Alasan & Solusi Mengatasi Akun Iklan Facebook Dinonaktifkan

facebook

Di Facebook, Anda dapat menjalankan iklan untuk mempromosikan bisnis Anda hanya dengan melakukan pengelolaan iklan melalui Facebook Ads Manager. Namun, saat menjalankan iklan di Facebook, Anda harus memperhatikan beberapa aturan Facebook agar akun iklan Anda tidak dinonaktifkan. Akun iklan Facebook dinonaktifkan sering sekali dialami oleh pengguna. Ini terjadi karena beberapa alasan, sehingga menyebabkan akun iklan Facebook dinonaktifkan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus mengetahui penyebab akun iklan Facebook dinonaktifkan, cara mengatasinya, serta tips beriklan di Facebook agar akun Anda tidak dinonaktifkan.

Alasan Akun Iklan Facebook Dinonaktifkan

Saat akun iklan Facebook Anda dinonaktifkan, biasanya diakibatkan karena beberapa alasan yang berhubungan dengan kebijakan periklanan Facebook. Berikut beberapa alasan penyebab akun iklan Facebook dinonaktifkan:

1. Melanggar kebijakan iklan Facebook

Secara tidak sengaja Anda mungkin melanggar kebijakan periklanan Facebook dan akibatnya akun iklan Facebook dinonaktifkan. Kebijakan beriklan Facebook mengalami perubahan setiap saat, sehingga Anda sebaiknya mempelajari kebijakan periklanan mereka sebelum membuat iklan di Facebook. Baca ketentuan Facebook secara perlahan dan pahami setiap poin ketentuannya. 

2. Proses persetujuan iklan Facebook ditandai sebagai kesalahan

Ketika Anda sudah membaca ketentuan beriklan di Facebook dan Anda tidak menemukan poin dimana Anda melanggar ketentuan mereka, mungkin bisa saja pihak Facebook yang salah menandai akun Anda. Proses persetujuan iklan Anda otomatis Facebook tandai sebagai kesalahan secara tidak sengaja. Misalnya Anda mengiklankan produk bibit tanaman Anda, kemudian secara keliru dianggap sebagai obat-obatan terlarang oleh Facebook. Sehingga akun Anda ditandai dan diblokir. Anda tidak melanggar kebijakan Facebook karena Anda menjual bibit tanaman bukan obat-obatan terlarang, namun ternyata akun iklan Facebook Anda diblokir. Hal ini dapat saja terjadi kepada pengguna. 

Baca juga: Membuat Strategi Facebook Ads yang Efektif di Tahun 2022

Mengatasi Akun Iklan Dinonaktifkan

Agar akun iklan facebook Anda aman, Anda harus memastikan konten iklan Anda positif bagi Facebook dan audiens. Sehingga saat ditinjau oleh pihak Facebook, iklan Anda aman dari status blokir karena tidak melanggar kebijakan iklan dan ketentuan layanan Facebook. Jika akun iklan Facebook dinonaktifkan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

1. Mengajukan banding melalui support center

Jika akun iklan Facebook Anda dinonaktifkan, Anda dapat melakukan banding melalui support center Facebook. Agar mendapatkan balasan dari support center, diperlukan waktu paling cepat 24 jam setelah pengajuan banding. Anda harus bersabar jika mengajukan banding ini. Saat melakukan ajuan banding, Anda dapat memberitahu bahwa iklan yang Anda buat sempat melanggar aturan kebijakan Facebook dan iklan tidak dapat dipulihkan kembali. Ini jika alasannya memang melanggar kebijakan Facebook. Anda harus menyertakan penyebab iklan Anda ditolak oleh Facebook hingga akun iklan Facebook dinonaktifkan.

Namun jika ternyata iklan Anda tidak melanggar kebijakan Facebook, Anda dapat melakukan tindakan berikut:

  1. Buka Kualitas Akun. Kemudian jika akun iklan Facebook dinonaktifkan, Anda akan melihat bagian Hal yang Bisa Anda Lakukan
  2. Anda dapat mengklik tombol Minta Tinjauan.
  3. Dan kemudian Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan untuk mengirimkan peninjauan.

2. Memperhatikan standar komunitas Facebook

Ketika menjalankan iklan di Facebook, sebaiknya Anda memperhatikan standar komunitas Facebook. Standar komunitas Facebook dibuat sebagai tolak ukur bagi Facebook menentukan hal-hal yang harus dipatuhi dan dijalankan oleh pengguna. Sehingga pengguna dapat menghindari tindakan-tindakan yang dapat melukai atau menimbulkan pertikaian terhadap pengguna lain. 

3. Iklan tidak melanggar hak cipta orang lain

Pelanggaran hak cipta dilarang oleh berbagai platform dimanapun saja. Karena pelanggaran hak cipta ini merupakan bentuk pelanggaran yang merugikan pihak lain. Oleh karena itu, pastikan konten iklan yang Anda buat untuk kampanye iklan di Facebook tidak melanggarkan hak cipta orang lain dan telah sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh Facebook.

4. Konten iklan yang dibuat lolos low quality content & disruptive 

Saat membuat konten iklan di Facebook, bukan hanya harus aman dari pelanggaran hak cipta, tapi juga harus memiliki konten yang berkualitas, yang terhindari dari duplikasi konten. Landing page konten yang dicantumkan dalam iklan, harus berkaitan dengan konten iklan yang dibuat dan dipasang di Facebook. Jadi iklan harus berisi konten dan tautan yang relevan dan tidak clickbait

5. Membuat akun iklan Facebook yang baru 

Cara terakhir untuk mengatasi akun iklan Facebook dinonaktifkan adalah dengan membuat akun iklan Facebook yang baru. Ketika Anda telah mengajukan banding atau telah melakukan tindakan dengan mengikuti langkah-langkah yang diminta Facebook, namun akun Anda masih tidak dapat digunakan, maka membuat yang baru adalah solusinya. Dengan membuat akun iklan Facebook yang baru, Anda harus kembali memastikan bahwa Anda tidak lagi melakukan pelanggaran kebijakan Facebook.

Baca juga: Ketahui 7 Alasan Menggunakan Facebook Ads

Tips Terbaik Untuk Mematuhi Kebijakan Iklan Facebook

kebijakan facebook ads

Agar terhindar dari akun iklan Facebook dinonaktifkan, Anda dapat melakukan tips berikut ini:

Iklan tidak boleh mempromosikan praktik bisnis yang tidak sesuai, seperti:

  • Mempromosikan produk atau layanan yang menggunakan cara-cara atau metode yang menipu, memalsukan dan menyesatkan demi mendapatkan keuntungan pribadi seperti uang atau informasi tertentu sehingga merugikan orang lain. 
  • Menggunakan bahasa yang menyesatkan seperti iklan yang mengimi-imingi hasil yang sangat menguntungkan dengan menyembunyikan resiko yang ada. 
  • Iklan berisi kata-kata kasar, tata bahasa dan tanda baca yang buruk.
  • Memberikan klaim yang menyesatkan dengan hasil yang tidak realistis dalam jangka waktu tertentu. Seperti memberikan janji untuk menyembuhkan kondisi medis yang kronis dan tidak bisa disembuhkan, dengan memberikan janji atau klaim yang tidak terbukti ampuh bagi semua pengguna.

Hindari memberikan tautan yang tidak jelas atau tidak berfungsi, seperti:

  • Menyertakan halaman tujuan atau tautan yang tidak berfungsi, tidak jelas, atau bersifat clickbait dan hoaks. Sehingga antara konten iklan yang dipasang dengan isi tautan berbeda isi konten. 
  • Link tautan tujuan mengarah ke website yang sedang mengalami kendala atau pemeliharaan.
  • Halaman tujuan berisi tawaran produk atau layanan yang tidak sesuai ekspektasi pengguna mengenai realistis fungsi produk atau layanan.  

Hindari penggunaan konten dewasa dalam iklan, seperti:

  • Iklan yang memuat konten dewasa yang memberikan gambaran senonoh, yang dapat merangsang atau mengundang pikiran negatif atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan pengumbaran sensualitas atau provokatif secara seksual. 

Pelanggaran yang berulang:

  • Jika Facebook mendapati akun iklan yang berulang kali melakukan pelanggaran atau mencoba menayangkan iklan yang tidak sesuai dengan kebijakan Facebook, maka Facebook dapat memutuskan bahwa akun iklan tersebut merupakan ancaman bagi pengguna lain dan platform.

Baca juga: Boost Post Social Media Bantu Promosikan Konten Anda

Menghadapi akun iklan Facebook dinonaktifkan harus secara tenang dan sabar. Karena kesalahan bisa saja terjadi bukan dari pihak Anda melainkan dari pihak Facebook. Oleh sebab itu, perlu ketenangan dan kesabaran untuk mengatasi akun iklan yang dinonaktifkan. Diingat kembali bahwa, sebelum menjalankan kampanye periklanan di Facebook, Anda harus memahami aturan dan kebijakan yang berlaku di Facebook. Dengan begitu, penonaktifan akun tidak akan terjadi pada akun Anda.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu pemecahan masalah dari pihak Facebook, Anda dapat membuat akun iklan yang baru untuk bisnis Anda, dengan menggunakan metode pembayaran iklan yang berbeda. Ini karena belum diketahui cara mengaktifkan metode pembayaran dari akun iklan yang telah dinonaktifkan. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?