mana yang lebih tepat? SEO vs Google Ads

SEO vs Google Ads: Mana yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Banyak pebisnis dan marketer yang menggunakan metode pemasaran seperti SEO dan Google Ads untuk membantu mengarahkan traffic dan prospek untuk bisnis mereka. Lantas muncul pertanyaan di benak Anda mengenai, “diantara SEO vs Google Ads mana yang lebih tepat untuk bisnis Kita?” atau pertanyaan “mana yang harus difokuskan terlebih dahulu, SEO atau Google Ads?”

Baik SEO dan Google Ads, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya membutuhkan proses dan waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasilnya mana yang lebih tepat. Google Ads adalah platform periklanan berbayar. Sedangkan SEO berfokus periklanan organik. Jadi, mana yang lebih baik untuk bisnis Anda? Di halaman ini akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan SEO vs. Google Ads, untuk membantu Anda memilih strategi mana yang terbaik untuk bisnis Anda. 

Kelebihan dan Kekurangan SEO

SEO melibatkan peningkatan situs web Anda untuk meningkatkan traffic dan mengoptimalkan konversi situs web. Website dengan cara kerja SEO yang bagus, akan memuat dengan cepat, memiliki konten yang bagus, mudah dipahami dan di navigasi dengan ramah pengguna, dan tentu akan menjadi sangat membantu pengguna saat mengunjungi web Anda. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan SEO, agar Anda dapat membedakan lebih jelas antara SEO dan Google Ads.

Kelebihan SEO:

– Solusi jangka panjang yang bagus untuk peringkat mesin pencari yang lebih tinggi

– Menghasilkan traffic organik 

– Tidak perlu membayar biaya klik saat pengguna mengklik laman Anda

– Tingkat kepercayaan yang lebih tinggi bagi pengguna dan pelanggan

– Mesin pencari menyukai situs web yang dioptimalkan

Kekurangan SEO:

– Memakan waktu 3 hingga 6 bulan untuk melihat peningkatan peringkat

– Diperlukan upaya berkelanjutan untuk mempertahankan peringkat yang lebih tinggi

– Algoritma mesin pencari yang tidak pasti, menguji situs web secara berkala penting dilakukan

– Memerlukan investasi dan waktu jangka panjang

Kelebihan dan Kekurangan Google Ads

Hampir setiap bisnis ingin berada di halaman pertama mesin pencari untuk produk atau layanan mereka. Manfaat pemasaran dari iklan daring adalah bisnis Anda cepat mendapat peringkat sebagai hasil pencarian teratas. Apalagi jika Anda memiliki situs web yang bagus dan teroptimasi dengan tepat. Bahkan dengan iklan, mesin pencari masih menggunakan algoritmanya untuk menyajikan konten terbaik kepada penggunanya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Google Ads:

Kelebihan Google Ads:

– Mudah mendapatkan ranking halaman di hasil situs web teratas 

– Dapat menentukan penargetan audiens sesuai kebutuhan bisnis Anda

– Dapat mengatur konten iklan yang ingin ditampilkan 

– Mengarahkan pengguna ke halaman yang telah Anda tentukan

– Dapat melacak konversi atau prospek

– Dapat membuat daftar pemasaran ulang khusus untuk melihat keberhasilan iklan yang sebelumnya

Kekurangan Google Ads:

– Bukan solusi jangka panjang

– Memiliki besaran biaya yang tidak terjangkau

– Hanya dapat menggunakan 1 situs web atau domain per akun

– Laman yang menggunakan iklan berbayar, berlabel “Iklan” saat ada di laman pencarian

SEO vs Google Ads, Mana yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Banyak perusahaan tidak tahu strategi mana, yang akan memberi mereka hasil terbaik saat pertama kali mencoba kampanye pemasaran. Sejatinya, SEO vs Google Ads sama-sama berfokus untuk membantu Anda meningkatkan traffic yang relevan di situs Anda dan mendapatkan lebih banyak prospek yang berkonversi. Apakah SEO vs Google Ads lebih baik untuk kampanye pemasaran Anda bergantung pada tujuan bisnis Anda.

Gunakan SEO Jika:

SEO adalah strategi paling tepat, jika Anda ingin menghasilkan arus traffic yang stabil dari waktu ke waktu. Bagi Anda yang sedang branding, SEO juga dapat meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda. Strategi ini membantu lebih banyak orang menemukan merek Anda dan mempelajarinya. Dengan sedikit waktu dan usaha, Anda dapat mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari dan membantu bisnis Anda mengarahkan lebih banyak traffic.

Gunakan Google Ads Jika:

Google Ads paling tepat untuk perusahaan yang berfokus pada hasil langsung dan tingkat penjualan. Karena dengan menggunakan Google Ads, pebisnis atau marketer dapat memantau upaya mereka setelah mereka meluncurkan iklannya. Konten iklan Google Ads ini ditampilkan kepada pengguna yang mengetikkan kata kunci tertentu di mesin telusur, sehingga Anda harus menargetkan audiens yang tertarik dengan topik tertentu. Oleh karena itu, Google Ads dapat membantu Anda mendapatkan visibilitas yang Anda inginkan untuk kata kunci tertentu, dengan tujuan yang lebih jelas. Bahkan sebelum Anda memiliki reputasi situs dan peringkat SEO yang diperlukan untuk melihat hasil dari upaya organik Anda. 

Jadi, Google Ads cocok untuk meningkatkan jangkauan iklan yang lebih luas, hasil yang cepat, dan SEO untuk peringkat mesin pencari jangka panjang. Jika anggaran yang dimiliki pas-pasan dan tidak peduli waktu yang dihasilkan selama proses, maka SEO lebih baik. Jika Anda ingin berada di bagian atas laman hasil pencarian secara cepat, maka Google Ads lebih baik untuk Anda. 

Namun, dapat lebih baik lagi jika Anda melakukan keduanya karena keduanya dapat bekerja sama dengan sangat baik. Anda dapat lebih fokus pada Google Ads untuk mendapatkan hasil laman teratas dengan cepat untuk proses awal. Kemudian, Anda dapat mencoba SEO dan saat peringkat SEO meningkat, Anda dapat menurunkan anggaran Google Ads Anda. Dengan cara ini Anda tidak akan memiliki masalah dalam strategi periklanan Anda. SEO vs Google Ads memiliki peran yang berbeda, namun saling melengkapi.