agensi digital marketing

Pakai Jasa Digital Marketing Agency atau Hire Karyawan, Mana yang Terbaik?

 

Pakai Jasa Digital Marketing Agency

Lebih Baik Pakai Jasa Digital Marketing Agency atau Hire Karyawan Sendiri?

Tim internal digital marketing merupakan orang-orang yang Anda rekrut untuk menjadi karyawan in-house di perusahaan Anda yang bekerja di bagian pemasaran digital. Sedangkan digital marketing agency merupakan partner bisnis Anda yang menangani pemasaran dan bukan merupakan bagian dari aset perusahaan karena bukan karyawan internal di perusahaan Anda. 

Mempekerjakan karyawan internal akan lebih aman bagi Anda dan perusahaan. Selain karena bekerja langsung dengan Anda, karyawan internal merupakan aset perusahaan. Namun biaya yang Anda keluarkan untuk merekrut karyawan internal jauh lebih besar daripada menyewa jasa digital marketing agency.   

Sebelum melakukan pilihan, ketahui lebih rinci perbedaan antara digital marketing agency dan karyawan internal digital marketing.

Perbandingan Jika Hire Karyawan dan Pakai Jasa Digital Marketing Agency

Untuk mengetahui perbandingan antara menggunakan karyawan internal atau memakai jasa digital marketing agency, kami membaginya dalam 4 poin penting.

  1. Waktu

Untuk merekrut karyawan internal tentu memakan waktu yang tidak sedikit ketimbang menggunakan jasa agensi. Karena digital marketing agency terdiri dari beberapa orang dengan keahlian berbeda, sehingga tidak perlu dilatih untuk mengerjakan sesuatu. Anda juga tidak mengalami kesulitan dalam memilih orang yang tepat untuk membangun tim sendiri. Sedangkan merekrut karyawan internal dibutuhkan orang yang berbeda sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Selain itu, waktu Anda juga akan tersita karena harus mewawancarai calon kandidat, kemudian mengenali kemampuannya, jika sesuai barulah dipilih dan jika tidak sesuai mencari lagi, repot bukan?.

  1. Biaya

Sama seperti waktu, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa agensi lebih murah daripada merekrut karyawan internal. Misal Anda ingin mengoptimasi akun Instagram bisnis menggunakan agensi, maka Anda cukup bayar sekali dan Anda mendapatkan layanannya. Berbeda dengan karyawan internal, Anda harus memiliki seseorang yang bisa membuat ide konten, seseorang yang bisa mendesain konten, dan seorang admin yang akan mengendalikan sosial media Anda. Tentu menggunakan agensi menjadi lebih hemat.

  1. Akses tools

Selain memiliki tim yang lengkap dan ahli di bidangnya, agensi menggunakan strategi dan alat marketing tertentu dalam membuat perencanaan. Alat yang digunakan seperti software analisis media sosial, analisis tagar, hasil pertumbuhan akun bisnis, serta software-software khusus untuk mendukung desain dan gambar profesional. Bandingkan dengan karyawan internal, belum tentu Anda dan tim akan mengetahui cara penggunaannya atau mengetahui tools yang berkaitan.

  1. Keahlian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, digital marketing agency lebih proper dalam melakukan perencanaan strategi pemasaran. Kenapa? Karena agensi telah bekerja dengan banyak klien berbeda karakter dan latar belakang bisnis. Tentu tim agensi memiliki banyak pengalaman yang bisa diterapkan sesuai klien dan jenis bisnis klien. Dengan begitu, tim agensi akan memberikan saran terbaik untuk bisnis Anda juga memberikan saran alternatif jika Anda memilih langkah yang beresiko mencederai brand atau produk Anda.

Namun jika Anda memiliki kemampuan untuk mengelola karyawan dan ingin membangun brand digital yang kuat, merekrut karyawan internal tidak ada salahnya. Karyawan internal akan memberi Anda hasil yang lebih baik dalam jangka panjang. Karyawan internal dapat menjadi pilihan baik jika bisnis Anda merupakan brand yang:

  1. Brand unik yang tidak memiliki kompetitor
  2. Perkembangan bisnis yang masih lambat, karena masih membutuhkan banyak uji coba
  3. Anda memang berkeinginan untuk memiliki karyawan khusus pemasaran, 
  4. Kompetisi utama bisnis Anda di bidang marketing

Dari keempat poin di atas, maka karyawan internal menjadi pilihan untuk bisnis Anda. Tips memilih karyawan internal untuk bisnis Anda bisa Anda baca lebih lanjut di artikel berikut.

Mana yang Terbaik Untuk Bisnis Anda? Hire Karyawan atau Pakai Jasa digital marketing agency?

Masalah yang sering dihadapi pebisnis biasanya adalah mereka tahu apa yang ingin dilakukan untuk meningkatkan perkembangan bisnisnya, tetapi sulit menentukan apa yang sebenarnya dibutuhkan pertama kali untuk memulai. Sebelum memilih mana yang lebih baik, cobalah untuk bertanya dulu apa yang bisnis Anda butuhkan dan hasil apa yang ingin bisnis Anda raih. Jadi sebelum memutuskan ada tiga faktor penting yang harus Anda ketahui.

  1. Apa tujuan Anda
  2. Apa kebutuhan bisnis Anda
  3. Hasil apa yang Anda inginkan

Tiga poin penting ini perlu untuk Anda tulis kemudian menjawabnya. Ini akan membantu Anda untuk menemukan pilihan yang tepat yang sesuai dengan bisnis Anda. Untuk benar-benar menentukan pilihan terbaik, evaluasi kembali target pasar Anda dan margin bisnis Anda. Jika tujuan Anda sulit dicapai, tantangan Anda banyak, resource dan waktu yang Anda miliki terbatas, mungkin Anda memerlukan jasa agensi.

Kemudian, jika timeline Anda panjang, memiliki waktu untuk merekrut dan melatih, ingin membangun perusahaan besar yang solid, ingin memiliki aset perusahaan, maka memiliki karyawan internal adalah yang terbaik. Akhirnya semua kembali pada bisnis Anda untuk memilih mana yang tepat untuk mengelola media marketing bisnis Anda. Untuk referensi lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan karyawan internal dan digital marketing agency, dapat dibaca di Hire Agency or Marketer dan Consultative Digital Marketing Agency.

Jika keputusan Anda saat ini adalah memilih digital marketing agency adalah jalan yang tepat, maka Difitech siap membantu Anda dalam membuat strategi, eksekusi, monitoring dan evaluasi hingga reporting perihal digital marketing pada bisnis Anda. Konsultasi langsung permasalahan bisnis Anda kepada kami dan tim kami akan segera menghubungi Anda untuk berdiskusi tentang solusi kebutuhan digital marketing bisnis Anda.