Memanfaatkan Social Media Marketing Untuk Bisnis UMKM

memanfaatkan social media marketing

Kenapa Memanfaatkan Social Media Marketing Penting Untuk Bisnis UMKM?

Penggunaan social media yang semakin masif saat ini, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan bisnis, terutama bisnis UMKM. Banyak sekali yang mulai membangun brand bisnis dan mulai mencari audiens di social media. Dunia di sosial media bergerak juga bergerak lebih cepat daripada ruang online yang lainnya. Hanya dengan satu review menarik dari seseorang, dapat membuat sebuah produk viral seketika. Setiap hari, orang selalu update di media sosialnya. Rasanya sayang sekali jika bisnis Anda tidak memanfaatkan social media marketing untuk memperkenalkan bisnis Anda.

Meskipun untuk mengembangkan bisnis, Anda sebaiknya tidak hanya fokus pada 1 situs marketing, namun setidaknya dengan memanfaatkan social media marketing dengan maksimal, Anda dapat mendapatkan prospek yang lebih tertarget dan luas, dibandingkan dengan cara konvensional. Anda dapat melakukan A/B testing untuk menentukan metode social media marketing yang seperti apa, yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Alasan Bisnis UMKM Harus Manfaatkan Social Media Marketing

Social media marketing merupakan salah satu dari berbagai macam jenis strategi marketing yang sering digunakan. Social media marketing memanfaatkan platform social media dalam proses pelaksanaan marketing, seperti Instagram, Facebook, atau TikTok. Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan strategi social media marketing yang terencana agar dapat menarik perhatian audiens. Dengan banyaknya pengguna sosial media, tentu memberikan bukti bahwa sosial media memang tempat yang disukai oleh audiens. Dengan memanfaatkan social media marketing untuk perkembangan bisnis yang lebih maju, tentu pebisnis akan merasakan beberapa keuntungan bahwa penggunaan marketing ini penting untuk dilakukan. Apa saja keuntungannya?

1. Meningkatkan Brand Awareness

 meningkatkan brand awareness terhadap audiens

Memanfaatkan social media marketing dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran audiens terhadap kehadiran suatu brand melalui keterlibatan antara brand dan audiens. Keterlibatan ini terbangun saat audiens dan brand melakukan diskusi atau sharing di kolom komentar, memberikan tombol suka pada postingan brand, atau menyimpan postingan yang diunggah brand. 

Dengan sadarnya audiens dengan kehadiran bisnis Anda, akan membuat mereka mengingat tentang produk yang Anda jual beserta keunggulannya. Melalui sosial media juga Anda dapat mengarahkan traffic ke saluran marketing yang lainnya seperti website Anda atau marketplace Anda. Anda dapat menyertakan tautan langsung ke situs web Anda atau marketplace Anda di profil bio media sosial Anda. 

Baca juga: Bagaimana Membangun Social Media Presence yang Kuat?

2. Mendapatkan feedback produk 

Feedback akan Anda rasakan saat proses social media marketing Anda telah berjalan. Feedback merupakan efek lanjutan dari kegiatan memanfaatkan social media marketing untuk bisnis. Biasanya audiens akan memberikan feedback kepada pebisnis mengenai pengalaman mereka selama bertransaksi dengan bisnis Anda.

Audiens akan dengan senang hati memberitahu kepada audiens lain bahwa cara brand Anda memasarkan produk itu unik atau sesuai dengan kebutuhan pasar. Intinya feedback dapat meningkatkan reputasi brand bisnis Anda agar lebih dipercaya oleh audiens. Dengan feedback juga, Anda dapat mengukur apakah strategi social media marketing Anda telah berjalan dengan baik atau tidak, dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya. 

3. Mempelajari Kompetitor

Dengan social media marketing, Anda akan lebih mudah untuk mempelajari strategi maupun teknik marketing yang digunakan oleh kompetitor Anda. Ini karena social media marketing sudah sering digunakan oleh berbagai brand bisnis untuk memasarkan produk mereka secara open source. Anda dapat melihat secara terang-terangan, bagaimana kompetitor Anda membuat konten marketing, bagaimana mereka membangun hubungan dengan audiens, dan bagaimana mereka memasarkan produk mereka. Dengan aktifnya Anda di media sosial, Anda dapat mempelajari bahan strategi yang digunakan oleh kompetitor.

4. Membangun hubungan dengan pelanggan

membangun hubungan dengan pelanggan

Dengan menghubungkan dan terlibat langsung dengan follower di media sosial, Anda akan dapat membangun hubungan yang langgeng antara mereka dan bisnis Anda. Anda dapat melakukan ini dengan cara berinteraksi langsung dengan mereka di kolom komentar melalui postingan Anda atau dengan cara menanggapi pertanyaan dan komentar mereka yang masuk melalui pesan langsung, serta dapat juga memberikan bantuan yang mungkin mereka butuhkan.

Baca juga: Strategi Brand Positioning dalam Meningkatkan Keunggulan Produk

Dengan memanfaatkan social media marketing untuk bisnis UMKM Anda, Anda akan merasakan beberapa manfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Social media marketing membantu bisnis Anda mudah terlihat oleh audiens yang tidak dapat dijangkau secara langsung atau offline. Pengguna social media yang cukup banyak juga akan membuat bisnis Anda lebih dikenal oleh berbagai audiens di berbagai daerah. Tentu kemudahan berinternet saat ini, dengan memanfaatkan social media marketing akan membuka peluang yang lebih bagi kemajuan bisnis Anda.

Meskipun menentukan strategi social media marketing untuk bisnis Anda mungkin tampak menakutkan, Anda dapat menggunakan jasa agency digital marketing untuk bisnis Anda. Karena agency digital marketing biasanya mengetahui tren social media marketing dan memiliki tim marketing yang berpengalaman mengenai media sosial. Sehingga Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan strategi social media untuk bisnis Anda. Social media marketing dapat dihandle dengan tim marketing yang handal untuk membantu bisnis Anda meningkatkan jumlah followers media sosial, meningkatkan keterlibatan dengan audiens, dan meningkatkan konversi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?