Lakukan 7 Hal Berikut Untuk Mengatasi Website Lambat Ketika Diakses 

Lakukan 7 Hal Berikut Untuk Mengatasi Website Lambat Ketika Diakses 

 

Pernahkah Anda mengalami harus loading yang sangat lama hanya untuk membuka sebuah halaman website? Sehingga akhirnya Anda merasa kesal dan memutuskan untuk meninggalkan website tersebut. Itulah yang dirasakan para visitor website ketika mengunjungi website lambat. 

Penyebab website menjadi lambat sebenarnya sangat beragam. Mulai dari adanya kesalahan atau error pada website hingga terlalu banyak nya traffic yang mengunjungi website tersebut dalam satu waktu. Untuk itu, Anda perlu untuk melakukan pengecekan mendalam untuk memastikan sebab apa yang membuat kinerja website Anda terganggu.

Begini Kerugian yang Terjadi Jika Website Lambat Tidak Segera Ditangani

Jika tidak segera ditangani, website yang lambat akan menyebabkan banyak kerugian bagi pemilik website sebagai berikut :

  1. Pengunjung tidak betah berlama-lama di website Anda
  2. Dapat menyebabkan bounce rate
  3. Tidak disukai mesin pencari dan tidak dianggap kredibel
  4. Sulit mendapatkan ranking di mesin pencari
  5. Mendapatkan traffic website yang rendah
  6. Jika sudah mempengaruhi faktor eksternal, maka akan membuat conversion rate rendah
  7. Conversion rate yang rendah akan menyebabkan menurunnya pendapatan

Anda tentunya tidak ingin mengalami kerugian-kerugian di atas bukan? Lalu, apa yang bisa Anda lakukan jika sudah terlanjur mengalami website yang lambat? Begini 7 hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah untuk mencegah masalah website lambat.

  • Melakukan Pengecekan Website Lambat

Sebelum membuat solusi untuk menangani website yang lambat, pastikan Anda telah melakukan pengecekan terhadap kecepatan website Anda terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan tools untuk mengecek kecepatan laman web Anda secara gratis, seperti Google PageSpeed Insight, Pingdom, GTMetrix, Test My Site dan lainnya. Pastikan Anda melakukan pengecekan secara berulang dan dengan menggunakan tools yang berbeda. Hal ini dimaksudkan agar Anda mendapatkan hasil yang lebih pasti tentang performa website Anda, sehingga tidak salah praduga dan tidak terburu-terburu mencari solusi website yang lambat. 

  • Memastikan Performa Server Optimal

Jika saat melakukan pengecekan, hasil menunjukkan bahwa memang website Anda lambat, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melihat performa server.   Pastikan apakah server hosting yang Anda gunakan baik untuk website Anda, apakah sesuai dengan kebutuhan website Anda, serta kapasitasnya masih cukup atau tidak. Sudah diketahui sebelumnya bahwa penyedia server hosting memiliki kualitas server dan kapasitas yang berbeda. Server yang berkerja baik sesuai kebutuhan website Anda akan membuat performa website juga menjadi optimal. Selain itu, pastikan untuk memilih lokasi server yang dekat dengan lokasi pengunjung Anda.  

  • Pertahankan Elemen Penting 

Menampilkan informasi yang lengkap pada website memang bagus, namun Anda tidak perlu untuk memuat semua elemen yang tersedia untuk website Anda. Terlalu banyak elemen yang terpasang padahal tidak terlalu penting akan membuat website Anda menjadi berat dan lambat saat dibuka. Untuk mengurangi berat nya halaman website ketika dibuka, maka lebih baik jika Anda hanya mencantumkan elemen-elemen penting yang esensial di dalam website. 

  • Mengoptimasi Situs Anda 

Mempertimbangkan kecepatan situs merupakan tugas yang wajib ada dalam daftar tugas pemilik website. Akan selalu agenda untuk mengompresi, mengoptimalkan, dan mempercepat waktu memuat laman web seperti:

  • Menerapkan AMP (Accelerated Mobile Pages).
  • Optimasi semua gambar sebelum memuatnya ke website Anda. Gunakan ukuran yang diperlukan tidak melebihi batasnya.
  • Tinjau dan hapus skrip, stylesheet, dan plugin eksternal atau file cache lain yang memuat banyak space. Jika ada yang tidak dibutuhkan, segeralah hapus. 
  • Memperhatikan dasar-dasarnya seperti menggunakan CDN, perkecil JavaScript dan CSS, serta mengatur cache browser.
  • Periksa alat bantu dari baris perintah untuk saran lebih lanjut agar kualitas website Anda meningkat. 
  • Minimalkan Elemen Non-Esensial

Jangan memenuhi laman pengunjung dengan iklan pop-up, promosi in-line, dan konten lain yang tidak mereka butuhkan. Kepadatan visual dapat menyebabkan tampilan website menjadi memuat lambat dan akhirnya pengunjung merasa tidak nyaman. 

  • Buat Fitur Website Yang Membantu User Mencapai Kebutuhannya

Tentu Anda ingin jika pengunjung menelusuri lebih banyak halaman di website Anda bukan? Maka permudahlah mereka. Manfaatkan hal tersebut dengan memberikan akses pencarian dengan pencarian prediktif, filter yang membantu, dan halaman “tidak ada hasil yang ditemukan” yang dioptimalkan. Buat menu navigasi yang mudah digunakan dan dimengerti oleh pengunjung. Uji menu navigasi Anda untuk mengetahui seberapa kompleks navigasi website Anda mempengaruhi rasio pentalan atau bounce rate di website Anda. Anda juga dapat membuat daftar isi dalam artikel panjang di blog Anda dengan tautan langsung yang mengarahkan pengunjung langsung ke bagian yang ingin mereka baca. 

 

Semoga artikel ini membantu Anda menemukan penyebab lambatnya laman web Anda, dan Anda dapat menemukan cara untuk memperbaikinya. Jadikan situs Anda berfungsi baik dengan fokus pada kenyamanan pengguna dan dapat memberikan kesan yang baik untuk pengguna. Dengan begitu, tidak lagi khawatir pengunjung website Anda akan berkurang, sehingga conversion rate Anda menjadi lebih tetap tinggi dan pendapatan bisnis daring Anda juga bertambah.