Tips Membuat URL Slug SEO Friendly Untuk Optimasi Website Anda

url slug

Ketika berbicara tentang optimasi SEO untuk website, tentu di dalamnya juga berbicara mengenai membuat URL slug SEO friendly yang tepat untuk sebuah halaman. Jadi, apa yang dimaksud dengan slug ini? Dan kenapa Anda harus mengoptimalkannya agar menjadi URL slug SEO friendly? Mari kita bahas.

Apa Itu URL Slug?

URL slug adalah bagian dari URL setelah garis miring terbalik, yang terletak di posisi paling terakhir. URL slug yang Anda buat merupakan salah satu cara untuk mengkomunikasikan isi konten di halaman website tersebut, kepada pengunjung website Anda dan juga kepada mesin pencari. Jika URL slug dilakukan dengan benar, ini akan menguntungkan peringkat SEO Anda. Misalnya, artikel yang Anda baca sekarang memiliki URL yang terlihat seperti ini:

https://difitech.id/jasa-digital-marketing/

Maka URL slug-nya adalah “/jasa-digital-marketing/”.

Jika bagian depan URL selalu sama karena menunjukkan nama domain website Anda, maka pada slug harus dibuat berbeda. Setiap slug di halaman website Anda harus unik dan berbeda satu halaman dengan yang lainnya. Slug juga merupakan bagian dari strategi SEO karena menggunakan strategi keyword di dalamnya. Ya benar, slug bisa saja mengandung keyword tertarget Anda. Oleh karena itu, penting untuk membuat slug yang relevan dengan isi konten.

Mengapa URL Slug SEO Friendly Penting?

url slug seo friendly

Seperti yang telah dijelaskan, slug harus relevan dengan isi konten, sehingga akan berdampak baik pada nilai SEO Anda karena sesuai dengan keyword yang pengguna cari. Jika pengguna mencari keyword tertentu, keyword tersebut seharusnya ada dalam struktur URL konten Anda. Sehingga dapat membantu mesin pencari untuk memberi sinyal kepada pengguna bahwa ada konten milik Anda yang sesuai dengan relevansi pengguna, maka muncullah halaman website Anda di SERP. 

Mungkin Anda pernah melihat URL suatu halaman web dengan rangkaian karakter, huruf, atau angka yang berbentuk panjang tanpa jelas menginformasikan isi konten? Slug inilah yang dapat membingungkan pengguna dan mungkin akan membuat pengguna ragu mengklik halaman tersebut. Slug semacam itu tidak terlihat profesional dan tidak dapat dipercaya. Sedangkan URL slug SEO friendly dapat meningkatkan pengalaman pengguna, jika dengan jelas menginformasikan hal yang relevan tentang apa yang dibuat di dalam halaman web itu. Selain itu, URL slug SEO friendly yang baik, juga membantu mesin pencari memahami dan mengkonfirmasi konten di dalamnya.

Baca juga: Cara Kerja SEO dan Cara Memenangkan SEO Terbaru 2022!

Cara Terbaik Untuk Membuat URL Slug SEO Friendly

1. Mulai URL Anda dengan HTTPS

Protokol HTTP menawarkan jaringan yang aman dan terenkripsi. Jika Anda tidak memiliki protokol ini, sebagian besar browser web akan memperingatkan pengguna bahwa mereka sedang menuju ke situs web yang ilegal dan tidak aman. Tentu ini akan menghalangi pengguna untuk melanjutkan membuka halaman Anda, meski judul yang Anda berikan cukup menarik perhatian pengunjung.

2. Menggunakan Simbol (-) Sebagai Penyambung

Menggunakan tanda hubung (-) di antara kata-kata dalam URL slug Anda akan membantu pengguna membaca dengan jelas setiap kata yang tersemat di dalam URL Anda. Selain itu, tanda hubung itu juga dapat berguna untuk memastikan bahwa slug Anda jelas dan bersih. Jadi tanda hubung (-) digunakan sebagai pengganti spasi di dalam URL. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam URL tidak diizinkan untuk menggunakan spasi.

3. Jaga Slug Anda Tetap Pendek

URL slug SEO friendly akan memudahkan pembaca untuk memahami kata yang terdapat dalam URL. Itu sebabnya, Anda harus menjaga isi slug Anda singkat dan jelas. Tidak terlalu panjang dan juga terlalu pendek seperti hanya terdiri dari dua kata saja. Idealnya slug terdiri dari tiga sampai lima kata. URL slug yang pendek akan membantu pengguna maupun pembaca mengingat URL Anda.

4. Memiliki Domain yang Jelas

Jika bisa, Anda dapat membuat domain Anda sama dengan nama brand Anda. Kesamaan ini akan membantu pengguna dan mesin pencari mengenali brand Anda dengan mudah. Pengguna dan mesin pencari dapat melihat nama brand Anda di URL. Sehingga akan membantu tingkat kepercayaan website Anda terhadap audiens Anda.

5. Optimalkan Jalur halaman dengan Keyword Tertarget

Di dalam slug, Anda dapat menambahkan keyword tertarget. Sehingga dapat memudahkan mesin pencari melakukan perayapan untuk memahami dan mencocokkan keyword pengguna dengan konten di halaman website Anda. Keyword juga berlaku untuk setiap halaman yang Anda miliki di website Anda., bukan hanya digunakan untuk halaman blog saja. Memiliki keyword tertarget di dalam URL slug SEO friendly dapat membantu meningkatkan SEO untuk hal-hal marketing seperti produk, layanan, atau lokasi Anda.

Baca juga: Pentingnya Riset Keyword SEO dan Tips Menggunakannya

6. Perbarui Slug Lama

Jika Anda memiliki halaman yang belum dibuat mengikuti teknik ini, Anda dapat melakukan perombakan untuk memperbarui slug Anda agar lebih jelas dan teroptimasi. Namun, perlu diingat bahwa URL slug sebaiknya tidak diperbarui terus menerus. Terlalu sering memperbaharuinya dapat merusak peringkat mesin pencari Anda.

7. Cocokkan Slug dengan Isi Konten

Ini adalah poin terpenting dari keseluruhan poin cara terbaik membuat URL slug SEO friendly. Jika Anda memposting konten atau artikel blog, Anda pasti ingin mencocokkan slug Anda dengan judul konten Anda. Slug yang dibuat tidak harus sama persis dengan judul konten. Mengingat, slug yang pendek akan lebih baik. Jadi Anda dapat fokus saja pada keyword yang relevan dengan isi konten.

Baca juga: Internal Link Untuk Meningkatkan SEO Situs Web Anda

Mesin pencari mencocokan keyword pengguna dengan keyword pemilik konten untuk mengatur dan menampilkan halaman di hasil penelusuran mesin pencari. Itu sebabnya penting bagi Anda untuk mengetahui tentang URL slug SEO friendly. Mengetahui cara meningkatkan URL slug Anda dan strategi URL Anda secara keseluruhan akan membantu Anda meningkatkan hasil SEO website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?