Tips Membuat Konten Marketing yang Tajam dan Relevan berikut ini menjadi satu dari pemicu kesuksesan strategi marketing bisnis. Semakin relevan dan menarik konten yang dibuat, juga sesuai dengan kebutuhan target audience, semakin tertarik juga audience dalam mencari informasi tentang bisnis Anda secara lebih lanjut.
Konten Marketing Tajam dan Relevan Adalah Penentu Kesuksesan Marketing
Tips Membuat Konten Marketing
Di era digital yang semakin pesat, tentunya Anda sudah tidak asing bukan dengan istilah Online Marketing? Hal tersebut merupakan gambaran secara luasnya, jika dispesifikasikan lagi, akan banyak ditemukan jenisnya yang beragam. Salah satu yang sebenarnya paling berpengaruh adalah content marketing.
Sebagai salah satu penentu kesuksesan strategi marketing sebuah bisnis, konten pemasaran ini harus dibuat dengan sebaik mungkin. Lantas, bagaimana sajakah cara-cara dalam mewujudkannya?
Simak 5 Tips Membuat Konten Marketing berikut ini!
1. Tentukan Tujuan Marketing dan Lakukan Research Buyer
Poin utama sebelum Anda memulai langkah pembuatan content marketing adalah menentukan apa sebetulnya tujuan dari pembuatan konten tersebut? Dengan mengetahui tujuan, bisa menggiring Anda dalam menentukan hal –hal tepat yang pantas dimasukkan dalam strategi marketing yang dimiliki.Jika Anda sudah mengetahui apa yang menjadi tujuan, lakukan research buyer persona untuk mengetahui target audience. Mengetahui target audience, berarti mendorong Anda agar bisa membuat konten yang menarik dan relevan. Dengan pengetahuan akan target audience, tentu Anda bisa lebih tepat dalam menempatkan konten yang pas untuk marketing bisnis.
2. Ambil Sisi Psikologisnya
Dalam sebuah konten marketing, dikenal sebuah struktur penulisan konten bernama AIDA (Attention or Awareness, Interest, Desire, Action). Pola struktur ini inilah yang menggaet audience secara menyeluruh hingga ke sisi psikologisnya. Anda harus bisa menguasai target audience dengan mengamati apa yang diinginkan. Buatlah konten dengan permulaan yang menarik dan mengambil perhatian agar audience mau mengetahui lebih lanjut.
Membuat content marketing bukan hanya mengolah kata-kata kemudian memaksakan audience membeli produk atau jasa Anda. Tapi memberikan apa yang dibutuhkan oleh audience. Itulah mengapa, pola AIDA ini sangat diperlukan. Dari mulai Anda membuat audience penasaran dengan konten Anda, membuatnya merasa tertarik dan ada hasrat untuk membeli, baru kemudian menggiring agar mereka bisa mengambil aksi.
3. Melakukan Promosi Melalui Campaign Iklan Untuk Menarik Perhatian Audiens
Tips membuat konten marketing yang relevan dengan target daoat dilakukan dengan iklan. Anda juga bisa menggunakan campaign sebagai media promosi untuk bisnis Anda. Contohnya adalah memilih antara iklan yang disediakan di media atau website, dan memahami perbedaan FB ads Manager dan google ads sebelum anda pilih untuk membantu iklan atau promosi konten. Konten promosi cocok dimasukkan ke dalam strategi marketing periklanan Anda untuk menarik perhatian audiens. Selain itu, dapat juga untuk mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas. Anda dapat memperhatikan bagaimana kesesuaian campaign dengan konten yang akan dibuat. Campaign pun tidak hanya bisa dilakukan hanya pada laman utama, misalnya di situs atau blog bisnis.
Anda bisa membagikan konten yang berisi campaign ke beberapa media sosial. Arahkan juga audience di media sosial agar tertarik untuk mengunjungi situs yang Anda sisipkan. Buat iklan lebih persuasif agar dapat menjangkau target audience dengan legih efektif. Terlebih membuatnya secara berkala, misalnya seperti membuat kalender campaign, bisa menambah kesuksesan dari sebuah strategi marketing.
4. Pikirkan dan Buat Konten yang Layak
Menjadi content marketer tidak boleh egois. Artinya, hanya mengutamakan sisi benefit untuk bisnisnya saja. Melainkan, harus juga memikirkan bagaimana menghasilkan konten yang layak untuk pembaca atau target pasar yang Anda miliki. Hal utama yang harus diperhatikan adalah konsumen tidak akan melakukan tindakan jika Anda memaksakan mereka untuk bertindak. Diperlukan sebuah konten yang persuasif, yang tidak berisi kata-kata hardselling, sehingga dapat mempengaruhi minat pembaca. Ketahui juga konten otoritatif yang mendapat peringkat baik dari google, dan tentu meningkatkan performa dan audience visit. Dalam pembuatan kontenpun, Anda harus memahami teknik copywriting yang tepat. Anda harus mempelajari teknik pas copywriting agar closing lebih mudah.
Itulah mengapa, isi dari konten yang Anda buat, harus dapat memaksimalkan setiap kata-kata yang dapat mempengaruhi pembaca. Tak hanya asal membuat konten yang berisi promosi maupun harga jual produk, Anda juga dapat memuat informasi, trend, dan lain sebagainya dalam konten yang Anda buat.
5. Menghadirkan Konten di Waktu yang Tepat
Menjadi content marketer bukan hanya pandai dalam membuat konten marketing yang layak dan pas dengan target pasarnya. Namun juga harus mengerti perihal ketepatan waktu dan informasi yang dibutuhkan saat itu juga. Penting sekali dalam mengetahui trend terkini di bidang yang memang sedang digeluti.
Dengan begitu, Anda bisa meng-update setiap konten tepat pada waktunya. Jika Anda melihat atau tahu perihal topik yang sedang hangat, maka sesegera mungkin buatlah konten yang berkaitan dengannya. Jangan sampai, Anda membuat konten tersebut di waktu yang sudah lewat sehingga target audience Anda pun enggan untuk membacanya kembali.
Baca juga: Tips Membuat Headline Menarik dengan Rumus 4U Copywriting
Pada intinya, membuat content marketing bisa didasarkan pada apa tujuan yang Anda miliki dan sesuaikan itu dengan apa yang dibutuhkan target audience. Jika ada kesesuaian di dalamnya, maka bukan tidak mungkin kontenmu akan dianggap sangat menarik dan relevan sesuai kebutuhan calon customer. Nah, sudahkah Anda menjalankan Tips Membuat Konten Marketing diatas?
Jika Anda membutuhkan Jasa Digital Marketing Berpengalaman untuk membantu bisnis Anda mendapatkan dan jasa pembuatan konten marketing yang tajam, DIFITECH solusinya