Mendapatkan Leads Facebook Untuk Meningkatkan Penjualan

mendapatkan leads facebook

Saat ini Facebook bukan hanya sekedar platform media sosial saja. Melainkan juga dapat digunakan sebagai alat bisnis yang dapat membantu pebisnis menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keuntungan mereka. Selain itu, Facebook juga dapat membantu Anda lebih mudah ditemukan dalam pencarian, mempromosikan konten yang Anda buat, serta meningkatkan identitas brand Anda. Untuk mencapai itu semua, terlebih dahulu Anda harus menghasilkan prospek atau leads. Mendapatkan leads Facebook merupakan salah satu alasan para pebisnis menggunakan Facebook sebagai media pemasaran. Namun, mendapatkan leads Facebook tidaklah mudah. Untuk itu, Anda harus mengenali tentang leads Facebook agar Anda mendapatkanya dengan mudah. 

Apa Itu Leads Facebook?

Prospek atau leads adalah audiens yang memiliki minat hingga ke arah transaksi, pada produk atau layanan yang ditawarkan sebuah bisnis atau perusahaan. Sayangnya leads tidak terbentuk semudah audiens menyukai produk Anda atau menempatkan produk Anda di keranjang belanja mereka. Tidak mudah membuat seseorang memenuhi syarat untuk menjadi leads bisnis Anda. Karena tindakan menyukai tidak menunjukkan minat pada produk Anda secara serius, bisa jadi karena produk atau konten yang Anda terbitnya lucu atau hanya sekedar disukai saja tanpa memiliki minat ke arah pembelian.

Baca juga: Membangun Strategi Social Media Marketing untuk 2022

Jenis Leads Facebook

Terdapat dua jenis leads Facebook yang dapat Anda hasilkan di Facebook, yakni leads Facebook secara langsung dan leads Facebook secara tidak langsung. Apa perbedaannya? Berikut penjelasannya:

Leads Facebook secara langsung

Leads Facebook secara langsung ini didapatkan dengan menerbitkan konten yang menautkan langsung ke form leads di website Anda. Audiens yang mengklik konten tersebut dan bersedia mengisi form leads yang Anda tawarkan di website, akan memperoleh imbalan berupa kupon diskon, free ebook, atau informasi berharga lainnya. Form leads yang dibuat ini termasuk form penawaran khusus bersifat terbatas agar audiens memiliki ketertarikan untuk mengisi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan informasi audiens dari mereka yang memasukan data di form leads tersebut. Informasi yang didapat biasanya berupa nama, email, serta nomor telepon.

Leads Facebook secara tidak langsung

Leads Facebook tidak langsung ini dapat dihasilkan dengan menggunakan Facebook jalur konversi. Artinya, Anda menggunakan Facebook sebagai media penyalur ke halaman utama Anda yakni website, agar menghasilkan konversi pada website Anda. Misalnya Anda membuat artikel di blog website Anda, kemudian membagikannya di Facebook Anda dengan menyematkan link artikel website Anda, maka ini secara tidak langsung mengarahkan audiens ke halaman artikel di website Anda. Mempromosikan halaman arahan ini akan membuat audiens mengetahui berbagai channel marketing Anda yang lain selain Facebook. 

Cara Menghasilkan Leads Facebook

Ketika Anda menggunakan leads Facebook secara langsung, artinya Anda memang benar-benar melakukan suatu tindakan untuk mendapatkan leads. Begitu juga dengan audiens, mereka akan sadar bahwa mereka akan menjadi leads untuk bisnis Anda, yang suatu saat akan mudah terkoneksi dengan bisnis Anda. Ini seperti, mudah mendapatkan informasi promo, informasi produk baru, serta informasi event tertentu yang dibagikan bisnis Anda melalui email marketing atau Whatsapp audiens. 

Namun, jika Anda tidak menginginkan audiens Anda mengetahui bahwa Anda membutuhkan leads dari mereka, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini untuk menghasilkan leads Facebook. 

1. Mendapatkan leads dari Facebook Ads

Dengan menjalankan Facebook Ads Anda akan menghasilkan leads. Konten iklan akan muncul di beranda audiens. Kemudian, ketika audiens mengklik iklan Facebook Anda, mereka akan mengirimkan informasi kontak mereka kepada Anda. Konten yang dapat Anda buat untuk mendapatkan leads adalah jenis konten yang memungkinkan audiens mendaftar untuk penawaran khusus tersebut, dengan disertai tombol CTA seperti “berlangganan sekarang” atau “bergabung sekarang”. 

Baca juga: Membuat Strategi Facebook Ads yang Efektif di Tahun 2022

2. Postingan Facebook

Konten menarik yang Anda buat, kemudian diposting di halaman Facebook, akan menarik perhatian audiens Anda. Anda dapat menyematkan tautan website Anda di dalam postingan tersebut, untuk mengarahkan mereka halaman website Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan konversi yang memuat informasi pengunjung di website Anda. 

3. Melalui Facebook Messenger

Melalui Facebook Messenger, Anda dapat melakukan obrolan secara pribadi dengan target audiens Anda. Anda maupun pengguna dapat saling menghubungi untuk mengajukan pertanyaan seputar bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat menanggapi pertanyaan audiens dan menyarankan beberapa produk yang relevan dengan kebutuhan audiens. Sehingga audiens dapat ditarik ke halaman penawaran Anda dan menghasilkan konversi dari audiens menjadi calon pembeli.

4. Mengadakan event 

Anda dapat mengadakan event untuk mendapatkan leads Facebook. Event yang dapat Anda jalankan salah satunya adalah giveaway. Giveaway dapat membuat audiens Anda terlibat dengan platform Anda, mendapatkan jangkauan baru yang lebih luas, mendapatkan traffic, dan tentu saja menghasilkan leads. Karena giveaway yang adakan bertujuan untuk menghasilkan leads, Anda dapat membuat konten yang menyertakan gambar atau video yang menarik. Selain itu, Anda juga dapat menentukan sendiri persyaratan yang harus dijalankan audiens, sebagai bentuk syarat mengikuti event ini. Ketika Anda telah memposting konten giveaway ini, Anda akan melihat audiens lain yang belum mengikuti akun Anda namun mereka ikut serta terhadap event Anda. Inilah leads yang dapat dihasilkan oleh event giveaway.

5. Live Video Facebook

Live video di Facebook juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan leads. Live video membuat audiens dapat menonton konten video Anda, selain itu mereka juga dapat memberikan like dan komentar di video yang Anda tayangnya secara live tersebut. Live video ini dapat membantu audiens Anda mengenali brand Anda, produk Anda, serta konten marketing yang Anda buat. Sehingga Anda akan berpotensi mendapatkan target audiens baru dan bahkan konsumen baru.

6. Memposting Agenda Anda 

Ketika Anda memiliki event tertentu seperti kelas belajar makeup bersama, Anda dapat memposting kegiatan yang telah berlalu di beranda Anda. Dengan Anda memposting agenda yang Anda buat, dapat meningkatkan kepercayaan audiens terhadap brand Anda. Jadi ketika Anda akan mengadakan agenda di bulan berikutnya, audiens akan merasa tertarik untuk ikut serta di acara Anda. Sehingga, tidak hanya menjaga audiens lama, Anda juga akan mendapatkan audiens baru yang tertarik mengikuti setiap agenda yang Anda buat. Anda dapat membuat form pendaftaran ikut serta dalam acara Anda, alih-alih mendapatkan informasi kontak dari audiens Anda. 

Baca juga: Boost Post Social Media Bantu Promosikan Konten Anda

Semoga tips di atas dapat membantu Anda menemukan ide-ide menarik lainnya untuk mendapatkan leads dari Facebook. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa, Facebook terus mengalami perubahan setiap saat. Meskipun tips di atas merupakan tips-tips dasar yang dapat membantu Anda, namun strategi uji coba yang terbaik untuk bisnis Anda adalah yang terpenting. Strategi setiap market berbeda, tergantung dari bisnis, audiens, dan market yang dijalankan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?