Perbedaan Teknik SEO On Page dan SEO Off Page

seo on page dan seo off page

Pertumbuhan sebuah website, tidak dapat lepas dari peran SEO di dalamnya. SEO membantu sebuah website untuk menjangkau audiens baru, mengarahkan traffic ke website, hingga memberikan informasi bermanfaat. Seiring waktu, SEO menjadi teknik canggih yang memiliki dua bagian teknik SEO yakni SEO on page dan SEO off page. Kedua teknik ini digunakan untuk memastikan situs web berkualitas tinggi mencapai puncak halaman teratas di hasil mesin pencari. Lantas apa perbedaannya? Bagaimana pemasar digital menggunakannya untuk meningkatkan kinerja website? Simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian SEO On Page

SEO on page yang dikenal juga sebagai SEO on site adalah tindakan mengoptimasi berbagai halaman website, yang dapat mempengaruhi peringkat website di mesin pencarian. Dimana website Anda akan muncul di halaman teratas mesin pencari akibat dari sejumlah faktor peringkat seperti aksesibilitas situs, kecepatan halaman, konten yang dioptimalkan, riset keyword, tag title, alt teks, internal link, meta description, struktur URL, dll. Jadi semakin banyak optimasi SEO pada halaman yang Anda lakukan, semakin banyak traffic yang akan Anda dapatkan ke website Anda. Sehingga halaman website Anda semakin relevan traffic itu.

Pengertian SEO Off Page

Jika pada SEO on page fokus Anda ada pada halaman website, maka SEO off page berfokus pada peningkatan otoritas domain Anda melalui tindakan mendapatkan tautan dari website lain atau halaman di luar website. Otoritas domain menghitung seberapa otoritatif website Anda dibandingkan dengan website yang lainnya. 

Dalam melakukan praktik SEO off page, Anda harus memberikan halaman yang relevan dengan situ web yang akan Anda tautkan dengan halaman website Anda. Ini karena, mesin pencari memiliki aturan bijaksana untuk praktik yang tidak relevan. Mesin pencari akan membuat website Anda dihapus daripada dipromosikan, karena berisi konten yang tidak relevan. Kuncinya ada pada backlink yang merupakan bagian integral dari SEO off-page. Satu backlink berkualitas dari situs otoritatif bernilai lebih baik daripada 10 atau bahkan 100 tautan berkualitas rendah.

Baca juga: Mengenal Konten Otoritatif Agar Mendapat Peringkat Google

Bagaimana Membedakan Antara SEO On Page dan SEO Off Page?

Teknik terbaik yang digunakan untuk melakukan SEO terus berkembang seiring perubahan perilaku pengguna website dan konsumen online. Sehingga pendekatan terbaik untuk SEO adalah dengan memiliki strategi yang solid untuk menangani elemen SEO on page dan SEO off page. Untuk memudahkan Anda membedakan antara SEO on page dan SEO off page, simak tabel berikut ini:

SEO On Page

SEO Off Page

Mengoptimalkan isi konten website agar menjadi SEO friendly. Sehingga dapat terindeks dengan mudah oleh mesin pencari.

Membuat website memiliki kredibilitas yang tinggi di halaman mesin pencari.

Menganalisis keseluruhan halaman website.

Mempromosikan website di website milik orang lain yang memiliki niche yang relevan.

Mengoptimalkan meta description, URL, internal link, gambar, alt text, meta tag, serta page speed.

Mengoptimalkan backlink, link building, otoritas domain, dan media sosial.

Elemen yang dioptimalkan berupa konten, HTML, CSS, URL, keyword

Elemen yang dioptimalkan berupa kualitas link, domain dan page authority, media sosial, serta engagement seperti share atau likes

Baca juga: 8 Langkah Mudah Cara Membuat Website Menjadi SEO Friendly

SEO On Page dan SEO Off Page, Mana yang Lebih Penting?

Antara SEO on page dan SEO off page bukan sesuatu yang harus dipilih untuk digunakan salah satunya saja. SEO on page dan SEO off page harus bekerja sama agar dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari, dengan cara yang saling melengkapi. Namun dalam pelaksanaannya memang, SEO on page lebih dulu digunakan secara berturut-turut sebelum terlalu fokus pada SEO off page.

Pada on page, perhatian utama Anda adalah kualitas konten dan memastikan aspek teknis situs telah dioptimalkan untuk kecepatan, efisiensi, dan keyword. Sedangkan pada off page, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah mendorong tautan balik yang berkualitas dari situs yang berwenang dna relevan dengan situs Anda. Ini akan menjamin mesin pencari melihat website Anda relevan dan berkualitas. Akhirnya website Anda akan dihargai dengan peringkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Mengenal Teknik White Hat SEO yang Disukai Google

Ibarat sebuah bangunan, SEO on page merupakan pondasi awal yang harus dibangun sebelum membangun bagian rumah yang lainnya. Anda perlu melakukan pemeliharaan pada SEO website di halaman Anda dari waktu ke waktu terlebih dahulu. Setelah berjalan, barulah menyeimbangkan keduanya, antara SEO on page dan SEO off page. Keduanya akan membantu membuat website Anda berkualitas. Sehingga bukan hanya pengguna yang dapat memahaminya, tapi mesin pencari pun memahami website Anda. Itulah cara peringkat website Anda mulai meningkat seiring waktu. Pendekatan terbaik untuk SEO website saat ini adalah dengan memiliki strategi yang solid untuk menangani elemen di dalam dan di luar halaman.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?