Buzz Marketing

Kelebihan dan Tips Menjalani Buzz Marketing

Seperti yang diketahui, online marketing sekarang ini adalah sebuah strategi utama dalam melakukan promosi karena memang lebih mudah dan lebih terjangkau. Dan salah satu yang cukup sering digunakan adalah Buzz Marketing, strategi yang memanfaatkan para buzzer agar terus membicarakan produk supaya bisa menjadi viral serta trending di media social. Dengan begitu, perlahan-lahan akan muncul banyak orang yang tertarik membicarakan produk tersebut serta mereka nantinya bisa saja membeli produk tersebut ke kerabatnya untuk lebih dipercaya.

Kelebihan dari Buzz Marketing

buzz marketing

Jika anda tertarik, berikut ada beberapa kelebihan dari melakukan Buzz marketing ini, diantaranya,

  1. Bisnis Anda akan lebih Banyak dibicarakan Masyarakat dan membuat penjualan mudah meningkat
  2. Biaya yang dikeluarkan tergolong lebih murah
  3. Akan mempermudah Anda memperoleh jangkauan customer yang lebih luas
  4. Dengan semakin banyak penggunaan internet, Buzz Marketing lebih mudah terjadi
  5. Lebih mudah mendapat sebuah feedback dari customer.

Tips Menjalani Buzz Marketing

Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal, berikut terdapat beberapa tips yang perlu untuk Anda lakukan dalam buzz marketing Anda yaitu:

  • Melakukan Kerjasama dengan Influencer

Sekarang ini, influencer sudah mempunyai pengaruh besar di dunia marketing. Buzz marketing sendiri pasti nantinya akan sering menggunakan tips ini supaya strategi yang dijalankan akan memberi hasil yang baik. Maka dari itu, anda bisa mencoba bekerja sama dengan seorang influencer, seperti endorsement supaya influencer tersebut akan memposting produk anda ke social medianya. 

Dengan begitu, seorang influencer tersebut pun akan mempengaruhi followersnya agar mengenal lebih jauh tentang bisnis anda dan nantinya bisa membuat sebagian pengikutnya tertarik untuk mencoba produk Anda.

  • Membuat Campaign Iklan yang Menarik

Jika Anda membuat kampanye iklan yang monoton dan biasa saja, maka uang yang sudah digunakan untuk menggunakan buzzer serta influencer pasti akan terasa sia-sia. Juga nanti akan membuat masyarakat tidak memberi perhatian ke produk yang ditawarkan.

Jadi Anda pun bisa memaksimalkan strategi buzz marketing ini dengan membuat konsep yang menarik dari kompetitor lain. Jangan lupa berikan isi kampanye yang berpesan emosional serta bisa membuat masyarakat memusatkan perhatian ke kampanye tersebut.

  • Memaksimalkan penggunaan Media Sosial

Supaya produk Anda lebih viral di tiap kalangan masyarakat, pastikan jika anda telah menggunakan media social semaksimal mungkin. Anda juga bisa membagikan konten tersebut ke berbagai media social yang ada. Dengan begitu, semakin banyak Anda membagikan kampanye di media social, semakin banyak pula masyarakat yang melihat, tertarik, dan menjadi perbincangan menarik oleh banyak orang.

  • Lakukan Analisis pada Kampanye Anda

tips buzz marketing untuk keuntungan maksimal

Hal yang jangan sampai Anda lupakan adalah analisis kampanye iklan yang sudah anda lakukan. Hal ini supaya Anda bisa tahu seberapa tinggi ketertarikan audiens terhadap produk Anda. Selain itu Anda juga dapat mengetahui apa hal yang harus diperbaiki pada kampanye yang selanjutnya

  • Menciptakan konsep yang berbeda

Jika Anda menawarkan produk yang sudah banyak dijual, maka Anda harus bisa menciptakan perbedaan dari produk yang ditawarkan tersebut. Misalnya Anda dapat membuat konsep kemasan yang berbeda atau bonus-bonus yang berbeda pula agar bisa membuat masyarakat lebih tertarik ke produk Anda tersebut. Anda jangan takut dengan mencoba hal yang baru dan sekiranya dapat membuat produk yang Anda jual tersebut tampak lebih menarik dari yang lain.

  • Utamakan Kualitas dan Layanan Produk

Walaupun Anda sudah melakukan Buzz Marketing dengan baik, jika tidak diseimbangi dengan kualitas produk yang baik, pasti tidak ada perubahan. Karena cukup disayangkan jika produk yang ditawarkan tersebut tidak dapat memenuhi ekspektasi masyarakat dan malah membuat bisnis Anda semakin turun. Maka dari itu, buatlah kualitas produk ataupun layanan jasa yang baik juga bisa memenuhi ekspektasi mereka. Dengan begitu, customer yang pernah membelinya pasti akan senang hati menceritakan produk tersebut ke rekan mereka.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan tips strategi buzz marketing. Tapi Anda perlu mengingat saat melakukan Digital Marketing dengan strategi ini, Anda harus terus mengimbangi dengan produk dengan kualitas yang tetap sama atau bahkan lebih menarik, jangan sampai saat bisnis Anda sudah viral kualitas dari produk semakin menurun dan membuat kejelekan bisnis Anda menyebar.