistik berikut:

Menurut 74% perusahaan peserta survei, content marketing berhasil meningkatkan marketing leads mereka, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. (Sumber: Curata)

Content marketing mampu menghasilkan conversion rate 6 kali lebih tinggi dari metode digital marketing lain.

Inbound marketers mampu menggandakan angka average site conversion mereka dari hasil usaha content marketing. (Sumber: Hubspot)

Dari beberapa statistik di atas dapat disimpulkan dengan aman bahwa content marketing adalah salah satu metode yang efektif dalam meraih konversi. Lewat content marketing, Anda memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dan mengedukasi konsumen.

Interaksi tersebut bukan hanya baik bagi reputasi brand Anda, tetapi juga memberikan peluang bagi Anda untuk memberikan informasi yang relevan kepada calon konsumen untuk melakukan transaksi.

3# Membantu SEO

Salah satu keuntungan menjalankan content marketing yang paling jelas adalah perannya dalam membantu Anda melakukan SEO. Tidak dapat diragukan SEO memiliki peran penting dalam meningkatkan online visibility dari brand Anda. Tetapi, SEO Anda tidak akan berhasil jika Anda tidak mengoptimasi konten Anda juga.

Menurut Tech Client, memproduksi konten merupakan teknik yang paling efektif dalam usaha SEO.

Bahkan, situs bisnis yang secara konsisten mempublikasikan blog content memiliki rata-rata 438% pages terindeks di search engine yang lebih banyak dibandingkan dengan situs tanpa blog.

Baca Juga :   Strategi Content Marketing Bisnis B2B Supaya Brand Bisnis Kamu Tepat Sasaran

Semakin banyak konten yang tersedia pada website Anda maka semakin banyak juga pages yang terindeks oleh search engine. Hal tersebut maka akan berimplikasi terhadap semakin besarnya pula kemungkinan website Anda untuk meraih lebih banyak traffic.

4# Cara yang Cost-Effective untuk Mendatangkan Leads Baru

Lead generation tentunya sangat penting bagi para bisnis yang bergantung pada konsistensi traffic untuk menaikan brand awareness dan meningkatkan sales. Content marketing adalah salah satu cara yang paling rendah biaya untuk menarik leads.

Dengan cost yang 62% lebih rendah dari metode marketing lain yang lebih tradisional, content marketing dapat mendatangkan leads tiga kali lipat lebih banyak, menurut DemandMetric.

Hal inilah yang membuat content marketing penting khususnya bagi brand kecil.

Tipe-Tipe Content Marketing

Ada beberapa macam pilihan tipe content marketing yang bisa Anda selipkan pada strategi digital marketing Anda, berikut beberapa diantaranya:

  1. Social Media. Platform yang satu ini telah menghimpun 3.6 miliar pengguna di seluruh dunia. Maka tidak heran mengapa banyak brand yang berinvestasi pada social media marketing. Terdapat berbagai platform (e.g. Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, TikTok) yang bisa Anda gunakan sebagai media content marketing Anda. Setiap platform tersebut memiliki format konten dan demografi pengguna yang berbeda-beda. Usahakan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan platform untuk digunakan.
  2. Infografik. Konten infografik menghadirkan informasi dan data dalam bentuk grafik sehingga mudah dimengerti oleh audiens. Dengan statement yang singkat dan padat, juga gambar yang jelas, Anda dapat membagikan informasi edukatif yang kompleks kepada calon konsumen sehingga lebih mudah dimengerti.
  3. Blog. Blog merupakan salah satu pengimplementasian inbound marketing yang paling efektif. Dengan menggunakan blog, Anda bisa meng-explore topik-topik yang relevan dengan bisnis Anda untuk berbagai tujuan.
  4. Video. Menurut riset yang dilakukan Hubspot, lebih dari 50% konsumen menginginkan konten video dari brand yang mereka gunakan. Anda bisa memilih untuk mempublikasikan konten video marketing Anda di media sosial, landing pages, ataupun website co-marketers Anda.
  5. Podcast. Tersedianya kanal Podcast di Spotify mulai tahun 2018 menjadi awal dari populernya podcast di Indonesia. Sampai saat ini, Indonesia merupakan pendengar Podcast terbanyak se-Asia Tenggara di Spotify. Podcast memungkinkan bisnis Anda untuk secara kreatif membahas topik seputar brand Anda. Anda juga dapat mengundang narasumber untuk membuat podcast Anda lebih menarik. Bahkan saat ini, Anda juga sudah bisa beriklan di podcast untuk meningkatkan exposure brand Anda.
  6. Paid Ads. Paid Ads atau Digital Ads dapat membantu untuk memperluas jangkauan audiens Anda serta memudahkan Anda untuk meletakan brand Anda pada kanal yang Anda kehendaki. Ada banyak media yang bisa Anda pilih untuk menempatkan paid ad seperti medial sosial, banner, landing pages, dan sponsored content.
Baca Juga :   Penjelasan dan Tips dalam Membuat Call to Action (CTA)

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu content marketing, tujuan content marketing, dan cara mulai membuat  strategi digital marketing. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda bisa mencapai target audience yang telah ditentukan serta meningkatkan konversi.

Jika masih bingung cara mengikuti langkah-langkahnya, Anda bisa menghubungi Difitech. Kami akan membantu Anda merencanakan content marketing secara efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?