Tips Membuat Meta Tag SEO Friendly Untuk Mengoptimasi Website

meta tag seo friendly

Website yang mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari, merupakan impian dari pemilik website. Salah satu cara untuk mewujudkannya dengan membuat meta tag SEO friendly. Anda dapat mempelajari tentang cara membuat meta tag SEO friendly pada pembahasan berikut.

Apa Itu Meta Tag SEO?

Meta tag adalah strategi yang memberi tahu mesin pencari mengenai informasi penting tentang halaman website, seperti tampilan hint berupa judul dan deskripsi singkat mengenai artikel, yang ditampilkan pada hasil pencarian seperti Google. Meta tag ini membantu website memberitahu kepada browser bahwa informasi yang dicari oleh audiens atau pengunjung ada di halaman website Anda. Itu sebabnya, setiap halaman harus membuat meta tag SEO friendly, agar mudah terbaca oleh mesin pencari. Setiap halaman web memiliki meta tag, tetapi hanya terlihat dalam kode HTML.

Manfaat Membuat Meta Tag SEO Friendly

Jika Anda membuat meta tag SEO friendly, Anda akan merasakan berbagai manfaat pada halaman website yang sedang dikelola. Berikut manfaat membuat meta tag SEO friendly:

  • Dapat meningkatkan traffic website
  • Mempermudah mesin pencari memahami isi konten Anda
  • Memperkuat posisi ranking website Anda di mesin pencari
  • Meningkatkan relevansi konten Anda terhadap pencarian audiens
  • Memaksimalkan tampilan halaman website

Baca juga: Tingkatkan Jumlah Traffic pada Website Menggunakan Meta Description

Beberapa Meta Tag SEO yang Wajib Dioptimasi

Meta tag memiliki tiga bagian yang dapat dioptimasi, yaitu meta title, meta description, dan meta keyword. 

contoh meta tag di mesin pencari

Meta Title

Meta title adalah judul artikel yang muncul di halaman hasil pencarian. Meta title tersebut dapat diklik, untuk masuk ke halaman lengkap artikel yang dituju. Meta title juga yang memberikan informasi mengenai isi konten yang sedang dicari oleh audiens melalui keyword yang mereka masukan di mesin pencari. Itu sebabnya meta title sebaiknya mengandung keyword tertarget, agar memudahkan audiens menemukan website Anda. 

Meta title dapat diubah kapan saja, dengan menggunakan kode HTML. Namun jika Anda menggunakan WordPress, maka Anda tinggal menuliskannya pada kolom judul di bagian atas atau di bagian kotak SEO title. 

meta title di WordPress

meta title di halaman wordpress

meta title di plugin SEO

SEO title pada kolom plugin SEO

Meta Description

Meta description adalah hint atau rangkuman dari konten website yang muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari. Meta description ini berada di bawah meta title. Meta description memberikan gambaran informasi, sebelum audiens membuka link artikel full. Sehingga audiens dapat membaca dan mengetahui terlebih dahulu gambaran konten pada halaman tersebut. Untuk dapat menarik perhatian audiens, Anda dapat menuliskan deskripsi yang jelas, ringkas, dan menarik, agar website Anda memiliki peluang mendapatkan traffic. 

Meta Keyword

Meta keywords adalah kumpulan beberapa kata berisi informasi kata kunci pada sebuah website. Kata kunci dibuat untuk memberitahu mesin pencari mengenai isi postingan dan artikel website Anda. Sehingga ketika audiens mengetik kata kunci tertentu, website Anda dapat direkomendasikan dan muncul di halaman pencarian jika kata kunci Anda dan audiens relevan. Itu sebabnya kata kunci harus dibuat relevan dengan konten yang dibuat. Kata kunci biasanya bukan hanya ada pada badan artikel atau konten, tetapi juga dapat dimuat di judul serta deskripsi dalam meta tag. Hindari membuat kata kunci yang sembarangan dan tidak ada di konten. Ini akan berakibat buruk pada website Anda. Anda dapat menambahkan meta keyword di plugin SEO, agar tidak perlu menggunakan coding untuk membuatnya.

meta keyword pada kolom plugin SEO

Baca juga: Mengenal Konten Otoritatif Agar Mendapat Peringkat Google

Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly

Meta tag dapat dibuat dengan dua cara, yakni dengan memasukan kode HTML dan dengan plugin SEO bagi pengguna CMS seperti WordPress. 

Menggunakan kode HTML

Jika Anda menggunakan kode HTML, Anda dapat membuat susunan meta tag seperti berikut: 

  • Meta title: <Title>Title Website Anda</Title>
  • Meta Description : <Meta Content=’Description Website Anda’ Name=’Description’/>
  • Meta Keyword : <Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>

Menggunakan Plugin SEO

Sedangkan bagi pengguna plugin SEO seperti di WordPress, Anda dapat dengan mudah memasang meta tag langsung. Salah satu plugin SEO WordPress yang umum digunakan adalah Yoast SEO. 

Meta tag dalam plugin SEO biasanya memiliki warna sebagai tanda apakah meta tag yang Anda buat sudah sesuai atau tidak dengan nilai SEO. Warna merah menandakan masih kurang dari nilai SEO, warna orange menandakan sudah benar namun belum sempurna, dan warna hijau menandakan sudah sesuai dengan nilai plugin SEO tersebut. Tentu warna ini akan semakin membantu pengguna dalam mengetahui keefektifan penggunaan plugin SEO serta pembuatan konten yang selanjutnya.

Untuk membuat meta tag SEO friendly, Anda dapat membuat judul dan deskripsi yang unik dan menarik, tidak terlalu panjang atau sesuaikan dengan ketentuan jumlah karakter, menyisipkan target keyword pada judul dan deskripsi Anda, buat judul dan deskripsi yang layak klik namun bukan clickbait, serta buat judul, deskripsi, serta keyword sesuai dengan isi konten.

Baca juga: 8 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Website Bisnis

Meskipun penggunaan plugin SEO bukanlah kunci sukses website Anda memperoleh peringkat teratas, namun tidak ada salahnya Anda menggunakannya untuk mengetahui apa saja faktor yang membuat sebuah website memperoleh peringkat di mesin pencari.

Membuat meta tag SEO friendly merupakan salah satu teknik SEO on page yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi website Anda. Terdapat teknik SEO lain yang dapat Anda pelajari dan coba untuk mengoptimasi website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?