7 Cara Meningkatkan CTR Organik Agar Mendapatkan Traffic

meningkatkan ctr organik

Jika Anda fokus pada strategi SEO di website Anda, agar halaman Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian dengan menggunakan berbagai keyword. Namun traffic pada website Anda belum mencapai jumlah traffic yang diharapkan. Ini tanda bahwa website Anda belum memiliki CTR yang organik pada website Anda. Berada di halaman pertama hasil pencarian tidak akan berguna bagi Anda jika audiens tidak tertarik dengan konten di website Anda. Lantas bagaimana caranya meningkatkan CTR organik pada website Anda agar mendapatkan traffic?

Apa itu CTR Organik?

Saat ingin mengoptimasi SEO pada konten di website, Anda perlu memahami apa yang mengubah audiens menjadi pembaca, dan kemudian dari pembaca menjadi pelanggan. Ini semua adalah proses awal bagaimana Anda dapat meningkatkan CTR organik website Anda.

Click Through Rate (CTR) atau rasio klik tayang merupakan rasio pencari atau audiens yang mengklik halaman website di halaman hasil pencarian secara organik. Organik ini artinya, audiens benar-benar menemukan halaman tersebut secara murni tanpa melalui iklan maupun backlink.  Sehingga dengan Anda meningkatkan CTR organik pada website, Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic untuk website Anda, tanpa harus meningkatkan peringkat website Anda.

Mengapa Anda Harus Peduli Dengan CTR Organik?

CTR organik mengacu pada rasio pengguna yang mengklik suatu halaman di hasil pencarian mesin pencari. CTR organik yang tinggi akan memberikan sinyal bagus pada mesin pencari. Sehingga mesin pencari akan menilai bahwa halaman website dengan CTR organik yang tinggi sebagai halaman yang relevan dan informatif bagi pengguna.

Namun mendapatkan angka CTR organik yang tinggi tidaklah mudah, mengingat semua pemilik website menginginkan websitenya juga memiliki CTR organik yang tinggi pada websitenya. Bahkan ketika suatu halaman sudah muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, tidak menjamin halaman tersebut akan memiliki angka CTR organik yang tinggi.

Inilah alasan mengapa Anda harus peduli dengan CTR organik pada website Anda. Semakin banyak pengguna yang melihat konten Anda, maka akan semakin tinggi kemungkinan mereka mengklik halaman website Anda. Jika Anda melakukan upaya untuk meningkatkan ctr organik, Anda juga dapat meningkatkan peringkat halaman Anda di mesin pencari. 

Bagaimana Anda Meningkatkan CTR Organik?

Mungkin memperoleh CTR organik yang tinggi memang sulit, namun jika sudah mengetahui cara mendapatkannya, Anda akan mudah mempraktikkannya langsung terhadap website Anda. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan CTR organik yang dapat Anda coba.

1. Mengoptimalkan Meta Deskripsi 

Cara strategis untuk meningkatkan CTR organik Anda adalah dengan menulis meta deskripsi yang efektif. Meta deskripsi adalah potongan teks yang muncul di bawah tag judul pada halaman hasil pencarian. Meta deskripsi yang efektif dapat memberitahu pengguna mengenai halaman Anda dan dapat memberi sugesti kepada pengguna untuk mengklik posting Anda karena dirasa sangat relevan dengan apa yang pengguna cari.

Cara untuk mengoptimalkan meta deskripsi Anda adalah dengan menjawab pertanyaan atas permasalahan pengguna, membuat deskripsi yang spesifik dan relevan, serta menggunakan bahasa yang persuasif dan kuat yang memuat emosi agar dapat mempengaruhi dan meyakinkan pembaca bahwa Anda memiliki konten dan solusi untuk mereka. 

Baca juga: Tingkatkan Jumlah Traffic pada Website Menggunakan Meta Description

2. Perbaiki Kanibalisasi Kata Kunci

Masalah yang sering dialami oleh beberapa pemilik website adalah kanibalisasi kata kunci. Kanibalisasi kata kunci merupakan penggunaan kata kunci yang sama pada banyak halaman yang berbeda. Sehingga mesin pencari tidak dapat menentukan konten mana yang tepat untuk memperoleh peringkat di halaman pencarian. Sehingga dapat berpotensi menurunkan peringkat pada keseluruhan postingan yang menggunakan keyword yang sama tersebut.

Untuk meningkatkan CTR organik Anda harus memperbaiki kanibalisasi ini. Identifikasi dimana hal ini terjadi dan buatlah kata kunci yang berbeda pada setiap halaman dengan menggunakan SEO audit. SEO audit ini dapat dibuat di spreadsheet dengan menuliskan seluruh kata kunci pada konten di website Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengidentifikasi setiap kata kunci yang Anda gunakan dan menghindari terjadinya kanibalisasi kata kunci.

3. Gunakan URL Deskriptif

URL yang deskriptif penting untuk dibuat. Dengan URL yang deskriptif akan memudahkan pengguna untuk membagikan konten Anda, mengingat konten Anda, serta lebih disukai oleh pengguna. Jadi pastikan URL Anda padat, deskriptif, dan ramah SEO.

Baca juga: Tips Membuat URL Slug SEO Friendly Untuk Optimasi Website Anda

4. Gunakan Long Tail Keyword

Salah satu cara untuk meningkatkan CTR organik Anda adalah dengan menggunakan long tail keyword, terutama pada heading dan judul konten Anda. Long tail keyword dapat membantu mencocokkan konten Anda dengan maksud pencarian yang pengguna ingin cari di mesin pencari.

Saat pengguna melihat long tail keyword yang deskriptif dan relevan dengan apa yang mereka cari, maka mereka akan termotivasi untuk mengklik URL Anda. Ini karena mereka yakin konten Anda akan berisi informasi yang mereka cari.

5. Kreatif Dengan Judul

Judul merupakan hal pertama yang pengguna lihat saat mencari kata kunci tertentu di halaman pencarian. Dengan judul yang persuasif, menarik, kreatif, dapat membuat pengguna mengklik konten Anda. Cara untuk membuat judul yang kreatif agar menarik perhatian pengguna adalah dengan menghindari tag judul yang berat, gunakan kata-kata yang baca-able bagi pengguna, menambahkan angka pada judul, dan mengujinya dengan iklan PPC atau iklan di media sosial. Jangan takut untuk sering mengubah judul Anda, untuk menemukan judul yang tepat dan berfungsi bagi traffic di website Anda.

6. Menambahkan Gambar

Menggunakan gambar dalam konten memanglah hal yang umum, tapi gambar dapat meningkatkan CTR organik Anda. Gambar di konten dapat meningkatkan keterlibatan  pengguna karena gambar dapat muncul sebagai cuplikan di halaman hasil pencarian. Dengan gambar juga, pengguna akan lebih tertarik untuk mengklik halaman website Anda. Agar gambar Anda berfungsi meningkatkan CTR organik, Anda dapat menamai gambar Anda dan menambahkan alt teks pada gambar.

7. Tingkatkan Waktu Muat Halaman

Klik akan terhitung jika pengunjung benar-benar masuk ke halaman website Anda dengan durasi waktu tertentu. Sehingga, memastikan halaman website dimuat secara cepat akan membantu Anda meningkatkan CTR organik Anda. Jika pengguna membuka halaman Anda dengan lambat, mereka akan langsung pergi mencari halaman lain. Akibatnya rasio klik tidak akan terjadi di halaman website Anda.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Berikut Untuk Mengatasi Website Lambat Ketika Diakses

Itu dia beberapa cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan CTR organik pada website Anda. CTR organik memainkan peran penting dalam keberhasilan kampanye digital Anda. Oleh karena itu, mengoptimalkan konten harus menjadi prioritas Anda. Memang diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk meningkatkan CTR organik ini. Namun hasil yang Anda dapatkan akan selalu sepadan dengan usaha dan waktu yang Anda luangkan untuk mengoptimasi website dan konten Anda. Memperdulikan CTR organik akan membawa kesuksesan bagi kemajuan website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?