menguasai instagram bisnis

7 Langkah Sederhana untuk Menguasai Instagram Bisnis

Sejak didirikan pada tahun 2010, Instagram telah menjadi salah satu aplikasi yang paling cepat berkembang hingga saat ini. Mengingat memiliki sekitar 150 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, tidak ada tanda-tanda aplikasi ini akan menurun. Bukti sederhananya adalah bahwa calon pelanggan selalu aktif di Instagram dan membuat banyak pebisnis menjadikan aplikasi satu ini sebagai alat pemasaran sangat yang berharga.

Namun, dalam beriklan tentu tidak selalu berjalan lancar, apalagi di Instagram sudah ada berbagai bisnis yang ikut beriklan. Jadi, agar tidak semakin terbelakang, mari ketahui beberapa langkah sederhana agar Anda dapat meningkatkan followers Instagram dan menguasai Instagram Bisnis.

Langkah untuk Menguasai Instagram Bisnis

Menggunakan Instagram untuk keperluan personal dan untuk keperluan berbisnis, sangatlah berbeda. Hampir sama dalam penggunaannya, namun berbeda cara mengatur dan mengoptimasinya. Pada akun Instagram personal, Anda hanya perlu menggunakannya untuk keperluan pribadi. Sedangkan pada akun Instagram Bisnis, selain memikirkan identitas brand Anda juga hubungan Anda dengan audiens.

Lantas, bagaimana Anda mengoptimasi Instagram Bisnis Anda agar dapat menarik banyak audiens dan memberikan keuntungan pada bisnis Anda? Berikut ini tips sederhana untuk dapat mengusai Instagram bisnis agar optimal.

Bangun Komunitas

Salah satu fitur penting yang terkadang diabaikan orang-orang saat mengusai Intagram Bisnis adalah bio pada akun profil. Penggunaan bio pada Instagram Bisnis penting, karena berisi semua informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jadi para calon customer bisa mengetahui siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan dimana mereka bisa menemukan Anda. Dan karena bio termasuk bagian yang akan dilihat pertama kali, tuliskan sesuatu yang bisa membuat mereka tertarik saat pertama membaca bio Instagram Bisnis Anda.

Menambahkan beberapa media sosial lain yang dimiliki juga bagus untuk memperluas jangkauan Anda ke komunitas baru maupun yang sudah ada sejak lama. Jika bisnis Anda sudah mempunyai website, pastikan juga Anda menyematkan link agar bisa memudahkan calon customer yang penasaran dengan bisnis Anda. Selain itu, manfaatkan juga fitur Facebook yang bisa Anda sambungkan dengan Instagram, karena hal tersebut adalah cara sederhana yang efektif dalam menyatukan komunitas serta meningkatkan jumlah engagement rate Anda.

Buat Konten yang tepat Sasaran dan Visual yang Menarik

Di bawah ini adalah daftar brand yang paling banyak diikuti di Instagram berdasarkan Mashable,

mengusai instagram bisnis

Dan apa yang dilakukan brand-brand tersebut adalah menggunakan fotografi dalam strategi yang mereka lakukan. Namun jika Anda melihatnya lebih dekat, Anda akan melihat jika Ellen Show, Forever21, dan brand lain tidak memposting konten profesional dengan visual yang biasanya muncul pada iklan di majalah.

Sebaliknya, kebanyakan dari brand tersebut memilih untuk menggunakan visual konten yang bisa membangun identitas tersendiri yang bisa terikat dengan Audiens.

Mari kita lihat Sneaker News, sebuah blog yang menyediakan berita mengenai Sneaker yang terkenal. Walaupun blog ini terkenal di kalangan penggemar sneaker, tapi tetap saja dikatakan jauh berbeda dengan brand lain dalam daftar diatas, hal ini pun membuatnya dikatakan menjadi “dark horse” dari daftar brand tersebut.

Karena kemampuannya dalam memanfaatkan foto yang sederhana serta pemahaman yang komprehensif mengenai apa yang diinginkan pengikutnya. Sneaker News telah menjalin ikatan dengan Audiens dan memantapkan dirinya di depan banyak pesaing, sehingga pengikut berulang kali mengunjungi blognya dan bahkan membagikan apa yang mereka posting.

Jadi, intinya dengan konten yang menarik serta sesuai dengan target market, Anda bisa meningkatkan Instagram Bisnis dengan lebih Maksimal.

Rencanakan postingan Anda

Tentunya jika ingin meningkatkan bisnis di Instagram, Anda bisa membuat jadwal posting yang fleksibel dan akan memberi Anda waktu untuk melacak apa yang berhasil, serta memutuskan arah mana yang akan diambil selanjutnya untuk bisa terus berkembang di Instagram Bisnis. Biasanya Anda harus memposting setiap hari agar Instagram bisa menarik perhatian Audiens.

Memang, perencanaan tersebut sangat menyita waktu. Dan bahkan akan ada banyak tuntutan. Tapi, Anda juga bisa memiliki content feed kohesif dan dapat menarik target audiens untuk kepentingan bisnis.

Gunakan hashtag

Menggunakan hashtag pada postingan di Instagram berarti akan membuat Anda mengajukan postingan tersebut di tempat yang lebih besar yang berisi berbagai macam post dengan hashtag yang sama. Jika Anda baru memulai bisnis, cobalah untuk menggunakan hashtag yang paling populer, namun relevan, yang akan menarik Audiens ke akun Anda dan meningkatkan bisnis Anda

  • Berapa Banyak hashtag yang baik untuk Digunakan?

Sebuah studi ini dari Track Maven baru-baru menemukan bahwa postingan dari Fortune 500 yang menggunakan lima hashtag menerima interaksi paling banyak. Jika bisnis Anda telah menggunakan berbagai  hashtag di media sosial lainnya, pastikan untuk menggunakannya di Instagram juga. Misalnya, jika Anda telah meningkatkan postingan di sekitar hashtag #bestcompanyever di Twitter, Anda dapat mempertahankan tren yang terjadi di Instagram 

Perkuat jaringan Anda

Sebagai seorang pemilik usaha, jaringan adalah salah satu kunci dalam menjalankan serta mengembangkan bisnis, terutama jika bisnis yang dijalankan masuk dalam usaha kecil menengah. Karena dengan menjalin hubungan antara pemilik usaha, Anda bisa mendapat keuntungan, bukan hanya satu pihak tetapi untuk kedua pihak bersamaan.

Membangun usaha agar sukses tentu membutuhkan banyak waktu serta motivasi agar bisa terus berkembang. Maka dari itu, baik untuk Anda memperkuat jaringan agar bisa memberi energi positif yang bisa membuat Anda makin giat menjalankan bisnis. Apalagi jika bisnis Anda di Instagram, tempat dimana semakin banyak jaringan yang dikenal, bisa semakin banyak Audiens yang mengetahui bisnis Anda.

Terlibat dengan Influencer

Sejauh ini salah satu cara tercepat agar Instagram bisnis dapat meningkat adalah dengan melibatkan influencer yang sudah memiliki banyak followers. Dengan melibatkan influencer yang tepat, biasanya bisa memberikan bisnis Anda kredibilitas secara instan.

Ada beberapa cara gratis yang bisa membantu Anda terhubung dan membuat influencer tersebut menyebutkan brand Anda. Salah satunya adalah, dapat dimulai dengan mengomentari foto mereka, atau menandai akun mereka di postingan Anda. Ketika Anda menandai atau mention seseorang di Instagram, mereka akan menerima pemberitahuan. Setelah melihat nama brand Anda di mention beberapa kali, mereka bisa saja akan tertarik dan bahkan menjadi lebih akrab dengan Anda. Hal tersebut pun bisa membuat Anda untuk terlibat dengan influencer lebih mudah.

Teknik lain yang tidak sepenuhnya gratis adalah menawarkan sample gratis dari produk atau layanan Anda. Biasanya setelah mereka mencoba, lalu produk Anda disukainya, sebagai influencer mereka pasti akan membagikannya ke followersnya. Hal ini tentu sangat bisa membantu dalam meningkatkan bisnis Anda. Jangan lupa untuk selalu pintar dalam memilih influencer juga. Carilah yang memiliki riwayat yang dapat dengan mudah membuat followers mereka untuk mengambil tindakan. Serta jangan lupa yang mempunyai followers sesuai dengan target market Anda.

Manfaatkan Instagram Ads

Saat ini, Instagram sudah menjadi salah satu media sosial yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Jadi tidak seperti Facebook, jauh lebih mudah untuk dikenal banyak orang di Instagram. Namun, sayangnya sudah ada banyak jenis iklan Instagram di luaran sana. Maka dari itu, bereksperimen dengan Instagram Ads banyak dipilih banyak orang.

Dari video hingga story dan yang lainnya, terkadang iklan berbayar adalah suatu hal yang dibutuhkan untuk bisa muncul beranda target market Anda dengan mudah. Dan dengan masuk ke Instagram Ads sekarang, mungkin Anda bisa membuat bisnis Anda lebih di depan dari yang lain.

Berbisnis di Instagram memang bukan hal mudah, mau Anda yang pemula ataupun yang sudah lama berjalan. Berbagai strategi media sosial harus Anda lakukan, agar bisnis tidak berhenti ditengah jalan. Terlebih mengusai Instagram bisnis, karena dengan mengoptimalkannya, Anda akan menjaring lebih banyak audiens dan menghasilkan konversi penjualan yang meningkat setiap harinya. Jangan lupa juga Anda harus terus berdoa dan terus berusaha agar bisnisnya dapat terus dilancarkan mencapai kesuksesan.