Menjalankan Paid Promote Untuk Promosikan Bisnis di Instagram

paid promote instagram

Paid promote merupakan salah satu strategi marketing influencer selain menggunakan endorse atau buzzer marketing, yang digunakan untuk mempromosikan produk. Dengan menjalankan paid promote di Instagram, berarti Anda telah melakukan salah satu pilihan strategi promosi berbayar di media sosial selain beriklan dan endorsement. Lantas apa itu paid promote dan bagaimana cara menjalankan paid promote di Instagram? Simak ulasan mengenai paid promote berikut ini.

Mengenal Paid Promote

Paid promote adalah promosi konten berbayar melalui publik figur atau influencer di media sosial yang memiliki pengikut serta engagement yang tinggi. Konten yang dipromosikan dapat berupa postingan gambar maupun video, tergantung dari kesepakatan yang dibuat antara brand dan influencer. Selain di Instagram, menjalankan paid promote juga bisa dilakukan di platform lain seperti Facebook, Twitter, dan juga Youtube. 

Dalam menjalankan paid promote, biasanya konten promosi dibuat oleh pihak brand atau produk. Jadi influencer hanya tinggal memposting konten yang sudah berisi gambar dan caption. Sehingga keberhasilan paid promote juga tergantung dari seberapa menariknya konten yang dibuat, selain tentang usaha influencer itu sendiri. Jadi, jika influencer yang Anda pilih memiliki audiens dan ER yang tinggi, ditambah koten promosi yang dibuat sangat unik dan menarik, maka jangkauan bisnis dan keuntungan bisnis Anda akan meningkat dan membantu kampanye pemasaran Anda.

Manfaat Menjalankan Paid Promote

Selain untuk mempromosikan produk atau memperkenalkan brand bisnis Anda, paid promote memiliki manfaat lain yang harus Anda tahu. Sehingga dapat meyakinkan Anda untuk mencoba menjalankan paid promote di Instagram bisnis Anda. Apa saja manfaat menjalankan paid promote?

  1. Audiens yang tepat. Paid promote memastikan konten Anda dapat menjangkau audiens yang tepat dan relevan dengan memperhatikan niche influencer paid promote, waktu posting konten paid promote, dan isi konten yang dipromosikan. 
  2. Memaksimalkan jangkauan. Paid promote memaksimalkan jangkauan Anda dan membuat konten Anda ditemukan oleh audiens yang belum mengetahui brand atau produk bisnis Anda. Dengan paid promote, konten Anda dapat dilihat oleh banyak audiens lain selain di akun bisnis Anda.
  3. Visibilitas merek atau brand. Paid promote dapat meningkatkan kesadaran merek Anda. Audiens akan mengenal brand Anda juga produk Anda dengan menggunakan jasa paid promote ini. Sehingga audiens yang sebelumnya belum mengetahui bisnis Anda, akan menjadi tersadarkan dengan melihat konten promosi Anda.

Baca juga: Efektifkah Promosi Bisnis Menggunakan Jasa Paid Promote di Instagram?

Cara Menjalankan Paid Promote

cara menjalankan paid promote

Anda sudah mengetahui tentang apa itu paid promote dan manfaat menjalankan paid promote. Sebelum Anda menggunakannya, Anda harus menyiapkan beberapa hal penting agar hasil paid promote yang Anda gunakan, mendapat hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum menggunakan jasa paid promote:

1.  Memilih Akun Paid Promote

Akun atau influencer yang tepat, dapat membuat sasaran promosi menjadi lebih tepat sasaran. Pastikan akun paid promote yang Anda pilih memiliki citra branding yang positif, yang tidak mengandalkan clickbait dalam menarik perhatian audiensnya. Dengan citra positif yang dimiliki influencer, akan menumbuhkan kepercayaan para audiens ketika melihat produk yang mereka promosikan.

2.  Menentukan Target Audience

Menentukan target audiens yang akan melihat konten promosi Anda juga penting untuk dipertimbangkan. Jika salah sasaran target, akan membuat strategi promosi Anda menjadi sia-sia dan membuang-buang waktu. Jika produk yang Anda promosikan memiliki target audiens untuk kalangan remaja dan dengan industri kosmetik, maka Anda dapat mencari influencer yang memiliki niche yang relevan dengan target audiens Anda.

3.  Memperhatikan Engagement Rate dan Pengikut

Bukan hanya ER yang tinggi dan pengikut yang banyak yang dapat Anda jadikan kriteria terbaik dalam memilih partner paid promote. Anda juga harus memastikan bahwa interaksi yang dilakukan influencer tersebut memang nyata, seperti melakukan interaksi dengan pengikutnya, membantu perkembangan kegiatan promosi di akunnya, dan lainnya. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa pengikutnya memanglah nyata bukan hanya sekedar bot yang meramaikan jumlah pengikut. Peran para pengikut dan interaksi yang tercipta dapat menambah kepercayaan audiens terhadap produk yang dipromosikan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Engagement Rate pada Instagram

4. Mengetahui Sistem Paid Promote

Setelah Anda mendapatkan akun atau influencer yang bersedia menerima konten promosi Anda, selanjutnya adalah mengetahui sistem paid promote. Sistem paid promote adalah ketentuan yang diberikan oleh influencer selaku jasa paid promote kepada Anda selaku pengguna jasa paid promote. Sistem paid promote ini biasanya memiliki ketentuan seperti tarif menjalankan paid promote berdasarkan jenis konten yang akan dipromosikan, kemudian durasi promosi, tempat memposting konten promosi seperti di feed atau story, dan lainnya. 

5. Akun Media Sosial yang Sudah Terkonsep

Selain memastikan akun influencer seniche dengan niche bisnis Anda, Anda juga harus memastikan bahwa akun media sosial yang Anda buat untuk menjalankan bisnis sudah terkonsep dengan rapi. 

Terkonsep dengan rapi maksudnya adalah Anda memiliki konten dan desain yang menarik, memiliki identitas brand yang kuat, serta memiliki jaringan antar platform bisnis yang akan memudahkan audiens membeli produk Anda. Dengan begitu, ketika audiens baru datang ke akun Anda, setelah mengetahuinya dari influencer paid promote, Anda siap menyambut mereka. 

6. Memastikan Ketersediaan Produk

Selain akun media sosial yang sudah terkonsep, memastikan ketersediaan produk juga bagian terpenting yang harus disiapkan. Jangan sampai ketika audiens tertarik dengan produk Anda, tapi produknya terbatas bahkan kosong. Jadi sebelum dipromosikan, pastikan keamanan stok barang Anda.

3. Finansial yang Stabil

Dengan mempromosikan produk melalui sistem paid promote, Anda harus menyiapkan anggaran untuk membayar jasa paid promote tersebut. Tarif menjalankan paid promote berbeda-beda, tergantung dari ketentuan influencer yang menawarkan jasa tersebut. Biasanya semakin banyak jumlah pengikut media sosialnya dan semakin tinggi engagement ratenya, maka biaya menjalankan paid promote juga akan semakin mahal. 

Sehingga, ketika Anda ingin menggunakan jasa paid promote dengan akun yang besar, anggaran Anda juga cukup besar. Menyiapkan anggaran promosi perlu finansial yang stabil agar kampanye periklanan Anda tidak menjadi boncos.

Baca juga: Boost Post Social Media Bantu Promosikan Konten Anda

Sistem dan manfaat dari paid promote yang dinilai menguntungkan, membuat para pebisnis online saat ini banyak yang mencoba menjalankan paid promote Instagram untuk berjualan online. Selain sebagai media mempromosikan produk, paid promote juga dapat membuat bisnis semakin dikenali oleh banyak jaringan audiens yang lebih luas. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan banyak audiens dan konsumen baru setelah menjalankan paid promote. 

Paid promote terbukti ampuh untuk menarik audiens tertarget dan menjangkau audiens yang lebih luas. Namun sebagai catatan penting, pelajari beberapa hal di atas sebelum benar-benar menggunakan paid promote dalam bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?