Keuntungan Menggunakan CMS Untuk Website

keuntungan menggunakan cms

Bagi Anda yang ingin membangun website tanpa perlu melakukan coding, menggunakan CMS adalah solusinya. Keuntungan menggunakan CMS adalah dapat memberikan kemudahan untuk membuat dan mengelola website agar lebih variatif dan friendly di mata pengunjung. CMS juga akan membantu bisnis Anda memaksimalkan strategi pemasaran konten dengan meningkatkan kehadiran digital bisnis Anda. Lantas apa itu CMS dan apa keuntungan menggunakan CMS?

Apa itu CMS (Content Management System)?

CMS atau Content Management System merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan mendistribusikan konten di situs web dengan mudah. Sehingga pemilik website dapat mengunggah, memodifikasi, dan menghapus konten dari situs web tanpa perlu mengetahui HTML, CSS, dan bahasa pemrograman lainnya. 

CMS dibagi menjadi dua, yakni hosted CMS dan self-hosted CMS. Hosted CMS tidak memerlukan instalasi, sedangkan self hosted harus menginstal sendiri CMS ke hosting. Biasanya penyedia hosting akan menyediakan cara menginstal CMS hanya dengan sekali klik. Kemudahan inilah yang ditawarkan agar keuntungan menggunakan CMS dapat dirasakan bagi pemilik website. CMS membantu pemilik website untuk merampingkan alur kerja dan memastikan kemudahan mengunggah dan mengelola konten di situs web Anda.

Baca juga: Mengenal Konten Otoritatif Agar Mendapat Peringkat Google

Keuntungan Menggunakan CMS

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan CMS, yang dapat membantu mempromosikan website dan memandu Anda dalam memilih CMS yang paling cocok untuk website Anda:

1. Mudah digunakan tanpa coding

Sudah disinggung di awal artikel bahwa keuntungan menggunakan CMS adalah dapat mempermudah pemilik website untuk membangun websitenya tanpa melakukan coding. Anda tidak perlu mempelajari segala macam bahasa pemrograman untuk dapat membangun website. Kemudahan kustomisasi yang ditawarkan CMS akan dapat membantu Anda membuat website dengan cepat dan terjangkau. Sehingga Anda dapat menghemat anggaran, karena tidak perlu membayar developer untuk mengelola website Anda.  

2. User-friendly

Membuka website yang mudah dinavigasi dan digunakan oleh pengguna, akan memberikan poin plus bagi pemilik website. Artinya website yang user friendly lebih disukai pengunjung. CMS dapat membuat website Anda menjadi ramah pengguna, tanpa pengaturan teknis yang merumitkan. Sehingga, keuntungan menggunakan CMS dapat membantu Anda menata tampilan dan konten website dengan mudah.

3. Penggunaan berbagai plugin

Keuntungan menggunakan CMS juga dapat berpengaruh terhadap pilihan jenis plugin. CMS memiliki beragam plugin siap pakai yang dapat digunakan untuk mengoptimasi dan memperbagus website. Plugin menambahkan fungsi dan elemen khusus pada website agar website menjadi lebih kompleks dan mempermudah pengoptimalan website Anda. Plugin di CMS cukup mudah digunakan, hanya tinggal menginstalnya dan kemudian mengaktivasinya. Plugin yang biasanya digunakan adalah plugin untuk mempercepat kinerja website seperti kontak Whatsapp, atau plugin untuk membantu keamanan website.

4. Mudah dikelola bersama

Keuntungan menggunakan CMS dapat memudahkan banyak pengguna untuk mengelola website secara bersama meski dalam satu kustom konten yang sama. Misalnya, penulis blog dapat menulis posting blognya sementara desain grafis menyisipkan gambar. Tentu ini akan mempermudah tim Anda untuk mengoptimasi website. 

CMS menyediakan pengaturan hak akses pengguna secara efektif. Anda dapat menentukan peran dan izin pengguna seperti editor, kontributor, atau author, untuk dapat mengakses website sesuai kebutuhannya terhadap website. Ini untuk mencegah tim Anda melakukan kesalahan secara tidak sengaja, untuk mengubah sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan. Sehingga akan lebih teratur dan menghindari terjadinya kendala yang mengganggu operasional website seperti terjadi error. 

5. Mudah diakses kapan saja

Penggunaan CMS yang berbasis cloud, dapat mempermudah Anda untuk mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja, selama Anda dapat terhubung ke jaringan internet. Aksesibilitas ini praktis bagi Anda dan tim, yang bekerja dari jarak jauh. Selama Anda memiliki sistem CMS yang efektif, Anda dapat menjalankan bisnis dan website secara praktis di rumah maupun di kedai kopi.

6. SEO-friendly

Ketika berbicara mengenai sebuah website, optimasi mesin pencari atau SEO juga termasuk di dalamnya. Sangat penting untuk mengarahkan traffic dan potensial prospek ke website Anda. Menggunakan CMS akan memudahkan pengoptimalan website Anda untuk mesin pencari seperti Google. Anda dapat menambahkan tag judul, meta deskripsi, keyword dan URL yang ramah pencarian, serta komponen SEO yang lainnya, menggunakan plugin CMS. 

Plugin SEO di CMS akan membantu website Anda mendapatkan peringkat di mesin pencari, selain pembuatan konten yang berkualitas. Tentu akan memudahkan tim Anda untuk menerapkan strategi SEO tanpa menghabiskan banyak waktu. Karena jika ada elemen yang salah atau tidak lengkap, CMS akan mengingatkan Anda mengenai hal itu.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Cara Membuat Website Menjadi SEO Friendly

7. Pembaruan konten dengan instan

Memperbaharui konten dengan tren bisnis yang sedang berjalan, perlu Anda lakukan agar bisnis Anda tetap relevan dengan kebutuhan pasar. Kemudahan dari penggunaan CMS adalah, Anda tidak perlu menunggu admin website atau pengembang website untuk melakukan perubahan pada website Anda. Anda dapat masuk dan melakukan editing pada konten Anda sendiri. Sehingga, konten dalam website Anda dapat diperbaharui dengan instan dan dapat langsung dipublikasikan secara langsung.

8. Distribusi multi-platform dengan CMS

Dengan CMS, Anda dapat mendistribusikan konten bukan hanya melalui website melainkan dapat melalui berbagai platform marketing yang Anda gunakan untuk memasarkan produk. Pendistribusian multi platform ini dapat memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan konten Anda dengan pengguna. Semakin banyak platform marketing yang digunakan, akan semakin banyak audiens yang Anda jangkau. 

Namun ingat, saat melakukan distribusi multi platform, Anda harus membuat konten yang telah disesuaikan untuk setiap platform. Anda tidak bisa hanya membuat satu konten dan mempublikasikannya di mana-mana. Itu akan berlebihan. Anda dapat mempublikasikan tulisan blog Anda dengan menyalin URLnya dan membagikannya di postingan media sosial, tanpa harus memuat semua tulisannya. Strategi multi platform memberikan fleksibilitas dan ruang bagi bisnis Anda untuk berkembang.

Jadi, CMS yang Seperti Apa yang Harus Dipilih?

Menginvestasikan website menggunakan CMS akan memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan mendistribusikan konten dengan lebih mudah tanpa bantuan pengembang web. Selain mudah digunakan, CMS juga mudah diperbaharui dan optimalkan. Tanpa menggunakan CMS, membuat perubahan pada website dapat memakan waktu dan menghabiskan banyak biaya. 

Tidak semua platform CMS sama. Beberapa CMS lebih baik dalam fungsi tertentu, seperti menerbitkan dan membuat konten, sementara yang lain lebih fokus pada pengoptimalan mesin pencari. Jadi, ketika Anda memilih CMS untuk digunakan di website, Anda perlu melihat fitur-fiturnya. Selain itu Anda juga harus memaksimalkan CMS agar Anda mengetahui bagaimana keuntungan menggunakan CMS untuk membantu kinerja website Anda. Beberapa contoh CMS terbaik yang dapat Anda gunakan bahkan secara gratis adalah WordPress, Blogger, Drupal, Joomla, Magento, dan lainnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?