Mengenal Dwell Time SEO dan Pengaruhnya

mengenal dwell time seo

Bagaimana cara mengetahui konten website Anda disukai oleh audiens? Salah satu caranya adalah dengan mengetahui jumlah dwell time dalam website Anda. Dwell time SEO dapat membantu Anda memberitahu, apakah audiens benar-benar membaca konten Anda atau tidak. Dwell time dapat membantu Anda mengetahui jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda.  Untuk itu, dalam postingan ini kita akan membahas apa itu dwell time SEO dan bagaimana cara mengoptimalkan dwell time SEO.

Apa itu Dwell Time SEO?

Dwell time SEO merupakan jumlah waktu yang berlalu di antara waktu Anda saat pertama meng-klik hasil pencarian untuk masuk ke dalam sebuah situs web, dan kemudian pergi kembali ke halaman SERP. Jadi dwell time SEO ini dapat dikatakan sebagai jumlah waktu pengunjung berada di situs Anda. 

Sebagai contoh:

Ibnu melakukan pencarian untuk “membuat bolu kukus”. Ibnu meng-klik website di urutan paling atas dan menghabiskan waktu 3 menit 17 detik untuk membaca isi konten tersebut. Karena Ibnu belum puas, akhirnya ia kembali ke SERP dan mencari artikel lain dengan pembahasan terkait.

Maka dwell time Ibnu di halaman itu kira-kira 3 menit 17 detik. Begitulah cara menentukan dwell time SEO.

Dwell time yang lebih lama akan menunjukkan pengalaman pengguna yang positif. Hal inilah yang juga diperhatikan mesin pencari dalam menilai sebuah website, kepuasan pengguna dari riwayat pengalaman pengguna.

Bagaimana Cara Menghitung Dwell Time SEO?

Sebelum mengoptimasinya, Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana Anda mengetahui bahwa analisis waktu tersebut adalah dwell time. Meski dwell time tidak memiliki cara yang resmi untuk mengukur bahkan menghitungnya, namun dwell time SEO memiliki konsep yang dapat dipahami bahwa itulah yang disebut dengan dwell time.

Dwell time tidak akan ditemukan ketika menggunakan Google Analytics maupun tool lainnya. Hanya bounce rate dan average time on page saja yang dapat dilihat melalui Google Analytics. Baik bounce rate dan average time on page, keduanya dapat menjadi acuan dalam menghitung dwell time. Semakin rendah bounce rate dan semakin tinggi average time on page, maka indikator dwell time akan baik. 

Baca juga: Optimasi Teknik SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Website

Cara Efektif untuk Mengoptimalkan Dwell Time SEO

Kesan pertama yang dilihat dan dirasakan pengunjung ketika masuk ke halaman website Anda dapat memiliki pengaruh yang besar, apakah mereka akan bertahan atau mereka akan kabur. Keputusan pengunjung website inilah yang dapat Anda optimalkan. Baik kesan positif maupun negatif, mengoptimalkan website akan membuat kesan pertama pengunjung semakin baik. Lantas bagaimana cara yang efektif untuk mengoptimalkannya:

  1. Kecepatan website dalam memuat halaman

Hampir kebanyakan pengguna akan meninggalkan halaman website yang memuat halaman lebih dari lima detik. Anda perlu memperhatikan kecepatan website Anda dalam memuat halaman. Berapa detik waktu yang dibutuhkan website Anda untuk memuat sebuah halaman, hitunglah agar Anda mengetahuinya. Untuk meningkatkan dwell time di website, Anda dapat mempelajari bagaimana cara mempercepat situs website.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Berikut Untuk Mengatasi Website Lambat Ketika Diakses

  1. Desain website

Pernahkah Anda mendengar bahwa orang jatuh cinta berawal dari pandangan pertama? Begitu juga dengan desain website. Kesan pertama yang pengunjung lihat saat masuk ke halaman website Anda adalah desain website. Desain memiliki banyak pengaruh untuk pengunjung. Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa desain website Anda beresonansi dengan pengunjung bahkan target audiens Anda. Warna yang sederhana, tata letak konten yang tertata rapi, serta font yang jelas dan mudah dibaca adalah contoh desain yang akan meningkatkan dwell time SEO Anda.

  1. Tampilan website yang ramah seluler

Kebanyakan dari pengguna membuka website melalui perangkat seluler mereka. Maka dengan tampilan website yang ramah seluler dan responsif digunakan, dapat membantu Anda meningkatkan dwell time SEO. 

  1. Iklan dan tampilan Pop-up

Mungkin iklan dan tampilan pop-up sangat penting bagi Anda untuk memperoleh leads ataupun untuk menambah penghasilan website Anda. Namun tampilan iklan dan pop-up dapat mengganggu pengunjung saat mereka ingin membaca isi konten Anda. Untuk itu, tidak banyak pula pengunjung yang memasang Ad blocker di perangkat mereka agar tetap nyaman berselancar di dunia maya. Jadi perhatikan dengan baik, penggunaan iklan maupun pop-up yang Anda gunakan. Agar tidak mengganggu tampilan pengunjung dan merusak pengalaman mereka saat masuk ke halaman web Anda.

  1. Targetkan keyword yang tepat

Keyword dalam judul dan deskripsi Anda memberikan hint khusus, tentang apa yang ada pada konten tersebut. Namun jika kenyataannya judul dan deskripsi Anda tidak sesuai dengan isi konten, pengunjung akan segera pergi meninggalkan website Anda dan mencari website lain. Inilah pentingnya menargetkan keyword pada judul dan deskripsi konten Anda.  Keyword yang tertarget dapat dengan mudah ditemukan oleh pengunjung dan jauhilah clickbait.

Baca juga: 6 Tips Optimasi Keyword Untuk Rank SEO

  1. Memanfaatkan penggunaan media

Gambar, video, infografis, dan media lain yang Anda gunakan dalam website dapat memberikan kesan visual yang lebih menarik untuk pengunjung. Padukan antara tulisan dengan penggunaan media dalam penulisan konten website Anda. Sehingga konten Anda di website tidak monoton berisi tulisan saja atau gambar saja. Ini akan membuat dwell time SEO Anda meningkat.

  1. Menyertakan internal link

Dwell time SEO bukan hanya tentang halaman website yang dikunjungi oleh audiens. Ini juga mengenai total durasi waktu yang pengunjung habiskan di situs web Anda. Karena itu, membuat pengunjung lebih lama di website dengan cara menyertakan internal link di dalam konten Anda. Dengan begitu, pengunjung akan mengeksplorasi beberapa halaman lain yang terkait di dalam website Anda. Tautkanlah internal link terkait dengan konten Anda, untuk membantu pengunjung menjelajahi seluruh halaman website Anda.

  1. Pahami pengguna Anda

Cara terpenting untuk meningkatkan dwell time SEO Anda adalah dengan memahami maksud pengguna Anda datang ke halaman tersebut. Dengan memahami apa yang audiens butuhkan, serta solusi yang dapat Anda tawarkan kepada audiens, akan sangat membantu audiens menemukan apa yang mereka cari. Lakukanlah riset pasar untuk konten website, agar Anda lebih terbantu memahami keinginan audiens.

Baca juga: 6 Rekomendasi Plugin SEO Terbaik Untuk Website Anda

Dwell time dalam SEO merupakan topik yang masih sedikit dibahas. Lebih banyak terfokus pada bounce rate dan average time on page. Namun, tidak peduli apakah Google benar-benar melacak dwell time atau tidak, mengoptimalkan dwell time dapat membantu situs Anda meningkatkan indikator pengalaman pengguna yang menyenangkan. Karena tindakan apapun yang dapat meningkatkan dwell time, dapat meningkatkan website dan nilai SEO Anda secara keseluruhan. Fokus pada pengalaman pengguna dan kualitas konten, maka dwell time akan teroptimasi dengan sendirinya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?