8 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Website Bisnis

kesalahan seo

Sebagai pemilik website tentu sudah mengetahui bahwa SEO itu unik. Tidak mudah namun tidak terlalu sulit juga untuk dijalankan. Beberapa perubahan kondisi tren di pasar juga perubahan aturan mesin pencari, membuat pemilik website harus selalu update tentang perkembangan SEO websitenya. Metode SEO terus berkembang karena perkembangan mesin pencari dan perubahan perilaku konsumen yang juga berkembang. Untuk itu, mengetahui tentang SEO termasuk kesalahan SEO berakibat fatal untuk bisnis Anda, yang harus Anda dihindari juga penting untuk dilakukan.

Kesalahan SEO yang Dapat Berakibat Fatal Untuk Website Bisnis

Penerapan SEO yang baik akan berpengaruh pada perkembangan website Anda dan tentunya keuntungan bisnis Anda. Bagi pemilik bisnis yang memanfaatkan penggunaan website berbasis SEO dengan tujuan memasarkan produk bisnisnya, sebaiknya Anda mengetahui beberapa kesalahan SEO yang harus Anda hindari. Apa saja kesalahan SEO tersebut?

1. Tidak Mengenali Audiens Anda

Salah satu prinsip dasar dari SEO adalah memahami dan mengenali target audiens Anda. Dengan Anda mengenali target audiens, maka konten yang Anda buat dapat relevan dengan audiens Anda. Sehingga efeknya, konten yang Anda terbitkan menjadi konten yang berkualitas karena dapat bermanfaat dan informatif terhadap audiens Anda. 

2. Tidak Memiliki Strategi SEO yang Kuat

Merencanakan strategi SEO dengan baik akan membangun dan menghasilkan SEO yang sukses bagi website Anda. Strategi SEO yang berkelanjutan dapat memastikan hasil SEO yang menguntungkan website Anda jika strategi yang dilakukan benar dan efektif. Ini karena proses menjalankan SEO membutuhkan waktu jangka panjang untuk melihat hasilnya. Tidak ada hal yang instan dalam mempelajari SEO. Mengetahui pola kerja SEO dan penerapannya, dapat membantu Anda meningkatkan strategi SEO pada website Anda dan terhindar dari kesalahan SEO yang dapat berakibat fatal bagi website Anda.

Baca juga: Cara Kerja SEO dan Cara Memenangkan SEO Terbaru 2022!

3. Membuat Jenis Konten dan Keyword yang Tidak Relevan

Menghasilkan konten yang tidak relevan dengan audiens dapat menjadi masalah terhadap SEO website Anda. Dengan kualitas konten yang buruk, website Anda akan sulit mendapatkan peringkat untuk keyword tertentu dan Anda akan kesulitan untuk memfokuskan istilah pencarian audiens Anda. Jadi jika konten Anda tidak mampu menjawab kebutuhan audiens, peringkat website Anda tidak akan bagus.

Anda dapat menghasilkan konten yang relevan dengan pertanyaan dan kebutuhan target audiens Anda, termasuk menggunakan keyword yang relevan di dalam konten tersebut. Anda juga dapat melakukan riset keyword sebagai langkah awal pembuatan konten Anda. 

Pastikan konten dan strategi SEO Anda selaras, konten Anda menjawab pertanyaan audiens, memiliki beberapa jenis konten untuk setiap keyword, dan mematuhi aturan mesin pencari dalam praktik SEO merupakan tips memperoleh peringkat melalui konten dan keyword. Dengan keyword dan konten yang relevan, mesin pencari akan mudah melacak konten Anda sebagai konten yang cocok dengan apa yang audiens cari. 

4. Menerbitkan Konten Duplikat

Selain konten yang tidak relevan, konten yang duplikat juga menjadi kesalahan SEO yang harus Anda hindari. Duplikasi konten dinilai sebagai tindakan yang salah karena menyalin dan menggandakan konten orang lain demi keuntungan pribadi. Duplikasi juga dianggap sebagai praktik spam dan sangat tidak dianjurkan. Lebih baik jika membuat konten bentuk baru dengan membuat dan menghasilkan konten asli dan bermakna bagi audiens. 

Anda dapat membuat judul utama yang kuat yang sesuai dengan topik konten Anda, tidak memberikan informasi yang menipu atau hoaks, memberikan jawaban yang informatif dengan sumber yang terpercaya, dan Anda juga dapat menampilkan gambar atau video hasil buatan tim desain Anda untuk meningkatkan pengalaman pembaca.

Baca juga: Mengenal Teknik White Hat SEO yang Disukai Google

5. Link Building yang Tidak Berkualitas

Kualitas link building SEO dalam konten lebih penting daripada kuantitas link building itu sendiri. Artinya, untuk mendapatkan hasil SEO yang terbaik, Anda harus membangun link SEO yang berkualitas. Itu sebabnya penting bagi Anda untuk memastikan bahwa website Anda menautkan ke halaman atau ke website lain yang relevan dan memiliki reputasi baik. 

Dengan link building yang tidak solid, website Anda akan kehilangan traffic dan peringkat di hasil pencarian target audiens Anda. Akibatnya akan membuat usaha SEO Anda menjadi sia-sia.

6.  Website yang Tidak User-Friendly

Selain tentang konten, keyword, dan link building, SEO juga berpengaruh terhadap kinerja dan tampilan yang user-friendly. Google akan dengan mudah mengenali website yang tidak user friendly. Karena apa yang pengguna suka, mesin pencari juga akan menyukainya. Oleh karena itu, penting untuk membuat website Anda memberikan pengalaman pengguna yang terbaik dengan kinerja yang user friendly. Website yang user friendly ini seperti desain yang responsif, kecepatan muat halaman website, pemasangan iklan dalam halaman website, tampilan untuk berbagai perangkat yang disesuaikan, dan tata letak konten yang rapi.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Cara Membuat Website Menjadi SEO Friendly

7. Tidak Melihat Konversi Hasil Analisis SEO

SEO bukan hanya menghasilkan traffic dalam website Anda, tapi juga menghasilkan konversi atau query. Anda dapat melihat hasil analisis SEO Anda untuk mengetahui apakah konversi website Anda sesuai dengan tujuan Anda. Seringkali traffic yang rendah dapat menghasilkan konversi yang lebih spesifik, begitu pun sebaliknya. 

Jadi Anda tidak dapat menentukan peringkat website hanya dari traffic yang kompetitif saja, melainkan hasil konversi juga dapat mempengaruhi peringkat website Anda. Analisis hasil SEO Anda untuk melihat, apa yang menghasilkan dengan hasil yang terbaik. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan website Anda secara keseluruhan, serta mengetahui upaya mana yang layak untuk difokuskan dan mana yang harus dilepaskan.

8. Tag Judul dan Meta Deskripsi yang Tidak Dimaksimalkan

Hanya memikirkan bagaimana caranya website memperoleh peringkat teratas, tanpa mengindahkan penggunaan judul dan meta deskripsi yang menarik akan membuat usaha SEO Anda menjadi sia-sia. Tag judul dan meta deskripsi yang Anda buat akan membantu audiens mengetahui isi konten Anda secara keseluruhan. Jadi ini merupakan hint konten Anda bahwa Anda bukan hanya membuat judul yang relevan, isinya pun relevan dan informatif bagi audiens.

Anda dapat membuat judul yang unik dan menarik, yang bukan hanya untuk bertujuan meningkatkan kualitas SEO Anda. Dengan judul dan meta tag yang deskriptif, akan membantu audiens Anda menemukan konten Anda di hasil pencarian. 

Baca juga: Tingkatkan Jumlah Traffic pada Website Menggunakan Meta Description

Dengan menghindari kesalahan SEO, Anda dapat lebih fokus meningkatkan traffic website sehingga website Anda akan mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Tentunya, upaya menghindari kesalahan SEO ini harus diperhatikan dengan seksama, karena membangun SEO terbaik tidaklah mudah.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?