hindari kesalahan email marketing - unsplash.com

Ingin penjualan Berhasil? Hindari 6 Kesalahan Email Sales ini!

Email menjadi salah satu strategi marketing maupun sales yang sering diandalkan untuk bisnis. Namun, kesalahan email sales seringkali menjadi hal yang tidak diperhatikan dalam pembuatannya. Padahal jika dilakukan dengan efektif dapat meningkatkan hasil penjualan dan membuat bisnis Anda berhasil meraih lebih banyak hati konsumen. Walaupun kesalahan yang dilakukan sederhana, tapi hal yang diakibatkan bisa menjadi fatal bagi bisnis dan penjualan Anda nanti. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai kesalahan email sales yang paling umum dilakukan. Apa saja kesalahannya?

6 Kesalahan Email Sales yang Sering Dilakukan

hindari 6 kesalahan email sales - pexels.com

Subjek email yang tidak menarik

Jika Anda menggunakan subjek email yang tidak terlalu menarik bisa saja akan membuat user maupun yang menerimanya tidak akan tertarik untuk membuka email tersebut. Dan bahkan bisa saja mereka akan langsung menghapusnya dan melupakannya. Bahkan hasil riset dari MarketingDive mengatakan jika subjek email yang menarik  bisa meningkatkan open rate pada email sampai dengan 50%.

Dan supaya subjek yang digunakan bisa lebih menarik, Anda bisa memakai pertanyaan juga menulis subjek seperti kepada teman sendiri. Janganlah takut menggunakan subjek berbeda dari yang lain, asal tetap sopan. 

Kesalahan dalam Penulisan

Kesalahan dalam penulisan atau sering disebut typo bukan hanya membuat orang yang menerima email Anda bingung, tetapi juga akan membentuk persepsi jika bisnis Anda tidak profesional. Memang, typo bisa saja terjadi saat Anda kelelahan maupun kurang fokus. Namun sayangnya user bisa saja tidak percaya dan tidak akan berpikir jika itu alasan email sales yang Anda kirim terdapat salah penulisan.

Jadi, jika Anda ingin mengirim email sales dikemudian hari, jangan lupa selalu memperhatikan penulisan emailnya. Mungkin terlihat sederhana, tapi hal ini akan memberikan perbedaan yang lebih baik.

Kata yang Berulang

Ketika Anda menulis email sales, Anda pasti pernah tanpa sadar menulis kalimat yang sama, apalagi saat terburu-buru. Mungkin memang kesalahan email sales satu ini terlihat sepele, namun kalimat yang berulang ini bisa saja membuat user bingung dan bertanya apa yang sebenarnya ingin Anda sampaikan. 

Jadi, Anda lebih baik menulis hal utama yang ingin disampaikan sekali saja, lalu berilah bold maupun highlight agar bisa membuat user lebih mudah saat mengingatnya.

Salah dalam mengetik nama dan kontak

Kesalahan email sales yang satu ini adalah yang paling fatal. Jangan sampai Anda salah ketika menulis nama orang, maupun kontak yang akan menerima emailnya. Hal ini karena nantinya bisa membuat penerima email merasa tidak dianggap dan dihargai, dan bahkan bisa membuat reputasi bisnis Anda terancam. Lantas, bagaimana cara agar tidak melakukan kesalahan ini? Tentunya Anda harus membaca kembali apa yang ditulis dalam email tersebut dengan teliti.

Salah menulis tanggal

Berhati-hatilah saat memberi hari dan tanggal dalam email sales Anda. Karena kesalahan ini juga bisa membuat orang yang menerima emailnya bingung dan menurunkan customer experience mereka. Tentunya hal ini juga bisa mendapat kesalahpahaman, apalagi jika ini terkait promo maupun diskon yang ingin Anda promosikan lewat email sales.

Jadi, cobalah koordinasi dan pastikan kebenaran tanggal dari setiap program yang akan Anda promosikan melalui email sales.

Memberi link yang tidak bisa dibuka

hindari kesalahan email sales - pexels.com

Tentunya saat melakukan email sales, Anda ingin memberi link kepada penerima agar mereka bisa diarahkan ke produk yang Anda promosikan maupun ke website Anda. Akan tetapi, jika Anda memberi link yang salah maupun link yang mati, tentu email sales ini akan sia-sia. Dan penerima email bisa saja sudah tidak ingin mencari tahu informasi mengenai bisnis Anda dan bahkan bisa saja langsung menghapus email tersebut dan melupakannya.

Dan agar bisa menghindari kesalahan email sales ini, Anda harus bisa memastikan link yang akan diberikan tersebut memang masih bisa dibuka dan tidak salah. Atau bisa saja list pada google sheets untuk mengumpulkan link yang akan digunakan.

Tentu saja kesalahan email sales di atas harus Anda perhatikan, agar terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam pengiriman email. Dengan memperhatikan setiap bagian kecil dari email sales ini, bisnis Anda akan menumbuhkan kepercayaan dan dapat menarik minat penerima email untuk melakukan pembelian. Strategi email sales ini juga membantu bisnis Anda untuk memperkuat identitas brand atau branding. Karena dengan menggunakan email, artinya Anda terus berusaha untuk menjalin hubungan dengan calon konsumen maupun konsumen yang sudah ada. Namun, jika tidak sampai ke arah pembelian, setidaknya penerima email tertarik untuk membuka dan membaca pesan Anda. Sehingga, pesan yang Anda kirimkan kepada audiens tidak dianggap spam oleh penerima dan oleh sistem, karena mereka membuka pesan yang Anda kirim.