Algoritma media sosial membuat postingan Anda hanya akan menjangkau sebagian kecil dari audiens yang ada sebenarnya. Ini artinya, tidak peduli seberapa bagus konten yang Anda buat, jika audiens tidak terlibat, konten Anda akan sepi dan tidak akan tampil di beranda audiens. Jika Anda ingin mendapatkan jangkauan dari audiens atau ingin memperkenalkan produk baru Anda, sedangkan Anda tidak sepenuhnya yakin apakah konten Anda akan mendapatkan jangkauan organik yang Anda harapkan, Anda dapat memanfaatkan Boost Post dan Facebook Ads Manager.
Tentang Boost Post dan Facebook Ads Manager
Boost Post merupakan postingan yang Anda buat di halaman beranda Facebook Anda, yang dapat Anda promosikan ke audiens dengan pilihan dengan biaya tertentu. Memahami Boost Post ini mempermudah Anda untuk menampilkan postingan Anda kepada audiens yang lebih luas yang mungkin sebelumnya tidak mengetahui keberadaan brand Anda. Boost Post ini akan memberikan beberapa pilihan seperti siapa yang ingin Anda jangkau, berapa anggaran yang dapat Anda maksimalkan selama masa Boost Post ini, dan berapa lama Anda ingin menjalankan Boost Anda.
Tidak seperti Boost Post, Facebook Ads Manager memiliki lebih banyak opsi penyesuaian yang dapat Anda pilih dan Anda gunakan. Ads Manager ini berjalan sedikit berbeda dari Boost Post. Anda menjalankan konten iklan yang dikelola melalui Pengelola Iklan Facebook. Sehingga memberikan Anda kontrol yang lebih terhadap tampilan iklan yang ingin Anda jalankan. Seperti, siapa yang melihat, bagaimana mengelola anggarannya, dan lainnya.
Perbedaan yang paling terlihat dari Boost Post dan Ads Manager adalah dari pilihan durasi yang ada. Jika pada Boost Post durasi yang tersedia hanya 1 hari, 7 hari, dan 14 hari. Sedangkan untuk Ads Manager durasi yang dapat diatur cukup bebas, bahkan dapat terus berjalan tanpa adanya penentuan tanggal iklan berakhir. Selain itu, dengan Ads Manager Anda juga dapat melakukan iklan di beberapa platform selain Facebook. Seperti Instagram, Messenger, dan Audience Network. Anda dapat memahami dan mendapatkan jangkauan mengenai Boost Post dan facebook Ads Manager dalam digital marketing, oleh penyedia jasa digital marketing profesional yang akan membantu penerapan dua teknik ini.
Kelebihan dan Kekurangan Boost Post dan Facebook Ads Manager
Kelebihan Boost Post dan Facebook Ads Manager
Boost Post |
Facebook Ads Manager |
Postingan yang boost dapat membantu konten Anda menjangkau lebih banyak audiens. |
Anda dapat memilih dimana iklan Anda akan ditempatkan, seperti di beranda, di Messenger, bahkan dapat di platform lain seperti Instagram. |
Boost Post lebih mudah diatur dan digunakan. |
Memiliki tujuan beriklan yang lebih variatif. Seperti traffic toko maupun mendapatkan leads. |
Boost Post memiliki objektivitas iklan yang terbatas. |
Memberi Anda banyak opsi untuk menjangkau dan mengidentifikasi target audiens Anda yang lebih spesifik. Sehingga budgetnya lebih bervariatif sesuai dengan objektivitas iklannya. |
Berikut adalah tabel yang menjelaskan tentang kelebihan dari Boost Post dan Facebook Ads Manager.
Kekurangan Boost Post dan Facebook Ads Manager
Boost Post |
Facebook Ads Manager |
Pada konten yang di boost akan muncul sebagai “Ads” atau “Iklan” kepada audiens Anda. Sehingga audiens akan tahu bahwa Anda melakukan iklan untuk menjangkau audiens Anda. |
Ads Manager memiliki pengaturan yang rumit untuk dibuat dan membutuhkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai audiens yang akan ditarget. |
Memiliki biaya yang lebih terjangkau karena objektivitas iklan yang terbatas. Terutama dalam hal menjangkau audiens ideal Anda. |
Memiliki biaya yang lebih mahal dari Boost Post karena memiliki objektivitas iklan yang lebih bervariatif. |
Berikut adalah tabel yang menjelaskan tentang kekurangan dari Boost Post dan Facebook Ads Manager.
Baca juga: Ketahui 7 Alasan Menggunakan Facebook Ads
Jadi Pilih Boost Post atau Facebook Ads Manager?
Antara Boost Post dan Facebook Ads Manager sama-sama memberikan jangkauan tambahan, namun mana yang lebih efektif untuk bisnis Anda? Dari pengertian serta kelebihan dan kekurangan dari Boost Post maupun Ads Manager, Anda sudah dapat menentukan mana yang lebih baik dan lebih efektif untuk bisnis Anda. Keputusan mana yang lebih efektif tergantung dari tujuan yang akan Anda capai dan Anda harapkan dari waktu dan biaya yang telah Anda keluarkan. Perlu diingat bahwa, baik memilih Boost Post ataupun Ads Manager, dua-duanya akan memerlukan anggaran karena keduanya sama-sama kampanye beriklan untuk bisnis Anda.
Pertimbangkan Boost Post
Boost Post akan membawa bisnis Anda mendapatkan lebih banyak eksposur karena Boost Post membantu postingan Anda menjangkau audiens yang mungkin belum mengetahui bisnis Anda. Boost Post membantu meningkatkan kesadaran merek. Jadi ringkasnya, Boost Post dapat Anda gunakan untuk:
- Meningkatkan pengikut Anda
- Mengembangkan kesadaran merek dengan audiens baru
- Meningkatkan keterlibatan audiens di halaman Facebook Anda
- Meningkatkan visibilitas pada postingan terbaik Anda
- Membantu mem boost postingan promosi atau event yang Anda buat
- Mendapatkan lebih banyak klik situs web
Boost Post juga membantu bagi Anda pelaku pemasaran yang baru terjun di dunia periklanan. Sebelum mencoba yang lebih rumit, yaitu Ads Manager, Boost Post adalah pilihan yang termudah yang dapat Anda coba. Sehingga dapat membantu Anda memaksimalkan anggaran sekaligus meningkatkan keterlibatan audiens di postingan Anda.
Pertimbangkan Facebook Ads Manager
Sedangkan untuk Ads Manager, dapat membawa keuntungan yang lebih besar untuk bisnis Anda. Postingan yang diiklankan akan mendapatkan dorongan yang lebih besar. Baik dari segi traffic, konversi, jumlah klik, leads, dan juga melihat keuntungan jangka pendek maupun panjang. Ads Manager memiliki opsi tujuan yang lebih variatif. Jadi ringkasnya, Ads Manager dapat Anda gunakan untuk:
- Mendapatkan konversi pengunjung situs web
- Menghasilkan leads atau prospek
- Mengarahkan traffic ke toko Anda maupun website
- Mendapatkan pesanan langsung untuk toko Anda
- Menggunakan konten video yang dapat dilihat oleh lebih banyak audiens. Konten video in dapat berupa video promosi yang bersifat mengajak, memberi atensi, dan memungkinkan terjadinya reaksi.
Dengan Ads Manager, Anda tidak hanya ingin audiens tahu mengenai bisnis Anda, melainkan Anda juga ingin audiens Anda mengambil tindakan dan berbelanja di toko Anda. Anda ingin menargetkan audiens yang baru, layaknya seperti pelanggan Anda yang sudah ada sebelumnya, yang telah melakukan pembelian dengan loyal. Untuk itu, Ads Manager dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis dengan lebih efektif.
Baca juga: Membangun Strategi Social Media Marketing untuk 2022
Boost Post dan Ads Manager sama-sama memiliki tempat dalam rencana pemasaran dan periklanan yang kuat. Kuncinya adalah memahami dan mengetahui kapan harus menggunakan Boost Post, kapan harus menggunakan Ads Manager. Sehingga Anda dapat memanfaatkan bisnis Anda dengan efektif dan mendapatkan hasil yang terbaik untuk bisnis Anda. Tentunya hasil yang terbaik adalah proses dari praktek dan strategi yang dijalankan dengan baik dan direncanakan dengan matang.