Cara Meningkatkan Jangkauan Instagram Bisnis Anda

meningkatkan jangkauan instagram

Membangun jangkauan Instagram dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda seperti menargetkan audiens, kesadaran merek, membangun komunitas daring, serta peningkatan penjualan produk yang Anda tawarkan. Lantas bagaimana cara meningkatkan jangkauan Instagram bisnis Anda?

meningkatkan jangkauan instagram

Meningkatkan Jangkauan Instagram Melalui Algoritma Instagram

Beberapa tahun lalu, strategi pemasaran melalui Instagram relatif mudah. Namun dengan perubahan algoritma Instagram yang terus berubah cepat, rasanya semakin sulit untuk meningkatkan jangkauan Instagram ke audiens tertarget Anda. Karena hanya pihak Instagram yang mengetahui secara pasti bagaimana algoritma Instagram benar-benar berjalan.

Algoritma Instagram memilih konten yang akan mendapat peringkat tinggi di halaman pengguna berdasarkan jumlah jangkauan organik. Ini artinya keterlibatan pengguna terhadap akun bisnis Anda sangat mempengaruhi jangkauan Instagram Anda. Sehingga ketika Anda memahami algoritma Instagram, Anda dapat memanfaatkannya dengan baik untuk membangun jangkauan Instagram organik yang kuat. Bagaimana algoritma Instagram dapat menguntungkan Anda dalam meningkatkan jangkauan Instagram? 

Terdapat 3 faktor yang diperhitungkan algoritma Instagram saat memberikan peringkat pada postingan pengguna. Ketiga faktor ini diperhitungkan karena dapat meningkatkan jangkauan Instagram, ketiga faktor tersebut adalah:

  1. Minat audiens untuk berinteraksi dengan akun Anda
  2. Waktu terbaik untuk memposting konten agar muncul di halaman audiens
  3. Interaksi yang bermakna, yang membangun hubungan antara Anda dan pengikut

Bagaimana cara meningkatkan jangkauan Instagram?

meningkatkan jangkauan instagram

Jangkauan Instagram adalah jumlah audiens atau pengguna yang melihat dan berinteraksi dengan konten Anda. Jangkauan terbagi menjadi jangkauan organik dan jangkauan berbayar. Jangkauan organik didapatkan dari konten yang menarik disertai dengan tagar dan teknik lain yang tampil di halaman audiens. Sedangkan jangkauan berbayar didapat dari proses mengiklankan konten Anda agar dilihat audiens Anda. 

Jangkauan organik sulit untuk dicapai, tapi lebih bermanfaat dalam memaksimalkan tingkat konversi, terlebih dalam jangka panjang. Itu sebabnya Anda perlu mengetahui cara meningkatkan jangkauan Instagram Anda agar membantu Anda menjangkau audiens Anda sehingga konten yang Anda buat dapat memperoleh peringkat dari Instagram.

1. Temukan waktu posting yang tepat

Jumlah suka dan komentar yang diterima setelah konten diposting merupakan hal terpenting dalam jangkauan Instagram. Itulah sebabnya Anda harus menemukan waktu posting yang tepat untuk konten Anda. Memposting konten di waktu yang tepat, dimana audiens Anda sedang online membuka Instagram, maka kemungkinan Anda mendapat jangkauan sangatlah besar.

2. Menggunakan hashtag yang tepat

Tidak ada jangkauan Instagram yang tidak mempergunakan hashtag yang tepat. Hashtag merupakan poin utama dalam strategi marketing di Instagram. Hashtag membantu audiens menemukan konten Anda dan membantu Anda mengetahui kampanye pemasaran yang disukai audiens.

Anda dapat menggunakan hashtag yang relevan dengan niche bisnis Anda. Sekalipun hashtag memiliki kepopuleran berdasarkan tren, tetap sebaiknya menggunakan hashtag yang relevan dengan niche dan isi konten Anda. Dengan begitu, jangkauan organik Anda akan meningkat seiring penggunaan hashtag yang tepat.

3. Membangun interaksi dengan audiens

Berinteraksi dengan audiens dapat meningkatkan jangkauan Instagram organik Anda. Interaksi apa yang dapat Anda lakukan? 

  1. Membalas pertanyaan atau komentar yang diajukan oleh audiens di kolom komentar maupun di direct messenger atau dm
  2. Menjelajahi konten pengguna lain yang masih seniche dengan bisnis Anda, dan terlibat dengan mereka
  3. Membuat konten berupa pertanyaan untuk memancing audiens berinteraksi dengan Anda
  4. Mengadakan giveaway untuk menjaring audiens baru dan menciptakan interaksi
  5. Me-repost konten buatan audiens yang tag akun Anda

Dengan Anda repost konten buatan audiens, itu akan membangun hubungan yang baik dengan pengikut Anda. Selain itu juga, repost konten audiens dapat meningkatkan kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda. Interaksi yang baik, yang terjalin dengan audiens Anda dapat berdampak positif pada algoritma Instagram dan dapat akibatnya, jangkauan Instagram Anda dapat meningkat. 

meningkatkan jangkauan instagram

4. Memanfaatkan Instagram story

Menggunakan Instagram story untuk memposting konten, penting Anda lakukan. Kenapa? 

  1. Tidak semua audiens Anda membuka Instagram diwaktu yang bersamaan dengan jadwal Anda posting konten. Namun dengan membagikan konten Anda ke Instagram Story (selain postingan feed), dapat membuat audiens Anda mengetahuinya meski sudah lewat waktu unggah. 
  2. Instagram story memberikan Anda wadah untuk menyajikan cerita yang lebih hangat, seperti membagikan cerita saat Anda sedang membuat adonan donat yang akan dijual. Audiens menjadi tahu bahwa Anda menggunakan bahan-bahan premium, sehingga rasanya enak. 
  3. Instagram story juga didasarkan pada algoritma, sehingga penting untuk memposting Instagram story secara teratur, dengan memberikan konten yang informatif dan menginspirasi.

5. Menggunakan geolokasi

Selain hashtag, lokasi bisnis Anda juga penting untuk diperhatikan. Penggunaan geolokasi dalam konten yang Anda posting dapat meningkatkan jangkauan Instagram Anda. Karena mungkin saja, beberapa pengguna Instagram tidak mencari hashtag, melainkan mencari lokasi tertentu yang dapat dijangkau oleh audiens. Dengan geolokasi juga, Anda dapat menemukan pengikut baru dan memperluas jangkauan Instagram Anda.

6. Memanfaatkan Instagram Ads

Meski Instagram Ads dapat menghasilkan jangkauan yang tidak organik, namun dengan strategi periklanan Instagram yang tepat dapat membantu Anda mengembangkan pengikut organik. Bagaimana caranya? 

Gunakan konten Anda yang sudah terposting, kemudian promosikan konten tersebut dengan menggunakan boost post. Jadi dengan begitu, tingkat keterlibatan untuk postingan tersebut akan meningkat secara organik dan berperingkat lebih baik daripada sebelum diiklankan. Anda dapat memilih postingan yang telah memiliki lebih banyak jangkauan daripada postingan lainnya. 

7. Berkolaborasi dengan influencer Instagram

Belakangan ini, strategi pemasaran dengan menggunakan bantuan influencer sedang tren dilakukan. Anda juga dapat memanfaatkan kolaborasi dengan influencer untuk meningkatkan jangkauan Instagram Anda. Influencer akan membantu Anda menemukan audiens baru, memproduksi konten tren, memberikan review positif terhadap produk Anda, menghasilkan prospek, dan meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda. 

8. Jelajahi IGTV dan Reels

Selain IGTV, saat ini Reels juga tidak kalah populer digunakan sebagai media pemasaran selain Feeds Instagram. IGTV dan Reels adalah cara lain bagi Anda untuk meningkatkan jangkauan Instagram melalui konten video. Konten video memiliki manfaat lebih dibandingkan dengan konten gambar maupun tertulis. Sehingga terlihat lebih menarik dan pesan yang disampaikan lebih mudah diterima oleh audiens.

Untuk meningkatkan jangkauan organik, Anda harus mematuhi aturan dan algoritma yang telah ditentukan oleh Instagram. Dan perhatian utama algoritma adalah keterlibatan pengguna atau audiens yang tinggi. Meski membangun jangkauan organik di Instagram tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu semalam, namun dengan strategi dan usaha yang tepat, Anda akan merasakan manfaat dari jangkauan yang meningkat ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?