Tips Membuat Headline Menarik dengan Rumus 4U Copywriting

membuat headline dengan 4U Copywriting

Banyak sekali formula copywriting yang dapat Anda gunakan untuk membuat headline copywriting saat Anda menulis konten. Jika Anda sedang melakukan perbaikan konten untuk website, Anda dapat menggunakan rumus 4U copywriting untuk membuat konten website. Rumus 4U copywriting ini dapat membuat headline konten Anda menjadi menarik dan formula penulisan blog menjadi lebih kuat. Jadi apa itu 4U copywriting dan bagaimana menggunakannya untuk menulis headline dan copy yang lebih kuat dan menarik?

Apa Itu Rumus 4U Copywriting?

4U copywriting dikembangkan oleh master copywriting dan pelatih sukses Michael Masterson. 4U copywriting ini disebut sebagai formula penulisan headline dalam copywriting. Rumus 4U copywriting terdiri dari Useful, Unique, Ultra-specific, dan Urgent atau dalam bahasa Indonesianya adalah berguna, unik, sangat spesifik, dan mendesak. Komponen-komponen ini dapat digunakan menulis konten untuk artikel blog maupun halaman web dengan membuat headline yang kuat, mengevaluasi headline, dan meningkatkannya.

Dalam penggunaan rumus 4U copywriting, tidak harus saklek keempat komponen digunakan semua atau komponen mana yang harus didahulukan untuk membuat headline, tidak seperti itu. Urutan penggunaan komponen tetap disesuaikan dengan kebutuhan headline dan isi konten yang akan dibuat. Sehingga, dengan penggunaan rumus 4U copywriting, Anda dapat mengetahui bagaimana caranya membuat headline yang menarik. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Konten Marketing yang Tajam dan Relevan

Komponen dalam 4U Copywriting

4U copywriting terdiri dari empat komponen yang dapat dijadikan panduan untuk membuat sebuah headline yang menarik. Panduan ini dapat membantu Anda menentukan prioritas saat menilai tulisan Anda, karena masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda seperti:

  1. Useful: mengetahui bagaimana tulisan yang dibuat dapat membantu pembaca
  2. Unique: mengetahui bagaimana tulisan yang dibuat dapat mengejutkan pembaca dengan keunikan tulisan yang dibuat
  3. Ultra-Spesifik: mengetahui bagaimana cara memberikan detail spesifik kepada pembaca
  4. Urgent: mengetahui bagaimana tulisan yang dibuat dapat menggerakkan pembaca untuk bertindak ke arah transaksi pembelian

Berikut ini penjelasan komponen 4U copywriting secara lebih detail beserta contoh cara membuat headline dengan komponen 4U copywriting:

Useful: bagaimana judul membantu pembaca?

Komponen U yang pertama adalah useful yang berarti berguna. Maksud berguna di sini adalah tulisan yang dibuat harus berguna menjawab permasalahan audiens saat mereka mencari jawaban dengan memasukan kata kunci tertentu. Misalnya seperti “Tips mudah membedakan madu asli dan palsu”. Headline tersebut dapat berguna menjawab permasalahan audiens yang memiliki rasa khawatir akan keaslian produk madu yang dijual di pasaran. Judul yang useful berfokus pada membantu pembaca mendapatkan keinginannya.

Sehingga langkah pertama untuk membuat headline dengan komponen useful ini dapat dibuat dengan menunjukkan sebuah manfaat dari produk yang akan ditawarkan. Bagaimana headline tersebut akan membantu pembaca mengatasi masalahnya dengan menjawab pertanyaannya, memberikan solusi dan menunjukkan pentingnya membaca konten tersebut bagi audiens. Ketika headline yang Anda buat berguna bagi pembaca, mereka akan merasa ingin tahu lebih banyak dan mereka akan terus membaca seluruh konten yang berkaitan dengan hal yang audiens cari.

Unique: bagaimana headline bisa mengejutkan pembaca?

Komponen U selanjutnya adalah unique yang berarti unik. Anda dapat menggunakan kata sapaan yang akrab atau kondisi tertentu yang sesuai dengan audiens. Seperti “Moms, sudah tahu manfaat bayam untuk si kecil?”. Ini unik karena beberapa akan tertarik dengan manfaat sayur bagi anak-anak. Headline yang unik akan memberikan perhatian bagi pembaca.

Keunikan headline tersebut memberikan fakta mengejutkan yang mungkin belum diketahui banyak orang, atau merupakan fakta yang tidak biasa, atau juga merupakan informasi khusus. Namun perlu diperhatikan dalam pembuatan headline yang unik, jangan sampai mengandung kata atau kalimat hoax dan klikbait. Jika itu terjadi maka pembaca akan menjadi benar-benar jengkel dan membuang jauh-jauh konten Anda bahkan website Anda agar tidak lagi dikunjungi. 

Baca juga: Menggunakan Rumus FAB Copywriting untuk Membuat Caption Media Sosial yang Efektif

Ultra-specific: bagaimana judul memberikan detail kepada pembaca?

Selanjutnya adalah U pada komponen ultra-specific atau sangat spesifik. Buat headline yang spesifik dan detail agar target audiens memiliki gambaran mengenai detail produk yang ditawarkan. Misalnya “6 Tips Strategi Marketing Untuk Bisnis B2B”, pada headline tersebut sudah sangat jelas bahwa tipsnya ada 6 dan ditujukan bagi pemilik bisnis B2B yang ingin mengetahui strategi marketing bagi bisnisnya. Headline yang spesifik dan detail dapat memuat angka, memberitahu langkah-langkah tertentu, menawarkan harga spesial, dan lain-lain.

Urgent: bagaimana headline menggerakkan pembaca untuk bertindak?

U yang terakhir adalah urgent atau mendesak. Headline yang memuat kata-kata bersifat mendesak akan membuat audiens melakukan tindakan cepat setelah membaca headline dan copy yang Anda buat. Misalnya, “Flash Sale Akhir Tahun! Diskon 65% Bagi 100 Pembeli Tercepat!”. Besaran diskon yang diberikan, jangka waktu yang ditentukan, serta barang yang mungkin merupakan produk wishlist sudah pasti akan membuat audiens tanpa berpikir akan melakukan pembelian setelah membaca headline tersebut. Headline yang mendesak memotivasi pembaca untuk bertindak sebelum terlambat karena kata-katanya mengomunikasikan sifat urgensi yang membuatnya harus segera bertindak atau nanti akan menyesal. 

Baca juga: Teknik PAS Copywriting Membuat Closing Lebih Mudah

Rumus 4U copywriting dapat digunakan untuk menulis artikel di blog, copy pada email marketing, dan copy-copy lainnya yang membutuhkan headline kuat untuk menarik perhatian audiens. 4U copywriting juga dapat membuat pengunjung website Anda menelusuri seluruh artikel pada website Anda dan membaca seluruh postingan media sosial Anda, dengan catatan audiens ini memiliki kepuasan tersendiri terhadap headline pertama mereka. 

Membuat headline yang menarik adalah salah satu keterampilan penting bagi penulis konten. Pembaca memiliki banyak konten untuk mereka pilih yang menurut mereka menarik. Hal pertama mereka baca adalah judul. Judul yang menarik adalah judul yang dapat menarik perhatian pembaca agar mereka tertarik untuk membaca konten Anda. Sehingga skill copywriting Anda perlu diasah agar memiliki headline menarik yang kuat yang dapat menarik minat baca audiens. Selain skill copywriting, membuat konten marketing yang tajam dan relevan juga akan membantu menarik perhatian audiens untuk membaca konten yang dibuat. Itu sebabnya strategi konten marketing harus berjalan selaras dengan teknik copywriting. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?