Beda Paid Promote dan Endorse dalam Promosi Bisnis

beda paid promote dan endorse

Paid promote dan endorsement merupakan salah satu strategi marketing yang sedang tren digunakan untuk memperkenalkan produk melalui influencer atau tokoh publik dengan niche tertentu di media sosial. Untuk mengenal lebih jauh, ketahui beda paid promote dan endorse berikut.

Beda Paid Promote dan Endorse

Paid promote dan endorse merupakan kegiatan menawarkan atau mempromosikan produk di media sosial seperti Instagram, dengan menggunakan akun influencer yang memiliki niche tertentu, jumlah followers dan engagement rate yang cukup besar.  Sehingga Anda dapat mencari beberapa influencer yang memiliki niche sama dengan bisnis Anda. Lantas apa beda paid promote dan endorse yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan salah satunya sebagai strategi pemasaran produk Anda? Berikut adalah beda paid promote dan endorse:

1. Perbedaan dari Mekanisme Promosi

Meski paid promote maupun endorse memiliki tujuan yang sama yakni untuk mempromosikan produk atau brand, namun keduanya memiliki mekanisme promosi yang berbeda. 

Paid Promote

Endorse

Influencer akan memposting konten promosi yang telah ditentukan oleh pemilik produk atau brand. Influencer akan memposting konten promosi berdasarkan pengalamannya menggunakan produk yang dipromosikan.
Tidak perlu mengirimkan sampel produk yang akan dipromosikan. Brand atau pemilik produk harus mengirimkan sampel produk untuk direview kemudian di promosikan.
Memiliki kesepakatan tarif untuk setiap paid promote yang dijalankan, tanpa mengirimkan sampel produk Tidak memberikan tarif karena brand memberikan sampel produk untuk digunakan, di review, dan dibagikan pengalamannya kepada audiens.ketentuan influencer.

Baca juga: Menjalankan Paid Promote Untuk Promosikan Bisnis di Instagram

2. Penggunaan Media Promosi

Penggunaan media promosi yang digunakan untuk paid promote dan endorse juga berbeda. Jika diperhatikan dengan seksama, akun-akun media sosial yang membuka jasa paid promote dan endorse akan memiliki segmen yang berbeda.

Paid Promote

Endorse

Akun media sosial influencer jasa paid promote cenderung menggunakan akun publik dengan jumlah pengikut yang banyak. Akun media sosial influencer jasa endorse merupakan jenis akun personal yang melibatkan interaksi langsung dengan audiensnya.

3. Tarif yang Ditawarkan

Beda paid promote dan endorse yang paling terlihat juga dari tarif yang ditawarkan. Antara paid promote dan endorse memiliki perbedaan signifikan dalam hal tarif.

Paid Promote

Endorse

Sistem pembayaran paid promote telah ditentukan oleh influencer dan wajib dilunasi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat di antara kedua belah pihak, yakni Anda dan calon influencer paid promote. Pada endorse, Anda dapat melakukan pembayaran dengan memberikan sampel produk yang sesuai dengan nilai atau harga yang telah disepakati. Misalnya tarif endorse per konten seharga Rp. 700.000, maka Anda dapat mengirimkan produk senilai Rp. 700.000 kepada mereka untuk direview. 

Jadi pada endorse, Anda akan memberikan produk kepada mereka dan Anda akan mendapatkan review dari mereka sebagai balasan. Jika review yang diberikan bagus, maka akan membantu Anda meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Ini alasan jasa endorse akan memiliki tarif yang lebih mahal daripada paid promote. Ini karena endorse harus membuat konten promosi sendiri, tidak seperti paid promote.

4. Keberhasilan Paid Promote dan Endorse

Beda paid promote dan endorse juga terlihat dari tingkat keberhasilannya. Keberhasilan yang akan Anda dapat dari paid promote atau endorse, tergantung dari pemilihan influencer yang tepat. Percuma jika seorang influencer memiliki pengikut media sosial yang banyak, sedangkan segmentasi audiensnya tidak sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Ini akan membuat paid promote dan endorse tidak akan menghasilkan profit yang menguntungkan bagi bisnis Anda. 

Paid Promote

Endorse

Akan lebih efektif digunakan jika Anda ingin mempromosikan produk yang biasanya digunakan untuk memberikan informasi diskon atau promosi dengan tenggat waktu sebentar. Akan efektif digunakan untuk sarana promosi produk dengan cara yang lebih menarik, dengan tujuan untuk mendapatkan audiens baru dan untuk membangun brand awareness.

Paid Promote dan Endorse, Mana yang Efektif Untuk Bisnis Anda?

Beda paid promote dan endorse akan membuat Anda berpikir, mana yang lebih efektif untuk bisnis Anda. Paid promote atau endorse dapat menjadi efektif untuk bisnis Anda, tergantung dari tujuan dan kemampuan Anda menggunakan salah satu jasa tersebut.

Paid Promote

Endorse

  • Cocok digunakan bagi yang baru pertama kali mencoba jasa influencer. Sehingga dapat mengetahui efektifitas keberhasilannya, sejauh mana brand Anda membutuhkan jasa influencer.
  • Cocok untuk yang memiliki anggaran terbatas
  • Cocok digunakan jika tujuannya bukan hanya sekedar promosi, melainkan juga ingin meningkatkan penjualan produk, mendapat jaringan audiens yang lebih luas, dan membangun citra produk yang terpercaya.
  • Cocok untuk yang memiliki anggaran periklanan yang stabil

Baca juga: Efektifkah Promosi Bisnis Menggunakan Jasa Paid Promote di Instagram?

Beda paid promote dan endorse harus Anda mengerti dengan seksama agar Anda tidak salah dalam memilih strategi marketing influencer. Begitu juga dengan  sistem yang diterapkan dari paid promote dan endorse yang juga harus Anda pelajari. Ini untuk menghindari kerugian akibat salah diskusi yang tidak saling mengetahui ketentuan dari masing-masing kesepakatan. 

Mana yang lebih efektif untuk bisnis Anda adalah dengan cara mencobanya. Dengan begitu, Anda dapat mengukur, dari paid promote dan endorse mana yang lebih efektif untuk bisnis Anda. Anda sesuaikan juga dengan kebutuhan bisnis Anda. Menggunakan paid promote atau endorse dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dengan cepat serta dapat menambah audiens Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?