9 Jenis Konten Video Marketing di Instagram yang Disukai Audiens

jenis konten video marketing

Menjadi pembuat konten video marketing, berarti Anda harus selalu memiliki kreativitas dan ide baru untuk konten video Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan konten video yang fresh dan trendy. Sehingga dapat mengalahkan konten video milik kompetitor. Agar konten video marketing Anda dapat berhasil disukai oleh audiens, ketahui beberapa jenis konten video marketing yang dapat Anda coba di Instagram bisnis Anda, untuk menarik perhatian audiens dan disukai oleh audiens.

Bagaimana Jenis Konten Video Marketing yang Umum Digunakan?

Jenis konten video marketing belakangan ini menjadi salah satu konten yang disukai oleh audiens. Terutama dengan hadirnya Instagram Reels baru-baru ini. Sehingga pilihan untuk membuat konten video marketing kini semakin beragam, yakni tidak hanya pada story maupun feed Instagram, tetapi dapat juga dilakukan di IGTV dan Reels. Berikut adalah beberapa jenis konten video marketing yang biasa digunakan di Instagram:

1. Video profile company

Saat Anda pertama kali menggunakan Instagram sebagai platform marketing brand atau produk, Anda dapat membuat konten video profile company. Video profile company ini dapat digunakan sebagai langkah awal audiens mengenal brand Anda maupun produk Anda. Ini akan membangun brand awareness audiens terhadap brand Anda.

2. Video live bersama influencer

video marketing

Jenis konten video marketing dengan bentuk video live akan menarik perhatian audiens. Video live akan dimanfaatkan oleh audiens sebagai sarana pengenalan brand maupun produk bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan video live ini sebaik mungkin, menunjukkan yang terbaik yang brand Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dapat mengajak influencer yang memiliki niche sama dengan bisnis Anda untuk meramaikan video live Anda. Dengan begitu, bukan hanya audiens Anda yang menonton, tetapi audiens influencer juga akan menonton dan mengenali bisnis Anda. Sehingga ini akan berdampak pada bisnis Anda yang akan mendapatkan jangkauan audiens baru serta kepercayaan audiens. 

Baca juga: Tips Meningkatkan Engagement Rate pada Instagram

3. Repost konten audiens

Ketika audiens membuat konten mengenai produk Anda, kemudian mereka memberikan tag akun Instagram brand Anda pada konten mereka, Anda dapat merepost konten tersebut di akun Anda.

Cara ini membuat Anda tidak harus membuat konten video marketing, tapi Anda mendapatkan konten jujur berisi pengalaman terpercaya pengguna mengenai produk Anda. Dari konten video tersebut, akan meningkatkan kepercayaan audiens lain yang belum menggunakan produk Anda namun sudah memiliki keinginan untuk mencoba produk Anda. Selain itu, repost konten audiens juga akan membangun hubungan yang baik antara brand Anda dengan pelanggan.

4. Video tutorial

Salah satu keunggulan IGTV adalah dapat mengunggah konten video dengan durasi yang lebih lama dibanding dengan story, feeds, atau Reels. Durasi yang lama inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten video marketing mengenai tutorial. Jenis konten video marketing tutorial dapat membantu audiens mengetahui atau mencapai sesuatu yang tidak mereka tahu. 

Melalui video ini, audiens akan mempelajari dan melakukan sesuatu yang baru. Karena video tutorial merupakan video petunjuk yang dibuat berdasarkan keahlian dalam rangka mengedukasi penonton, sambil mempromosikan brand atau produk Anda secara halus. Anda dapat membuat video tips menggunakan produk Anda misalnya, atau video bagaimana cara memanfaatkan penggunaan produk Anda secara efektif. 

5. Video BTS atau di balik layar

Jenis konten video marketing BTS atau behind the scene, merupakan trik untuk mempromosikan produk Anda sambil memanfaatkan hubungan emosional penonton. Seperti video bts suatu drama korea atau film superhero, pihak pembuat film membagikan beberapa cuplikan bts pada pemain untuk membantu promosi film yang akan tayang. Ini akan mendapatkan emosional penonton karena biasanya video-video bts menampilkan beberapa adegan yang sangat berbeda dari film. Sehingga penonton akan dapat melihat kegiatan para pemain saat melakukan proses syuting.

Anda dapat merekam beberapa video bts saat proses foto produk bersama beberapa model misalnya. Dengan video bts ini, penonton akan merasa bahwa brand Anda sungguh-sungguh melakukan sesi foto produk, sehingga wajar jika hasil foto produk brand Anda terlihat berkualitas dan menarik minat audiens. 

6. Video series

Beberapa produk yang memiliki project video series dalam rangka promosi produknya salah satunya adalah Toyota. Toyota dalam kanal Youtubenya membuat video beberapa video series dengan menyisipkan beberapa point marketing di dalamnya secara halus. Meski kontennya tayang di Youtube, Toyota menggunakan video feeds untuk mengunggah cuplikan video series pada episode selanjutnya secara konsisten.

Anda juga dapat memanfaatkan hal ini sama seperti yang dilakukan Toyota. Namun, ada cara lain yang dapat Anda coba, yakni dengan menggunakan IGTV. Durasi panjang di IGTV dapat dimanfaatkan untuk penggunaan video series jika Anda ingin hal yang berbeda. Jadikan IGTV sebagai channel TV Anda sendiri. Buat konten video series Anda sendiri di IGTV secara konsisten. Konten video series akan membawa hal baru bagi audiens Anda untuk mempromosikan produk Anda.

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Followers Instagram Bisnis Anda

7. Video testimoni

Testimoni dari konsumen yang telah mencoba produk Anda, merupakan poin penting untuk membangun kepercayaan dan citra brand yang kuat. Anda dapat membuat video kompilasi yang berisi semua testimoni positif yang dibuat pengguna Anda terhadap produk Anda dan mempublikasikannya dalam satu video. Atau, Anda dapat mengundang salah satu konsumen Anda untuk berbagi pengalaman yang melibatkan emosional audiens sambil mempromosikan produk Anda secara halus.

8. Demo produk baru

Saat brand Anda memiliki produk baru, Anda dapat memanfaatkan Reels untuk mempublikasikan demo produk baru Anda. Anda juga dapat menggunakan IGTV untuk durasi video yang lebih panjang. Dalam jenis konten video marketing ini, Anda dapat menginformasikan kepada audiens bahwa beberapa hari kedepan brand Anda akan launching produk Anda, atau Anda dapat membuat konten video live pada story saat peluncuran produk baru Anda. Dengan begitu, audiens akan merasa penasaran dengan produk Anda dan mereka menjadi menonton konten video Anda. Ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana membangun citra brand Anda dan sebagai sarana promosi bagi produk baru Anda.

9. Video QnA atau tanya jawab yang diajukan audiens Anda

Jenis konten video marketing yang banyak digunakan adalah video QnA atau video tanya jawab. Video QnA memberikan kesempatan bagi brand Anda untuk membangun ikatan dengan audiens, karena Anda membiarkan audiens mengajukan beberapa pertanyaan mengenai produk atau brand Anda di kolom komentar atau DM Instagram. Anda dapat memilih pertanyaan menarik dan memberikan jawabanya melalui video singkat di story secara live, atau dapat juga melalui video Reels. 

Video QnA ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan pengetahuan Anda di bidang tertentu atau untuk memberikan informasi terpercaya kepada audiens Anda tentang topik tertentu sehingga tidak terjadi simpang siur mengenai produk Anda. Bagian terbaiknya adalah video Q&A sangat mudah dibuat, sehingga Anda tidak memerlukan usaha yang sangat rumit untuk merekam video jenis ini.

Baca juga: Algoritma Instagram 2022 yang Wajib Diketahui

Memanfaatkan Instagram untuk membuat konten video marketing yang menarik dapat menjaga brand Anda di ingatan audiens. Beberapa contoh jenis konten video marketing di atas adalah jenis konten video yang disukai audiens. Anda dapat membuat jenis konten video marketing yang lainnya, yang berbeda dari kompetitor. Untuk memberikan kualitas video yang menarik, Anda dapat mengetahui beberapa langkah untuk membuat promosi melalui konten video marketing. Ini akan membantu Anda memberikan panduan untuk memulai membuat konten video marketing. Anda juga dapat menggunakan jasa pembuatan video marketing dari agency digital marketing seperti DIFITECH untuk mempermudah pembuatan video marketing Anda. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?