Berbagai Jenis Advertising Untuk Strategi Periklanan yang Sukses

jenis advertising

Advertising atau periklanan merupakan bentuk komunikasi marketing yang memiliki pesan promosi suatu produk atau layanan. Advertising yang efektif dan menarik, dapat mempengaruhi minat audiens saat pertama kali melihatnya. Jenis advertising yang biasa digunakan dalam kampanye biasanya berisi beberapa copy ataupun slogan. Saat ini terdapat berbagai bentuk dan metode jenis advertising yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan atau menjual produk atau layanan mereka. Berikut ini jenis-jenis advertising yang umum digunakan untuk strategi periklanan yang sukses.

1. Iklan Online

jenis advertising iklan online

Iklan online saat ini menjadi jenis advertising yang paling sering digunakan seiring dengan penggunaan digital marketing yang semakin meningkat pula. Iklan online ini menyampaikan pesan melalui internet dan biasanya di pasang di platform digital seperti website atau media sosial. Iklan online menjadi jenis periklanan yang sangat efektif, karena dapat menargetkan beberapa audiens secara tertarget. Seperti, iklan yang dibuat untuk menyasar audiens dengan usia tertentu di lokasi wilayah tertentu dan dengan penghasilan sekian juta rupiah.

Untuk harga pemasangan iklan online ini juga dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan jenis iklan yang lainnya. Cukup membuat sebuah copy persuasif dengan desain yang menarik, kemudian memasangnya pada penyedia jasa iklan online, iklan Anda sudah dapat dilihat oleh audiens tertarget yang telah Anda tentukan. Contoh penyedia jasa iklan online adalah Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan masih banyak yang lainnya.

2. Iklan Televisi

Saat menonton televisi pasti Anda tidak asing dengan iklan. Jenis advertising ini merupakan bentuk periklanan yang paling populer digunakan. Periklanan ini masih efektif bagi sebagian besar pengiklan dengan komoditas bisnis besar. Selain biaya yang cukup mahal, iklan televisi ini terbatas pada durasi penayangan. Sehingga dengan hadirnya media online yang beragam, pebisnis kini telah beralih dari televisi ke iklan online sebagai media iklan pilihan mereka yang lebih terjangkau. Namun meskipun mahal, iklan televisi masih digunakan sampai saat sebagai salah satu jenis advertising terbaik dan memiliki jangkauan yang paling luas untuk audiens dengan jumlah besar.

3. Iklan Penempatan

Iklan penempatan ini merupakan iklan yang dipasang secara diam-diam di media hiburan. Seperti penggunaan suatu produk tertentu dalam sinetron maupun dalam adegan film. Produk tidak disebutkan seperti halnya pengenalan produk saat iklan, namun produk langsung saja digunakan oleh aktor atau aktris saat beradegan dalam dialog. Sehingga, penonton tidak sadar bahwa produk tersebut merupakan produk iklan, namun penonton sadar bahwa produk tersebut milik suatu brand tertentu.

Baca juga: Apakah Advertising dan Marketing 2 Hal yang Berbeda?

4. Iklan Radio

Saat siaran radio berlangsung, biasanya terdapat beberapa iklan untuk menyelingi acara yang sedang berlangsung saat siaran. Sama seperti iklan televisi, iklan radio ini disiarkan melalui gelombang radio dan didengar dimana saja saat siaran radio didengarkan. Namun karena radio tidak memiliki gambar visual, iklan radio lebih memanfaatkan sebuah jingle atau lagu yang mudah didengar, sehingga mudah ditangkap oleh pendengar radio. Karena iklan tidak terlihat, Anda juga harus memanfaatkan durasi penyampaian iklan yang dijelaskan di radio untuk menyampaikan fitur dan manfaat pada produk yang akan diiklankan. 

5. Iklan di Media Cetak

Media cetak merupakan jenis advertising yang paling lama digunakan selain radio dan televisi. Karena tidak semua orang memiliki televisi dan radio di jaman dahulu, sehingga penggunaan media cetak sudah sejak dari lama dan dianggap paling efektif pada jamannya. Namun penggunaan iklan media cetak perlahan menurun seiring dengan perkembangan media digital. 

Umur simpan yang pendek juga membuat penggunaan iklan media cetak jarang digunakan lagi saat ini. Namun beberapa brand bisnis masih menggunakan media cetak sebagai sarana periklanan produk mereka. Beberapa jenis iklan media cetak biasanya ada di majalah, brosur atau selebaran, koran, dan juga poster.

6. Iklan Outdoor

jenis advertising iklan outdoor

Iklan outdoor atau luar ruang ini merupakan iklan yang dipasang pada media tertentu, dengan ukuran yang besar dan terletak di luar ruangan. Iklan ini biasanya dipajang di pinggir jalan, di gedung-gedung tinggi, maupun di tempat-tempat tertentu yang ditargetkan memiliki arus masuk publik yang besar. 

Bentuk dari iklan outdoor ini juga dapat berupa iklan cetak seperti banner, poster, atau papan reklame, selain itu juga dapat berupa iklan digital yang tidak perlu menampilkan tulisan cetak yang dibuat dengan alat cetak. Iklan digital outdoor baru-baru ini sering digunakan karena dapat menampilkan iklan menggunakan teknologi digital yang dapat bergerak dan memiliki animasi tertentu.

Baca juga: Tips Pasang Iklan Anti Boncos Untuk Bisnis Anda

7. Iklan Global

Pernahkah Anda melihat iklan Samsung yang produknya diluncurkan di luar negeri, namun Anda dapat melihat iklannya di media sosial Samsung atau televisi? Itulah yang dimaksud dengan iklan global. Iklan global memungkinkan satu iklan yang berjalan di seluruh negara tempat produk tersebut hadir, terlepas dari audiens dan bahasa yang berbeda, iklan global terbukti mampu menjangkau audiens lain di negara asal produk tersebut diluncurkan. Iklan global ini bersifat homogen dan ditayangkan di seluruh dunia dalam bahasa Inggris.

8. Iklan Fasilitas Publik

Iklan di fasilitas publik ini merupakan jenis advertising yang memanfaatkan fasilitas publik seperti armada transportasi, stasiun, kursi bioskop, dan halte tempat menunggu bus. Ini merupakan bentuk periklanan baru yang dapat menjangkau audiens lebih banyak dan lebih luas. Karena iklan ini menempati ruang kosong pada fasilitas publik yang sering dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan demografi.

9. Iklan Email Marketing

Pengguna email yang cukup banyak, membuat pemanfaatan media iklan di email cukup efektif untuk digunakan sebagai strategi periklanan yang sukses. Email marketing yang dikirim dari brand bisnis memiliki pesan yang dipersonalisasikan seperti salam pembuka yang lebih hangat dan pesan dalam email yang lebih pribadi. Ini membuat brand bisnis dan audiens yang menerima email membangun ikatan hubungan yang emosional antara brand dan audiens. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah menghindari kesalahan dalam mengirim email marketing. Ini penting untuk menghindari email Anda menjadi kategori spam. Anda dapat mencari tahu cara membuat email marketing yang efektif agar pesan Anda tidak ditandai sebagai spam, sehingga pesan Anda dapat masuk di kotak masuk audiens dan dibaca oleh mereka.

Baca juga: 9 Cara Membuat Digital Marketing Plan Agar Bisnis Lebih Fokus

Itu dia penjelasan mengenai jenis-jenis advertising yang umum digunakan oleh beberapa pebisnis untuk membuat strategi periklanan yang sukses. Advertising merupakan hal yang cukup penting bagi sebuah brand dalam memperkenalkan, mempromosikan, serta mengembangkan bisnis. Anda dapat memilih jenis advertising yang sesuai dengan kebutuhan dan budget bisnis Anda. Serta sesuaikan iklan yang Anda buat dengan audiens yang akan melihat iklan Anda, agar iklan dapat lebih tertarget. Sehingga strategi periklanan Anda akan menjadi sukses bagi bisnis Anda.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?