Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing dalam Kampanye Marketing

video marketing

Sebagai pemilik bisnis yang menggunakan platform digital sebagai saluran pemasar, video marketing merupakan salah satu solusi yang ampuh. Namun strategi ini memiliki kelebihan dan kekurangan video marketing. Jika dilakukan dengan baik, akan menghasilkan penjualan yang menguntungkan. Namun jika dilakukan dengan buruk karena salah strategi, maka dapat merusak tingkat konversi Anda.

Dengan video marketing, Anda dapat menceritakan kisah brand Anda secara visual dan dapat terhubung langsung dengan audiens Anda dengan cepat. Ini karena, lebih mudah bagi mereka untuk menonton video daripada membaca banyak teks untuk mendapatkan pesan brand Anda. Dengan video, audiens dapat mengamati bahasa tubuh seseorang, ekspresi, dan pesan tersirat di dalam video tersebut. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan video marketing yang dapat Anda pelajari:

Baca juga: Bagaimana Membangun Social Media Presence yang Kuat?

Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing

kelebihan dan kekurangan video marketing

Sebelum merencanakan video marketing, ketahui kelebihan dan kekurangan video marketing berikut ini agar Anda dapat membuat perencanaan konten video marketing yang lebih efektif dan efisien.

Kelebihan Menggunakan Video Marketing

Keuntungan menggunakan video marketing untuk strategi pemasaran digital Anda:

  1. Video dapat dengan mudah menangkap minat audiens dan kepercayaan audiens daripada sebuah teks. Selain itu, audiens mudah terhasut untuk membeli jika orang yang berbicara dalam video Anda ramah, percaya diri, dan bersemangat tentang produk atau layanan yang ditawarkan dalam video.
  2. Video membuat bisnis Anda menyampaikan maksud atau pesan Anda jauh lebih baik, karena emosi yang ditampilkan lebih terlihat dan lebih mudah mempengaruhi audiens yang menonton. Ini akan membantu meningkatkan keterlibatan audiens dan secara halus mendorong prospek ke tahap berikutnya dari siklus jual beli.
  3. Dengan penggunaan video, Anda dapat menyampaikan informasi menggunakan berbagai gaya komunikasi yang beragam, yang tidak dapat Anda gunakan dengan teks.
  4. Video dapat digunakan kembali dan dikemas ulang bersama dengan konten pemasaran lain yang relevan.
  5. Video dapat dibuat dalam banyak format, seperti dalam format panjang dan pendek dan dapat disesuaikan dengan platform marketing yang digunakan. Seperti saat menggunakan Youtube dapat menggunakan video dengan durasi lebih dari 7 menit, dan saat menggunakan Instagram TV dapat menggunakan video dengan durasi 1 sampai 2 menit. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan sesuai pesan yang ingin Anda sampaikan. Sehingga durasi video menjadi tidak terlalu panjang untuk ditonton, tetapi Anda juga terlalu pendek dan kurang informasi untuk menyampaikan pesan Anda.
  6. Biayanya yang lebih murah. Platform online lebih murah jika dibandingkan dengan media tradisional. Mengapa? Karena tidak memiliki keterbatasan. Jika sebelumnya beriklan dalam bentuk video hanya dapat dilakukan melalui tayangan iklan di televisi, kini dimanapun Anda dapat membuat video marketing Anda bahkan dengan biaya yang gratis yakni melalui Youtube. Sehingga Anda dapat menghemat anggaran untuk menyewa bakat seorang skrip kreatif, tim produksi, dan slot waktu tayangnya untuk meluncurkan kampanye iklan. 
  7. Hasil video marketing yang real-time. Pengukuran sebuah kampanye pemasaran yang sukses atau tidak, terletak pada jumlah umpan balik dan penjualan yang dihasilkannya. Tentu saja, platform online juga dapat menghasilkan keterlibatan konsumen, yang memberi brand sebuah umpan balik secara real-time, di mana mereka dapat segera mengambil tindakan untuk langkah selanjutnya dengan melihat keberhasilan video marketing yang dibuat.
  8. Dominasi global. Dengan adanya penggunaan video marketing secara online, kampanye marketing tidak lagi terbatas pada keterlibatan lokal sekitaran bisnis Anda berada, tetapi dapat dipublikasikan secara global. Siapapun dapat melihatnya, dimanapun audiensnya, dan bagaimanapun keadaannya. Salah satunya dengan web. Dengan membuat konten video marketing yang menarik di website, Anda  dapat yang menjangkau setiap celah di kota lain, di pulau lain, dan bahkan di negara lain. Bukankah keinginan seorang pebisnis adalah membuat konten layak berstatus viral agar bisnisnya dikenal banyak audiens?

Baca juga: Promosi Melalui Konten Video Terbukti Lebih Menarik

Kekurangan Menggunakan Video Marketing

Di sisi lain, Anda dapat mempertimbangkan kekurangan menggunakan video marketing sebelum menggunakan video marketing, seperti berikut ini:

  1. Video yang berkualitas rendah jika menggunakan tools yang seadanya. Eksekusi video yang buruk juga dapat membuat kualitas video menjadi tidak menarik yang diakibatkan dari kurangnya skill Anda dalam pengambilan video dan editing video. Akibatnya, platform Anda akan menampilkan video yang terlihat murahan. Jika Anda tidak hati-hati, video Anda mungkin terasa seperti diproduksi oleh seseorang yang tidak proper, yang membuat video marketing seadanya dan tanpa melihat sisi estetika.
  2. Sebuah video bisa menjadi berlebihan atau mengganggu jika terlalu panjang. Audiens akan meninggalkan klip video dalam 10 detik pertama pemutaran, jika mereka tau video yang ditontonnya memiliki durasi yang sangat panjang dan sudah terasa membosankan sejak awal video diputar. 
  3. Beberapa orang, melihat gambar infografis seperti meme, dapat menjadi lebih menarik daripada video. Terutama jika demografi target Anda kurang memperhatikan video dan bukan termasuk dalam audiens yang suka menonton.
  4. Memproduksi video marketing yang berkualitas tinggi akan membutuhkan waktu lama untuk mempelajari keahlian tersebut dan menyiapkan peralatan pendukungnya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga dapat menjadi sangat mahal. Sehingga Anda dan tim Anda mungkin harus menginvestasikan waktu dan biaya untuk menguasai proses pembuatan video.
  5. Anda tidak dapat memaksakan penayangan. Nah, jika seseorang telah melihatnya sekali, kemungkinan besar mereka tidak akan melihatnya lagi. Kecuali video yang Anda buat merupakan video yang viral dan sangat kreatif, sehingga menarik perhatian audiens dan akhirnya mengulang untuk menonton. 
  6. Tidak ada cara untuk melacak efektivitas video marketing yang telah dibuat, untuk mendapatkan keuntungan. Dapat membawa keuntungan atau tidak, video marketing tidak memiliki aturan baku bagaimana sebuah video marketing dapat membawa keuntungan.

Masih Ragu Menggunakan Video Marketing?

proses pembuatan video marketing

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan video marketing, mungkin Anda menjadi ragu untuk menggunakan video marketing. Sebelum Anda dapat menilai bahwa kelebihan dan kekurangan video marketing akan Anda rasakan, cobalah untuk mempertimbangkan apakah video marketing cocok untuk bisnis Anda dengan mulai mencobanya sekarang. Untuk mengetahui Anda dapat membuat, menguji, dan mendapatkan umpan balik dari pengguna. Kelebihan dan kekurangan video marketing membuat Anda lebih terencana dalam menentukan strategi konten video marketing  yang efektif. 

Jika Anda kesulitan untuk membuat video marketing dan ragu tentang kelebihan dan kekurangan video marketing yang ada, Anda dapat menggunakan jasa video marketing dari DIFITECH. Dengan menggunakan jasa kami, Anda akan mendapatkan video marketing yang menarik dengan kualitas yang premium untuk mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat memilih jenis video marketing sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Seperti, video produk, motion graphic, video campaign, video dokumentasi, dan lainnya. Sehingga Anda tidak perlu memusingkan soal kelebihan dan kekurangan video marketing, karena Difitech akan memaksimalkan konten video marketing Anda dan menguntungkan bisnis Anda. Anda dapat menghubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut seputar video marketing.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?