3 Penyebab Utama Website Menjadi Lambat Saat Diakses

3 Penyebab Utama Website Menjadi Lambat Saat Diakses

 

Website yang lambat memang seringkali membuat visitor malas untuk menunggu loading website dan memilih untuk mencari informasi serupa dari website yang lain. Hal ini tentunya memiliki dampak buruk karena website kita akan dinilai “buruk” oleh Google karena banyak ditinggalkan visitor yang tidak sabar menunggu loading. Dari segi SEO juga hal ini dapat menjadi sebab turun nya ranking website kita. Anda pasti tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Untuk itu, yuk kita kupas mengenai hal-hal yang menyebabkan website menjadi lambat agar Anda bisa menghindarinya.

Website Menjadi Lambat Mungkin Karena 3 Hal Ini

Lambatnya website bisa terjadi karena adanya kesalahan atau error yang terjadi atau karena kualitas dari website yang memang perlu diperhatikan. Penggunaan plugin, gambar atau tema pada website juga perlu untuk diperhatikan agar tidak mengganggu kinerja website tersebut. Secara garis besar, Inilah 3 Hal yang Mungkin Menjadi Penyebab Website Anda Menjadi Lambat.

Website Menjadi Lambat Karena Server

  • Performa server kurang optimal

Performa server merupakan kunci utama dari kecepatan laman web saat diakses. Karena server berfungsi sebagai penyimpanan semua data dari website sekaligus data dari pengunjung website. Sehingga jika server yang digunakan tidak optimal, maka laman web akan menjadi lambat. 

Faktor performa server yang kurang optimal ini disebabkan oleh jenis server yang digunakan dan lokasi server. Memilih server yang paling populer belum tentu memiliki performa yang lebih baik dan lebih cepat. Jenis server yang Anda gunakan dapat mempengaruhi kecepatan laman web dimuat. Begitu juga dengan lokasi server. Semakin jauh lokasi server dari pengunjung, semakin lama proses permintaan data. Jika mayoritas target pengunjung website Anda dari Indonesia, lebih baik pilih server yang berlokasi di Indonesia.

  • Penggunaan space yang terlalu besar

Ketika Anda sudah memiliki website, yang harus diperhatikan juga adalah kapasitas ruang di laman web Anda. Ini penting diperhatikan karena untuk penyimpanan data pada website Anda. Batas aman yang tersisa biasanya adalah sekitar 30%-40%. Permasalahan yang cukup memakan banyak space adalah pembuatan file cache dan pembuatan file backup. Jika space web hosting Anda penuh, maka laman web Anda menjadi lambat atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

  • Traffic yang padat

Traffic yang padat atau jumlah pengunjung yang banyak di laman web Anda, jika tidak siap melayani traffic yang membludak, juga akan berakibat pada laman web yang menjadi lambat untuk diakses. Website yang ramai pengunjung memang keinginan pemiliki website, namun jika server tidak siap tetap akan menjadi masalah bagi pemilik website. Agar hal ini tidak terjadi, maka persiapkan server website dengan baik dan bijak. Jangan lagi menggunakan shared hosting atau menggunakan hosting yang gratisan. Gunakanlah server dengan performa dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Website Lambat Karena Kualitas Website

  • Penggunaan plugin yang terlalu banyak dan tidak ter-update

Plugin merupakan program komputer yang menambah fungsionalitas program utama agar website dapat bekerja lebih baik. Terlalu banyak memasang plugin di website, akan semakin banyak resource yang diperlukan. Apalagi jika semua plugin menjalankan fungsinya secara bersamaan, proses loading akan lebih lama. Jika plugin yang digunakan versi lama dan tidak ter-update, hal tersebut juga akan mempengaruhi kecepatan website. Salah satu cara untuk mengatur cache pada website agar lebih optimal yaitu dengan memasang cache plugin. Namun jika memasang plugin yang berlebihan, justru akan membuat website menjadi lambat. 

  • Konfigurasi yang tidak tepat

Konfigurasi yang dilakukan sesuai kebutuhan dapat meningkatkan performa website menjadi lebih baik dan optimal. Tapi perlu diingat, kesalahan konfigurasi dapat membuat sebuah website menjadi lambat untuk diakses. Beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan di antaranya pengaturan update, pengelolaan database, manajemen posting dan tautan. Selain itu, kesalahan konfigurasi juga akan menimbulkan pesan error pada laman web. Hal ini akan berakibat tidak baik terhadap kepercayaan pengunjung pada website Anda. 

  • Penggunaan konten flash yang berlebihan

Komponen yang membuat suatu website menjadi lebih menarik adalah konten flash. Konten flash dapat berupa animasi, konten audio atau video, hingga game dengan menarik. Hal ini memang menarik perhatian pengunjung, namun dapat juga membuat website menjadi lambat. File konten flash memiliki ukuran yang besar dan akan memakan kapasitas server yang digunakan. Sehingga inilah yang membuat proses unduh file menjadi lama dan mengakibatkan website Anda menjadi lebih lambat. Konten flash akan berpotensi mengganggu kestabilan website Anda jika digunakan secara berlebihan. 

  • Gambar tanpa optimasi

Penyebab paling umum dari lambatnya halaman web saat diakses adalah file gambar yang terlalu besar dan tidak dioptimasi. File gambar dengan ukuran besar akan memakan banyak kapasitas dan dapat membebani server. Ketika pengunjung mengakses, proses loading akan mempengaruhi loading website Anda. Gambar yang dimuat di website sebaiknya bukan gambar beresolusi tinggi, yang tidak lebih dari 150 pixel. Selain itu, tidak melakukan resize gambar dengan cara hardcore. Tampilkan gambar dengan resolusi dan ukuran yang sebenarnya. Anda dapat menggunakan alat pengoptimasi gambar untuk website seperti ShortPixel, Imagify, atau TinyPNG

  • Halaman tidak mobile-friendly

Laman web yang belum dioptimalkan untuk seluler terlihat berantakan di perangkat seluler dan juga lambat dimuat. Meskipun website Anda menggunakan desain responsif, namun jika tidak disesuaikan dengan berbagai macam perangkat, masih ada kemungkinan bahwa laman web tidak dibaca sebagai mobile-friendly bagi pengguna. Pastikan situs Anda mudah dibaca dan dinavigasi dalam format desktop, tablet, dan seluler, serta dengan perangkat aksesibilitas. Anda dapat mengidentifikasi laman web Anda menggunakan alat gratis dari Google,Test My Site. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa masalah seluler di Search Console dan Lighthouse.

  • Website Lambat Karena Kendala Teknis

Website lambat karena kendala teknis seperti jaringan yang bermasalah, perangkat yang lambat, dan juga web browser yang sedang bermasalah, yang digunakan oleh pengunjung juga sangat berpengaruh pada kecepatan akses website. Kendala teknik dapat diuji coba dengan mengakses website lain, apakah lambat saat membuka laman web Anda saja atau laman lain juga.

Tinjau Kembali Apakah Situs Web Anda Mengalami Masalah-Masalah di Atas??

Ketika situs web Anda lambat, cobalah untuk meninjau kembali situs web Anda. Apakah situs web Anda bermasalah seperti poin-poin di atas? Jika iya, maka Anda perlu untuk mengoptimalkannya kembali. Tugas pemilik situs web adalah membangun kepercayaan pengguna, dengan memberikan informasi yang relevan serta kenyamanan mengunjungi situs web Anda. Ketika pengguna merasa nyaman dan mendapatkan apa yang mereka cari, ini akan meningkatkan kepuasan konsumen dan menurunkan bounce rate Anda. Apapun yang membuat pengguna senang, Google juga akan menyukainya. 

Jadikan situs Anda berguna, fokus pada pengguna, dan buat situs yang bagus dan menarik untuk pengguna yang baik. Jika saat ini situs web Anda lambat, maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan cara meningkatkan kualitas konten marketing, mengoptimalkan search intent, hingga optimasi loading website. Anda harus rutin memantau kondisi situs web secara berkala agar tidak mengalami penurunan performa.